LinkedIn (wired.com)

Di era yang serba canggih ini, semuanya terasa lebih mudah. Kemajuan teknologi serta maraknya sosial media membuat kamu harus memanfaatkannya secerdas mungkin. Jika biasanya kamu berkutat dengan social media seperti facebook, twitter, instagram atau path, mulai sekarang kamu bisa aktif di LinkedIn. LinkedIn adalah situs jaringan sosial yang berorientasi pada bisnis dan banyak digunakan oleh para profesional sebagai tempat untuk mendapatkan pekerjaan. LinkedIn memiliki pengguna lebih dari 15 juta orang yang meliputi perorangan dan juga industri serta perusahaan-perusahaan besar. Ada banyak perusahaan-perusahaan besar yang merekrut karyawannya lewat LinkedIn. Tentunya profil serta CV yang harus kamu cantumkan harus menarik perhatian mereka. Lalu bagaimana jika kamu ingin profilmu dilirik perusahaan besar seperti mereka? Simak tips berikut ya JBers!

11. Pasang Foto Profil yang Menarik

Profil Picture LinkedIn (headshotsglasgow.com)

Pasanglah foto profil yang menarik dan seformal mungkin. Jangan sekali-kali memasang foto alay atau foto yang aneh-aneh seperti foto orang lain atau foto beramai-ramai. Pasanglah foto kamu mengenakan baju yang rapi, formal, dan wajah yang terlihat. Tampilan foto sangat berpengaruh pada kesempatanmu untuk membuat para perusahaan besar tersebut tertarik untuk melihat profilmu lebih lanjut.

22. Sertakan Data Secara Lengkap

Data Diri (komarketingassociates.com)

Layaknya CV, kamu harus melampirkan data diri, riwayat pendidikan, hingga pekerjaan yang selama ini kamu jalani. Mengisi data secara lengkap akan memudahkan perusahaan besar mengenal diri kamu. Deskripsikan dengan baik dan lengkap data diri, pendidikan baik itu formal maupun non-formal, hingga pekerjaan mulai dari pekerjaan freelance atau paruh waktu hingga pekerjaan full time. Melengkapi data akan membuat akunmu terlihat lebih berisi.

33. Cantumkan Keahlian dan Portofolio

Portofolio LinkedIn (cdn.com)

Mencamtunkan keahlian dan portofolio tentunya harus kamu lakukan nih JBers karena keahlian dan portofolio yang kamu miliki akan menjadi pertimbangan pihak perusahaan tersebut untuk merekrut kamu. Usahakan mencantumkan keahlianmu sespesifik mungkin dan memberikan portofolio selengkap mungkin agar mereka lebih percaya. Portofolio ini membantu kamu untuk membuktikan kalau keahlian yang kamu miliki itu sudah kamu terapkan dalam contoh portofolio kamu.

44. Perbanyak Jaringan LinkedIn

Koneksi LinkedIn (mediamister.com)

Semua sosial media memang pada dasarnya sama, kamu juga harus menambah teman alias jaringan yang banyak agar orang banyak mengenalmu. Kamu bisa menambah jaringan pertemanan dari teman-teman sekolah, kuliah, hingga orang yang bekerja sebagai HRD di perusahaan besar yang ingin kamu bidik. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan kok untuk menambah jaringan LikedIn ini.

55. Selalu Update LinkedIn

Update LinkedIn (cdn.com)

Tips yang terakhir ini tak boleh ketinggalan kamu lakukan karena sebagus apapun profil, data, portofolio, serta jaringan yang kamu punya, semuanya tidak akan berarti jika kamu terlihat pasif. Update selalu profilmu, bisa dari perkembangan karir, kegiatan sosial yang kamu lakukan, portofolio terbaru, hingga hal-hal lainnya. Jika kamu punya blog pribadi yang berisi tentang keahlianmu, kamu bisa mengaitkan postingan blog dengan LinkedInmu. Sering update LinkedIn juga membantumu melihat lowongan pekerjaan terbaru yang dishare oleh HRD perusahaan besar.

Sudah tahu khan tips-tipsnya. Langsung dipraktekkan ya JBers! Semoga berhasil! (jow)