Tes IQ (googleusercontent.com)

Siapa di antara kamu yang belum pernah tes IQ? IQ merupakan singkatan dari Intelligence Quotient yang merupakan kecerdasan intelektual yang dimiliki oleh seseorang seperti kemampuan berpikir, memecahkan gagasan, menggunakan bahasa, dan lain sebagainya. Ada banyak orang yang berpendapat kalau IQ adalah kemampuan dari lahir yang mutlak dan tidak bisa berubah, nyatanya IQ itu dapat meningkat sesuai proses belajar kamu. Tes IQ biasanya dilakukan saat kamu duduk di Sekolah Dasar alias SD. Tapi jika kamu belum pernah tes IQ saat SD, kamu bisa melakukannya sekarang kok. Memangnya bisa? Tes IQ bisa dilakukan kapan saja. Masih nggak mau ikutan tes IQ? Simak dulu alasan di bawah ini kenapa kamu harus tes IQ sekali seumur hidup ini:

1Mengetahui Kelemahan dan Kelebihan

Kelemahan dan Kelebihan (www.stafco.com)

Semua orang di dunia ini pasti punya kelemahan dan kelebihan khan JBers? Hanya saja terkadang kita tidak mengetahui apa yang menjadi kelemahan dan apa yang menjadi kelebihan dari diri kita sendiri. Dengan mengikuti tes IQ, kamu bisa terbantu untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan dirimu dari skor tes IQ yang kamu peroleh, misalnya skor tes analisis pemikiran kamu rendah, itu tandanya kamu kurang ahli dalam menganalisis sesuatu. Lain halnya jika nilai skor penalaran abstrak kamu tinggi, itu tandanya kamu punya kreativitas yang sangat baik.

2Menemukan Cara Memecahkan Masalah yang Berbeda

Memecahkan Masalah (ivyexec.com)

Cara berpikir masing-masing orang tentunya berbeda karena sudut pandangnya juga berbeda-beda. Tes IQ membantu kamu untuk memaksimalkan kemampuan memecahkan masalah dari sudut pandangmu sendiri. Kamu bisa menemukan pola berpikir kamu sehingga tidak mengikuti pola pemikiran orang lain. Hal ini juga bisa membantu kamu menemukan jati diri dan persepsi tentang diri kamu selama ini.

3Memunculkan Bakat yang Terpendam

Bakat Terpendam (omdukblog.com)

Pernah dengar istilah bakat yang terpendam? Setiap manusia pasti memiliki bakat loh JBers. Cuma terkadang bakat itu tidak mereka sadari karena mereka belum pernah mencobanya karena tidak mungkin manusia mencoba segala macam bidang yang ada di dunia. Misalnya, kamu selama ini tidak pernah memasak di dapur lantaran malas, padahal sebenarnya kamu memiliki bakat di bidang masak-memasak. Hal seperti itu seringkali terjadi. Dengan mengikuti tes IQ, kamu bisa tahu apa sih sebenarnya bakat terpendam kamu. Apa kamu punya bakat di bidang seni, musik, atau kuliner? Nah, jadi penasaran khan?

4Membantu Memilih Pendidikan dan Karir

Memilih Pendidikan dan Karir (playbuzz.com)

Selain membantu memunculkan bakat yang terpendam, tes IQ juga bisa membantu kamu membantu memilih pendidikan dan karir. Dari hasil tes IQ, kamu bisa melihat bakat dan kelebihan apa yang kamu punya untuk dibandingkan dengan jurusan pendidikan yang kamu pilih. Tes IQ yang bisa mengoptimalkan bakat dan dan kelebihan ini bisa mengoptimalkan pilihan karir juga. Misalnya, jika kamu berbakat di bidang masak-memasak, kamu bisa bekerja menjadi chef atau juru masak atau jika kamu berbakat dalam hitung-menghitung, kamu bisa menjadi akuntan.

5Tes IQ Itu Menyenangkan

Tes IQ Menyenangkan (googleusercontent.com)

Siapa bilang tes IQ itu bikin pusing dan melelahkan. Jika kamu melihat empat alasan di atas, kamu pasti akan merasa kalau tes IQ itu menyenangkan karena secara tidak langsung, kamu jadi lebih memahami dirimu sendiri. Kamu juga akan merasa tertantang untuk menemukan jati diri. Tes IQ memang menyenangkan kok JBers, apalagi melihat hasilnya yang pasti bikin kamu penasaran setengah mati. Jadi, tak ada salahnya khan kalau kamu ikutan tes IQ seumur hidup sekali. (jow)