Diam (lovequotes-loveimages.blogspot.co.id)

Kebanyakan orang lebih memilih untuk berbicara, bercerita berjam-jam tentang banyak hal pada teman, mulai dari permasalahan pribadi, keluarga, hingga pacar. Dengan berbicara kepada orang lain, tentunya kamu merasa lebih lega dan siapa tahu kamu bisa mendapat pencerahan atau nasehat dari orang lain. Sangat jarang orang yang memilih untuk diam dan tidak melakukan apa-apa karena diam dianggap tidak akan menyelesaikan masalah. Orang tidak akan tahu apa yang kamu mau, bagaimana perasaanmu, serta masalah apa yang ada pada dirimu. Tapi ternyata diam itu juga ada manfaatnya loh bagi dirimu, terutama bagi otak. Nggak percaya? Ini faktanya yang bisa kamu simak ya JBers!

1Sel-sel Otak Bergenerasi Lebih Baik

Otak Bergenerasi dengan Baik (uphe.org)

Saat kamu sedang diam, sel-sel otak akan bergenerasi dengan lebih baik. Dilansir dari warnameloca.id, sebuah studi pada jurnal Brain, Structure and Function pada tahun 2013 mengatakan kalau dalam keadaan diam, otak akan menghasilkan sel-sel baru yang dalam hippocampus. Hippocampus ini merupakan area dalam otak yang berhubungan dengan emosi, ingatan, serta kemampuan proses belajar. Pertumbuhan sel baru ini juga sangat berpengaruh pada kesehatan tubuhmu.

2Otak Lebih Aktif Mengumpulkan Informasi

Otak Mengumpulkan Informasi (vgwinsurance.com)

Otak akan lebih aktif mengumpulkan informasi saat kamu sedang diam dan keadaan di sekitarmu sedang sunyi alias tak ada suara dan hiruk pikuk. Dalam keadaan diam, informasi bisa dengan lancar mengalir sehingga kamu bisa berpikir dengan lebih baik karena jaringan modus default otak diaktifkan. Jaringan modus default otak ini merupakan jaringan yang berhubungan dengan pikiran seseorang. Oleh karena itu, orang yang diam akan kosong pikirannya sehingga bisa dengan mudah diisi dengan hal-hal lain seperti ide-ide.

3Performa Kerja Lebih Maksimal

Performa Otak Lebih Maksimal (girlsoutloud.org.uk)

Sebagian orang hanya bisa bekerja dalam diam dan suasana yang sunyi. Itu tandanya, fungsi kognitifnya berjalan lebih baik saat diam. Tingginya polusi udara dan suara bisa membuat kamu kehilangan konsentrasi, tapi saat diam tingkat konsentrasi kamu lebih tinggi. Fungsi kognitif ini berhubungan dengan kemampuan membaca, mengingat, serta memecahkan masalah. Coba saja kamu mengingat sesuatu dalam diam dan suasana sunyi, pasti daya ingat kamu akan lebih maksimal.

4Mengurangi Tingkat Stress

Mengurangi Stress (wallpaperhd.pk)

Percaya atau tidak, diam itu ternyata bisa mengurangi kadar stress dan penat kamu loh JBers. Suara yang ramai dapat membuat hormon stress dalam dirimu berkembang dengan baik, sementara diam bisa membuat hormon stress terhenti. Jika kamu berada dalam suasana yang hiruk pikuk dan ramai, kadar stress kamu akan bertambah. Jadi, sebaiknya kalau ingin mengurangi tingkat stress, datanglah ke tempat-tempat yang sepi untuk diam menyendiri selama beberapa menit.

5Melancarkan Oksigen Pada Otak

Oksigen Lebih Lancar (pinterest.com)

Ketika kamu berbicara panjang lebar selama berjam-jam, kadar oksigen yang harus kamu hirup bisa dua kali lipat karena jantung berpacu lebih cepat dan membutuhkan lebih banyak oksigen sehingga asupan oksigen ke otak akan berkurang. Tapi jika kamu dalam keadaan diam dan tidak berbicara sepatah katapun, maka jantungmu akan berdetak stabil sehingga asupan oksigen yang kamu hirup bisa mengalir dengan lancar ke otakmu.

Jadi jangan anggap remeh orang-orang yang lebih suka diam ya JBers! (jow)