Ingin Kuliah Tapi Tak Ada Dana (i.huffpost.com)

Ada banyak anak muda yang mendambakan kuliah setinggi mungkin demi meraih masa depan yang lebih baik. Bagi anak yang memiliki orang tua dengan ekonomi yang cukup tentunya kuliah bukanlah hal yang sulit diraih. Tapi bagaimana jika kondisi keuangan di keluargamu tidak memungkinkan kamu untuk kuliah? Jika hal itu terjadi, tentunya kuliah menjadi hal yang tidak mudah untuk diwujudkan. Kamu tak perlu khawatir JBers, asal tekad dan keinginan kamu kuat untuk melanjutkan kuliah, maka akan selalu ada jalan jika kamu berusaha. JadiBerita punya lima cara cerdas buat kamu yang ingin kuliah tapi tak ada dana. Benarkah? Langsung simak saja lima cara di bawah ini!

1Beasiswa

Beasiswa (mydegreehouse.com)

Mencari beasiswa adalah cara cerdas pertama yang harus kamu tempuh jika tak ada dana untuk kuliah. Ada banyak program bantuan beasiswa ditawarkan universitas, tapi tentunya kamu harus memiliki nilai yang bagus donk. Akan lebih mudah bagi kamu jika memiliki nilai yang bagus saat SMA, apalagi jika kamu menyandang predikat rangking tiga besar. Biasanya tanpa mengajukan beasiswa, beberapa universitas justru yang menawarkan beasiswa terlebih dahulu pada siswa berpredikat rangking tiga besar. Enak bukan?

2Student Loans

Student Loans (studentloans.net)

Tak dapat beasiswa? Jangan bersedih dulu JBers! Kamu bisa mengajukan student loans kok. Student loans itu apa sih? Student loans adalah dana bantuan dari lembaga atau institusi tertentu untuk mahasiswa yang ingin kuliah tapi tak ada dana. Student loans ini meliputi biaya kuliah, biaya buku, serta biaya hidup seperti kostan dan ongkos kuliah. Bedanya student loans dengan beasiswa adalah dana bantuan student loans berupa pinjaman yang harus kamu lunasi saat kamu sudah lulus dan mendapat pekerjaan. Kamu bisa mengecek lembaga dan institusi yang menawarkan student loans seperti Yayasan Sampoerna Foundation, Koperasi Jasa Siswa Bangsa, hingga perguruan tinggi seperti Sekolah Bisnis Prasetya Mulya, Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin mengajukan student loans, jangan lupa untuk membaca dengan teliti persyaratan serta mekanisme student loans yang ditawarkan ya!

3Kerja di Pagi Hari, Kuliah di Malam Hari

Kuliah Malam (files.wordpress.com)

Tak bisa mendapat beasiswa dan tidak ingin mengambil student loans? Cobalah untuk bekerja sambil kuliah. Sekarang sudah banyak alternatif kelas kuliah malam yang bisa kamu ambil. Biasanya program kuliah malam diperuntukkan untuk para karyawan. Kuliah malam ini lebih fleksibel dibanding kuliah pagi karena jam kuliahnya tidak banyak tapi lebih difokuskan pada tugas-tugas kuliah yang diberikan. Biaya kuliah malam memang agak sedikit lebih mahal dibanding kuliah pagi, tapi tentunya hal tersebut tidak menjadi masalah asalkan kamu menyandang gelar sarjana khan JBers?

4Jadi Freelancer sambil Kuliah

Jadi Freelancer (writinghouse.org)

Terlalu lelah untuk kerja full time sambil kuliah? Atau biaya kuliah malam terlalu mahal untukmu? Kamu bisa jadi freelancer sambil kuliah kok. Pekerjaan freelancer ini membuat waktu kamu lebih fleksibel karena tak mengharuskan kamu untuk mengantor dari pagi hingga sore. Kamu juga bisa mengerjakan pekerjaanmu di kampus sambil menunggu kelas dimulai. Ada banyak pekerjaan freelance yang bisa kamu lakukan mulai jadi penulis, design grafis, fotografer, dan masih banyak lagi. Pilih pekerjaan freelance yang sesuai dengan kemampuan dan hobi kamu agar pekerjaanmu lebih menyenangkan.

5Wirausaha Sambil Kuliah

Wirausaha sambil Kuliah (kiwination.es)

Kamu punya keahlian berdagang? Jangan disia-siakan ya JBers! Manfaatkan kemampuan berdagang kamu untuk membiayai kuliah. Tak perlu membuka toko atau lapak di pinggir jalan karena sekarang kamu bisa memanfaatkan internet dengan berjualan secara online. Dengan berwirausaha, uang yang kamu dapat bisa melebihi pekerja kantoran atau freelancer loh. Asal kamu tekun dan pantang menyerah untuk berjualan, maka uangmu pasti akan terus mengalir.

Bagaimana JBers? Di antara kelima cara cerdas tersebut, kira-kira kamu ingin mencoba yang mana dulu nih? (jow)