Inikah Bukti Pendaratan di Bulan Hanya Bohong Belaka?

Neil Armstrong dikenal sebagai manusia pertama yang menginjakan kaki di Bulan. Tapi banyak orang yang menganggap kalau pendaratan di Bulan merupakan akal-akalan Amerika Serikat agar terlihat lebih unggul dari Rusia.

Jajak pendapat baru menunjukkan bahwa 20 persen warga Amerika tidak percaya kalau AS pernah melakukan misi pendaratan di Bulan. Setelah misi Apollo berakhir pada tahun 70-an, banyak yang bertanya kenapa tidak ada lagi manusia yang ke Bulan?

Karena hal itu, banyak orang beranggapan kalau pendaratan di Bulan itu hanyalah settingan belaka yang dilakukan oleh AS agar terlihat lebih unggul saat Perang Dingin.

Selain itu, dilansir dari Listverse, Selasa (8/11/2016), ada beberapa foto yang dianggap sebagai bukti bahwa pendaratan di Bulan itu hanya bohong belaka. Fotonya bisa kamu lihat di bawah ini.

Bendera berkibar di Bulan (Listverse)
Bendera berkibar di Bulan (Listverse)

Ketika pendaratan di Bulan untuk pertama kalinya ditayangkan di televisi secara langsung, jutaan pemirsa di planet Bumi dengan jelas menyaksikan bendera Amerika Serikat berkibar ketika Neil Armstrong dan Buzz Aldrin menancapkannya di Bulan.

Seperti tampak pada foto di atas ketika bendera Amerika terlihat ada lipatan-lipatannya seperti tertiup angin. Yang jadi pertanyaan, bukankah di Bulan tidak ada udara? Dan kenapa bisa bendera Amerika bisa berkibar sementara tidak ada udara?

NASA mengklaim bahwa efek berdesir pada bendera tersebut karena bendera itu memang sudah membentang sebelum ditancapkan. Penjelasan lain menunjukkan kalau efek berdesir pada bendera disebabkan oleh gaya reaksi dari para astronot saat menyentuh tiang alumunium.

Ada juga foto lainnya yang memperlihatkan suasana di bulan. Fotonya bisa kamu lihat di bawah ini.

Suasana di Bulan (Listverse)
Suasana di Bulan (Listverse)

Foto ini memperlihatkan bahwa di bulan tersebut tidak terdapat bintang-bintang. Pada dasarnya seseorang yang berada di Bulan lebih bisa melihat bintang-bintang yang bertebaran di angkasa dengan jelas. Sebab, bulan tidak dilapisi dengan awan. Sedangkan bumi yang jaraknya jauh dengan bulan saja, kamu masih bisa melihat beribu-ribu bintang di atas langit.

Berikutnya ada foto yang memperlihat objek misterius yang terpantul dari kaca seragam astronot yang dikenakan Neil Armstrong.

Pantulan objek misterius (Listverse)
Pantulan objek misterius (Listverse)

Benda itu berupa sebuah sinar terang dan benda melayang aneh di sana. Setelah diteliti, benda tersebut merupakan sorotan lampu overhead yang kerap dipakai syuting di studio film tersebut. Sehingga sorotan cahaya di helm astronot ini juga bisa menjadi bukti bahwa pendaratan Amerika di bulan hanya bohong belaka.

Jadi, bagaimana menurut kamu? Apakah pendaratan di Bulan benar-benar terjadi? (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Polisi Bikin Video Rap Tahu Bulat Jadi Berita

Keren, Bandara di Indonesia Ini Jadi Salah Satu yang Terbaik di Dunia