Bangga, Animator Indonesia Ini Garap Film Disney

Indonesia bisa berbangga diri dalam kancah dunia animasi Hollywood. Di film terbaru Disney yang berjudul “Moana”, animator Indonesia turut terlibat di belakang layar. Siapa dia?

Dia adalah Griselda Sastrawinata, seorang animator asal Jakarta. Dia merupakan salah satu visual development artist dalam penggarapan film animasi “Moana”. Dengan sentuhan imajinatif, Griselda memberikan aksen kebudayaan Polinesia di bagian awal film “Moana”.

Griselda Sastrawinata (Hardrockfm)
Griselda Sastrawinata (Hardrockfm)

“Dalam film Moana, saya membuat tapa (semacam kain tradisional yang berisi informasi leluhur). Beberapa unsur kebudayaan Polinesia saya masukan di tapa itu,” ujar Griselda dalam Media Junket Moana di Marina Bay Sands Singapura, seperti dikutip dari Okezonecom, Kamis (17/11/2016).

Sebelum memberikan sentuhan unsur Polinesia, Griselda dan tim melakukan riset dan observasi di kepulauan Fiji dan sekitarnya untuk mencari informasi valid peninggalan Polinesia, agar sentuhan gambar yang diberikan Griselda dan tim Disney teruji kebenarannya. “Risetnya yang lama, ketika penggarapannya, sekitar beberapa minggu,” jelasnya.

Griselda Sastrawinata (Animationxpress)
Griselda Sastrawinata (Animationxpress)

Film animasi “Moana” mengambil latar belakang kehidupan Polinesia di Samudera Pasifik, dan bercerita tentang seorang putri asal Motunui bernama Moana. Princess Disney kali ini bukan bercerita seorang putri yang mencari cinta dari seorang laki-laki, melainkan lebih dari itu.

Moana dituntut untuk menyelamatkan dunia meski harus meninggalkan keluarga untuk sementara waktu. Kisah pertualangan Moana mengarungi laut sejauh ratusan mil demi mencari cara menyelamatkan dunia dari kehancuran pun dimulai.

Karakter Moana diisi suara oleh artis pendatang baru Hollywood asal Hawaii, Auli’I Cravalho. Sementara itu Dwayne “The Rock” Johnson bakal berperan sebagai Maui, sahabat Moana ketika berpetualang menyelamatkan dunia. Di Indonesia, film animasi ini bakal tayang pada 25 November mendatang.

Berikut ini video trailernya.

(tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Kenapa Kita Tidak Bisa Ingat Kejadian Waktu Masih Bayi?

Piri Reis, Laksamana Muslim Pembuat Peta Dunia Pertama