Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan film animasi Pixar berjudul “Up”. Film ini mengisahkan seorang kakek Carl Fredricksen yang bermimpi bisa terbang ke Paradise Falls, Venezuela. Tentu saja, yang paling ikonik dari film animasi ini adalah rumah yang ditinggali sang kakek terlihat terbang berkat balon-balon yang ada di rumah tersebut.

Di Kalimantan Selatan, tepatnya di Kota Banjarbaru, ternyata punya sebuah rumah yang mirip dengan film “Up” tersebut, namun minus balon. Rumah tersebut meurut penduduk sekitar dinamakan Rumah Sangkut.

Dilansir dari Reservasicom, Selasa (22/11/2016), tak hanya dijuluki sebagai rumah sangkut, tapi rumah ini juga punya julukan hanging house (rumah gantung), rumah jomblo, hingga rumah setan.

Rumah yang berada di atas gundukan tanah ini berada di area sekitar Gunung Kupang. Kawasan di sekitar Rumah Sangkut ini adalah area perumahan Graha Praja Indah Banjarbaru yang tengah digarap, namun entah mengapa pengembang seolah sengaja menyisakan satu rumah ini. Lokasi bangunan yang unik menjadikan rumah ini sering dijadikan tempat untuk berselfie.

Meskipun tidak ada alasan jelas mengapa rumah ini dibiarkan oleh pihak pengembang, konon kabarnya rumah ini dipercaya ada penghuninya maka tak ada yang berani mengotak-atik rumah dan sengaja menyisakannya untuk tetap berdiri tegak di sana.

Bentuk rumah ini memang terlihat biasa saja, bahkan terlihat kurang terawat dan hanya terbuat dari papan kayu. Namun, karena lokasinya yang berada di atas gundukan tanah membuat rumah ini tampak unik karena berada sendirian di atas lahan yang luas.Untuk ke sini kamu harus naik ke gunung Kupang terlebih dahulu dengan tangga. Dari atas sini kamu bisa berselfie dengan latar belakang rumah sangkut. Saat berada di sana kamu juga bisa melihat kompleks perkantoran pemerintahan Kalimantan Selatan. (tom)