Eric, Robot yang Pertama Eksis di Dunia


Inovasi terhadap teknologi robot terus dikembangkan, dan akan terus berkembang seiring dengan kemajuan peradaban dunia. Sudah banyak robot yang diciptakan untuk membantu manusia dalam berbagai hal.

Begitu terfokusnya perhatian kita pada robot-robot canggih hingga mengabaikan robot lama yang digantikannya. Ya, kecanggihan robot masa kini tentunya tidak terlepas dari robot lama yang menjadi model pertamanya, atau sumber inspirasi untuk inovasi di masa kini.

Robot yang diduga merupakan robot pertama di dunia bernama Eric buatan Inggris. Seperti apa robot Eric ini? Berikut sejarahnya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Eric (Science Museum)
Eric (Science Museum)

Eric yang dikenal sebagai â??Grandfather of Robotsâ?, dibuat pada tahun 1928 oleh veteran perang dunia pertama Kapten W. H. Richards dan teknisi pesawat A. H. Reffel.  Robot yang dibuat menggunakan bahan alumunium ini memiliki berat 45 kg, dengan tinggi 150 cm, dan diperkuat dengan tenaga listrik sebesar 35 ribu volt.

Pada bagian dada Eric, tertulis tiga huruf berbunyi, â??RURâ?. Tiga huruf tersebut merupakan singkatan untuk â??Rossumovi Univerzalni Robotiâ? atau dalam bahasa Inggris berbunyi Rossumâ??s Universal Robots. Sebuah nama yang diperkenalkan oleh penulis Rusia bernama Karel Capek. Dari tiga huruf tersebut, Capek mengenalkan istilah â??robotâ?.

Eric dibuat untuk menggantikan Duke of York pada pembukaan Exhibition of the Society of Model Engineers di London pada tahun tersebut. Penampilan perdana Eric di depan masyarakat Inggris terjadi pada tanggal 28 September 1928 di Royal Horticultural Hall. Eric â??hidupâ? dan melakukan beberapa gerakan seperti membungkuk, melihat ke kanan-kiri, dan menggerakkan tangganya. Ia memiliki perilaku yang sangat baik.

Tidak hanya itu, ia pun sempat memberikan pidato pembukaan di depan banyak orang selama 4 menitâ??dengan kilau cahaya yang keluar dari mulutnya. Kata-kata yang dia keluarkan pun sempurna, tata bahasa yang baik untuk didengar.

Eric memberikan pidato pertamanya (Science Museum)
Eric memberikan pidato pertamanya (Science Museum)

â??Eric adalah sosok robot yang selalu kamu bayangkan. Dia dapat berbicara, manusia besi yang bergerak. Tapi yang paling menakjubkan adalah dia merupakan robot pertama di dunia dan robot pertama yang dibuat di Inggris,â? ujar Ben Russell, Pimpinan Kurator dari Science Museum. â??Eric sebenarnya orang Inggris dan dianggap sebagai â??manusia yang hampir sempurnaâ?? oleh media New York. Hadirin nampak takjub dengannya dan dia memesona para petinggi dan selebriti di seluruh dunia.â?

Sayangnya, kesuksesan robot Eric tidak bertahan lama. Sekitar tahun 1930-an, Eric menghilang tanpa ada berita yang jelas mengenai dirinya. Kesempatan menghidupkan Eric sangat besar. Russell dan rekan-rekan dari Science Museum mendapatkan informasi mengenai Eric saat mencari ulang dari arsip lama mereka, juga menghubungi saudara dari para pengembang dan perancang Eric di masa lampau.

Ben Russell (YouTube)
Ben Russell (YouTube)

Hasilnya, tim peneliti mendapatkan informasi yang cukup, termasuk rancangan aslinya, gambar, dan dokumen lain yang dapat membantu mereka merancang ulang robot pertama di dunia ini. Mereka juga meminta bantuan dari Giles Walker, seniman dan ahli robot, untuk tugas tersebut.

Jika proyek Science Museum ini berhasil, robot Eric akan menjadi pusat perhatian dalam pameran robotik baru, yang akan berlangsung pada tahun 2017 mendatang.

â??Setelah dirancang kembali, Eric akan menjadi bagian dari koleksi permanen Science Museum dan kami akan mengirimkannya berkelana keliling dunia seperti yang pernah ia lakukan 90 tahun yang lalu,â? ungkap Russell. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak