Bersepeda di Gunung (pixabay.com)

Mendaki gunung, itu hal yang sudah biasa, tapi bagaimana jika naik gunung dengan cara bersepeda? Tentunya hal tersebut menjadi hal yang antimainstream untuk dilakukan. Menjelajah gunung memang bukanlah hal yang baru, namun olahraga yang masuk dalam deretan olahraga ekstrim ini sudah lumayan banyak yang melakukan loh JBers. Ada banyak tantangan yang lebih memacu adrenalin saat kamu naik gunung dengan bersepeda seperti kemungkinan tergelincir, menabrak pohon hingga batu. Oleh karena itu olahraga yang satu ini sangat diminati oleh orang yang suka tantangan. Ingin coba naik gunung dengan bersepeda? Ini lima gunung di Indonesia yang bisa didaki dengan bersepeda, yaitu:

1Gunung Salak, Bogor

Bersepeda di Kaki Gunung Salak (artinriky.wordpress.com)

Track bersepeda ini berada di tengah-tengah perkenunan sayur dan kebun teh di kaki Gunung Salak. Tanah yang ada di sini adalah tanah merah sehingga menjadi tantangan tersendiri jika kamu bersepeda setelah hujan. Selain itu jalanannya berkelok-kelok sehingga tidak mudah mengendalikan laju sepedamu. Tapi tenang saja JBers karena track di sini banyak dilalui pesepeda lainnya kok yang dengan senang hati membantumu saat kesulitan di jalan.

2Telaga Sarangan, Gunung Lawu

Bersepeda di Telaga Sarangan-Gunung Lawu (anomharya.com)

Track downhill sudah menanti jika kamu bersepeda di Telaga Sarangan, Gunung Lawu yang ada di Jawa Timur ini. Saking sulitnya track yang harus dilalui, terkadang kamu harus sesekali menuntun sepedamu saat berada diturunan dan tanjakan yang tajam. Telaga Sarangan ini sudah tiga kali menjadi tempat Kejurnas Indonesia Downhill secara berturut-turut dari tahun 2013, 2014, dan 2015. Saat weekend, ada banyak komunitas pesepeda yang menantang diri mereka untuk mencoba track downhill ini.

3Gunung Tengah, Klungkung

Bersepeda di Gunung Tengah-Klungkung (jashujan.files.wordpress.com)

Banyak pesepeda yang mengatakan kalau track downhill di Gunung Tengah yang berada di Klungkung, Bali ini mirip dengan track downhill yang ada di Mesiko yang jadi spot downhill terbaik di dunia. Bersepeda di Gunung Tengah ini membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi karena kamu harus menuruni turunan sepanjang 1,2 km dengan ketinggian 300 meter dari atas permukaan laut. Nggak kebayang khan curamnya? Pada tahun 2015, Gunung Tengah menjadi lokasi untuk perlombaan Asia Pacific Downhill Challenge 2015.

4Gunung Pancar, Sentul

Bersepeda di Gunung Pancar-Sentul (gizanherbal.files.wordpress.com)

Tak hanya terkenal sebagai sirkuit balap motor saja, Sentul juga terkenal sebagai sirkuit untuk para penggemar sepeda. Salah satu tempat yang cocok untuk sirkuit bersepeda di Sentul adalah Gunung Pancar. Meski jalanannya jarang ada bebatuan, tapi jalur lintas di sini berkelok-kelok naik dan turun. Fisik dan kemampuan otot kamu akan sangat dibutuhkan untuk sampai ke titik finish. Tapi sambil bersepeda, kamu bisa menikmati keindahan pohon pinus yang terletak di kedua sisi jalur lintasan.

5Gunung Kintamani, Ubud

Bersepeda di Gunung Kintamani-Ubud (balitopholiday.com)

Gunung Kintamani yang ada di Ubud, Bali menjadi lokasi bersepeda favorit para turis lokal dan mancanegara karena tracknya melewati perkebunan jeruk dan sayur sehingga sangat asri dan segar. Tapi saat kamu bersepeda di Gunung Kintamani ini jangan lengah ya JBers, karena jalanannya cukup berbatu karena dan banyak jalan setapak yang bersisihan dengan jurang loh. Jadi harus selalu waspada ya! Biasanya para pesepeda ini membutuhkan waktu kurang lebih empat jam untuk sampai ke titik finish.

Ingin coba melakukan olahraga esktrem yang satu ini? Siapkan mental dan fisik kamu ya JBers! (jow)