Mata merupakan jendela dunia dan kemampuan mata manusia itu sendiri luar biasa menakjubkan. Namun ternyata ada banyak hal yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang manusia. Entah karena pergerakan yang terlalu cepat ataupun transisi warna yang sangat tipis sehingga sulit ditangkap oleh mata manusia.

Berkat kemajuan teknologi, kini kita dapatĀ  melihat sesuatu apa yang tidak bisa kita lihat dengan kasat mata. Dilansir dari Mashable, Jumat (18/11/2016), berikut adalah 5 teknologi yang membuat kita jadi bisa melihat apa yang tadinya tak terlihat mata.

1Sensor panas atau thermal

Kita memang bisa merasakan suhu panas, tetapi kita sama sekali tidak bisa melihat suhu panas. Namun, sekarang sudah mulai banyak perangkat yang dilengkapi dengan sensor thermal yakni kamera yang punya kemampuan pencari panas. Bahkan, sekarang sensor thermal sudah ada di smartphone. Salah satunya adalah CAT S60.

2Lenza Prizm

Lensa prizm yang diluncurkan oleh Oakley ini didesain untuk meningkatkan pengalaman penglihatan yang lebih menakjubkan, khususnya saat di luar ruangan. Lensa Prizm ini mengusung teknologi yang sangat unik, dimana lensanya dapat menyesuaikan warna dasar dengan sangat tepat, sehingga kita bisa melihat dunia lebih detail dan lebih hidup.

3Dark Sky

Hanya dengan melihat langit mendung, artinya hujan akan turun. Dengan mata telanjang, kita hanya bisa melihat sebatas awan. Namun dengan aplikasi Dark Sky, kamu bisa melihat lebih jelas ke langit untuk melihat kilatan petir, dan berbagai tanda lain dari cuaca buruk. Dark Sky mampu memberi kamu informasi cuaca dengan sangat akurat dan memberi peringatan jika akan terjadi cuaca buruk.

4LifeScanner

Saat kita pergi berpetualang, entah itu naik gunung ataupun menjelajahi hutan belantara, kita tak tahu pasti, organisme apa saja yang hidup di sana. Dengan menggunakan Lifescanner, maka kamu dapat bertahan hidup dari spesies lain yang mungkin berbahaya, baik itu yang terlihat dengan mata telanjang maupun yang tak kasat mata.

5RF-Capture

Kemampuan melihat yang dapat menembus mata mungkin hanya dimiliki oleh superhero tertentu. Namun, dengan bantuan perangkat bernama RF-Capture ini kamu bisa melihat menembus dinding. RF-Capture dikembangkan MIT yang dapat membantu manusia melihat apa yang ada di belakang dinding. (tom)