Pasangan beda usia (dreamers.id)

Cinta memang tak pernah memandang usia. Ada banyak orang yang memiliki pacar dengan perbedaan usia yang cukup jauh seperti lima hingga sepuluh tahun. Meski ada banyak orang yang memiliki pacar beda usia, tapi tak sedikit yang gagal menjalaninya. Kegagalan ini tentunya diakibatkan oleh perbedaan usia yang memicu banyak persoalan. Memang tak mudah menjalaninya, tapi asalkan kamu mau berusaha, hubungan kalian pasti akan bertahan lama. Untuk itu, kamu harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini yang kerap kali menjadi persoalan dalam pacaran beda usia. Yuk simak baik-baik JBers!

1Tingkat Kedewasaan

Tingkat Kedewasaan (dreamers.id)

Memiliki pacar yang berbeda usia tentunya membuat tingkat kedewasan masing-masing berbeda. Jika memiliki pacar yang terlalu muda, pasti kamu akan berpikir kalau dia tidak dewasa dan menganggap remeh dia. Padahal tingkat kedewasan seseorang tidak bisa ditentukan dari faktor usianya. Bisa jadi, dia yang usianya lebih muda akan lebih dewasa karena sudah diterpa oleh cobaan hidup. Jadi jangan terlebih dahulu mengambil kesimpulan ya JBers.

2Kesiapan Mental dan Emosi

Kesiapan Mental dan Emosi (mirror.co.uk)

Beda halnya dengan kesiapan mental dan emosi. Biasanya hal ini terjadi jika kamu punya pacar yang jarak usianya terpaut sangat jauh seperti lebih dari lima tahun. Mental dan emosi jiwa yang kalian punya tentunya sangat berbeda. Emosi anak ABG tidak akan sama dengan emosi anak kuliah atau orang kantoran. Oleh karena itu, mental kamu harus dipersiapkan untuk menerima apa adanya pacar kamu.

3Beda Ketertarikan

Hobi yang Berbeda (rd.com)

Perbedaan usia tentunya membuat hobi dan ketertarikan kalian berbeda. Mulai dari makanan kesukaan, genre musik yang disuka, film yang ditonton, hingga aktivitas rutinitas sehari-hari. Buat kamu yang masih muda, kamu akan betah nongkrong berlama-lama di cafe sementara pacar kamu yang sudah usianya jauh lebih tua akan lebih suka menghabiskan waktu untuk berolahraga. Hal ini tentunya bisa disikapi dengan saling mencoba memahami kesukaan pacar.

4Pola Pikir Berbeda

Pola Pikir yang Berbeda (india.com)

Namanya juga beda usia, sudah pasti memiliki pola pikir kalian berbeda entah itu dari sudut pandang, obrolan, hingga cara memecahkan masalah. Biasanya permasalah akan muncul karena kalian memiliki ideologi dan persepsi masing-masing dan salah satu di antara kalian tidak ada yang mau mengalah. Perbedaan itu biasa kok JBers, hanya saja kalian harus sama-sama saling menghargai dan terbuka pada pandangan pacar kamu.

5Beban Masa Lalu

Beban Masa Lalu (montgomerycountyrealty.net)

Setiap orang pasti punya masa lalu, mulai dari masa lalu tentang cinta, persahabatan, juga tentang keluarga. Bertambahnya umur tentunya beban masa lalu akan semakin bertambah. Beban masa lalu bisa membuat pikiran bertambah, menghadapi masalah yang lebih rumit, dan lain-lain. Hal ini bisa bisa mempengaruhi kelancaran hubungan kamu. Oleh karena itu, kamu harus pintar membaca situasi saat wajahnya sedang suntuk atau ruwet.

Jika kamu sudah memperhatikan dan memahami lima hal di atas, mudah-mudahan kamu jadi lebih memahami pacarmu yang beda usia ya JBers! (jow)