Mengerjakan Skripsi (hercampus.com)

Buat mahasiswa yang sudah berada di tingkat akhir, berhadapan dengan skripsi merupakan hal paling menyulitkan dalam masa kuliah. Banyak mahasiswa yang berharap kalau skripsi ditiadakan sehingga mereka bisa langsung lulus. Proses pengerjakan skripsi memang menguras banyak tenaga dan pikiran sehingga tak jarang mahasiswa yang menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mengerjakan skripsi. Sulitnya mengerjakan skripsi membuat mahasiswa banyak yang frustasi dan putus asa. Tapi, sesulit-sulitnya proses skripsi yang sedang kamu jalani, kamu tak boleh menyerah ya JBers karena kamu wajib mengingat lima hal ini!

1Ingat Orang Tua

Orang Tua Saat Wisuda (i.huffpost.com)

Hal pertama yang harus kamu ingat saat kamu sudah frustasi dan putus asa mengerjakan skripsi adalah orang tua. Orang tuamu pasti menanti-nantikan moment wisudamu sehingga tak jarang mereka menanyakan â??Kapan wisuda?â? dan â??Kapan lulus?â? saat kamu sudah memasuki tahun terakhir kuliah. Ingat betapa bangganya orang tuamu saat kamu lulus dan berhasil menyandang gelar sarjana saat wisuda. Kamu pasti ingin khan menjadi anak yang bisa dibanggakan orang tuamu.

2Ingat Biaya yang Dikeluarkan

Biaya Kuliah (cbsistatic.com)

Kuliah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu ada banyak sekali orang seusiamu yang di luar sana yang tidak bisa kuliah karena tidak punya biaya. Oleh karena itu, bersyukurlah kamu karena bisa kuliah hingga tingkat akhir. Coba kamu kalkulasi uang yang sudah kamu keluarkan selama kuliah, mulai dari uang membeli formulir, uang pendaftaran, uang semesteran, hingga uang ongkos serta membeli buku dan fotocopy materi kuliah. Berapa total semuanya? Pasti jumlahnya lumayan bukan? Kalau kamu menyerah saat mengerjakan skripsi, apa tidak sayang-sayang semua uang yang sudah kamu keluarkan tersebut.

3Ingat Waktu yang Sudah Kamu Lalui Saat kuliah

Waktu Kuliah (gettingsmart.com)

Tak hanya biaya yang harus kamu keluarkan, tapi waktu juga. Untuk menempuh jenjang S1, rata-rata menghabisakan waktu selama 4 tahun masa kuliah. Selama empat tahun tersebut kamu harus menjalani masa kuliah yang tidak mudah, mulai dari jadwal kuliah yang padat hingga tugas dan presentasi yang harus kamu lalukan demi mendapatkan nilai terbaik. Apa kamu ingin semuanya sia-sia? Pengalaman pahit dan manis semasa kuliah ini tentunya bisa menjadi alasan kuat untuk terus berjuang mengerjakan skripsi.

4Ingat Teman-teman yang Sudah Lulus

Teman yang Sudah Lulus (i.huffpost.com)

Teman-temanmu sudah ada yang lulus? Jangan mau kalah donk JBers. Jika teman-temanmu lulus duluan, itu tandanya mereka sudah berusaha keras dan tidak bersantai-santai dalam mengerjakan skripsi. Ketika sebagian teman-temanmu sudah lulus dan bahkan ada yang sudah mendapat pekerjaan, sementara kamu masih berkutat dengan skripsimu yang tak selesai-selesai juga, apa kamu tidak ingin seperti mereka yang sudah bisa mendapat gaji sendiri?

5Ingat Kesabaran dan Ketekunan Itu Membuahkan Hasil Manis

Kesabaran Membuahkan Hasil (retainloyalcustomers.com)

Skripsi memang bisa menguras emosi dan kesabaran sehingga kamu mudah merasakan putus asa. Bagi mahasiswa, skripsi diibaratkan sebagai cobaan terberat semasa kuliah. Tapi tentunya cobaan tersebut pasti akan membuahkan hasil yang manis jika kamu mau bersabar dan tekun mengerjakan skripsi. Gelar sarjana yang kamu dapat merupakan hadiah termanis yang akan kamu dapat jika kamu sabar dan tekun mengerjakan skripsi.

Saat kamu sudah ingin menyerah mengerjakan skripsi, selalu ingat kelima hal di atas ya JBers agar kamu makin bersemangat mengerjakan skripsi. (jow)