Tuesday, April 23, 2019
Beranda blog

Tips yang Sebaiknya Diperhatikan saat Mencuci Muka

Mencuci muka adalah salah satu perawatan wajah yang paling mudah dilakukan. Kamu pasti membilas atau mencuci wajahmu saat mandi. Namun, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal saat mencuci muka. Jika kamu malas, wajahmu akan kusam dan bisa mempercepat penuaan dini loh. Makanya, mencuci muka harus dilakukan dengan cara yang benar.

Lakukan Rutinitas Mencuci Muka Dua Kali Sehari

Seberapa sering kamu harus mencuci wajahmu setiap hari? Setidaknya, kamu perlu mencuci wajah sebelum dua kali sehari. Pastikan untuk menggunakan sabun pembersih wajah yang cocok untuk kulitmu, lalu aplikasikan sebelum memulai aktivitas dan setelah selesai beraktivitas.

Biasanya karena sudah lelah, kamu akan melewatkan tahapan mencuci wajah di malam hari setelah selesai beraktivitas. Nah, sekarang bayangkan saja, kalau kamu sudah book tiket All Nippon Airways murah untuk liburan ke Jepang, menjalani durasi penerbangan panjang di pesawat, lalu tidak mencuci muka. Pasti kulit wajahmu merasa lelah dan terlihat kusam.

Oleh karena itu, sebisa mungkin sempatkan untuk mencuci wajahmu secara teratur. Hanya berbekal sabun pencuci muka, kamu bahkan bisa melakukannya di tempat umum. Setelahnya, kamu akan merasa lebih segar dan kulitmu pun lebih sehat.

Temukan Sabun Pencuci Muka yang Cocok

Memilih sabun pencuci muka memang gampang-gampang susah. Ada baiknya kamu memilih sabun pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulitmu. Namun, perlu diperhatikan bahwa efek dari penggunaan produk perawatan wajah juga membutuhkan waktu. Berapa lama?

Biasanya diperlukan waktu sekitar sebulan untuk mengetahui apakah sabun pencuci muka kamu cocok untuk jenis kulit wajahmu. Jadi, jangan langsung ganti produk saat baru menggunakannya selama seminggu. Gunakan sabun pencuci wajah secara rutin dan lihat terlebih dahulu hasilnya.

Menggunakan Eksfoliator agar Sisa Riasan Tidak Menempel

Hal yang tidak kalah penting adalah melakukan eksfoliasi. Ada berbagai produk eksfoliator yang bisa kamu gunakan untuk membuang racun dan kotoran pada bagian terdalam kulit. Nah, penggunaan eksfoliator ini bisa kamu lakukan 2-3 kali seminggu. Tidak perlu setiap hari karena bisa memicu terjadinya iritasi pada kulit wajah.

Apa manfaat dari proses eksfoliasi? Jika kamu menggunakan riasan wajah setiap hari, tidak akan ada sisa riasan yang tertinggal setelah kamu mencuci wajah. Jadi, mencuci wajah saja memang tidak cukup untuk menjaga kulitmu bersih dari semua kotoran. Tidak sulit kok, menjaga kulit wajahmu dengan produk perawatan. Apalagi kalau kamu sudah menemukan produk yang cocok untuk kulit, hanya perlu diaplikasikan dengan rutin saja.

Tidak Menggunakan Beberapa Skincare Sekaligus

Meskipun banyak produk skincare kekinian yang semakin ramai dibicarakan, belum tentu semuanya cocok dengan kulit wajahmu. Nah, penting nih, agar kamu tidak asal beli skincare Korea atau Jepang hanya karena ikut-ikutan tren.

Jika ingin beli sesuatu saat liburan ke Jepang atau Korea, tidak harus beli skincare. Ada banyak pilihan oleh-oleh lain yang bisa kamu dapatkan tanpa harus mengorbankan kulit wajahmu. Misalnya teh jepang, camilan, atau pernak-pernik tradisional yang khas.

Tidak perlu merasa repot untuk mencuci muka dengan pembersih wajah. Jika sudah rutin dilakukan, kamu akan terbiasa dan bisa merasakan manfaatnya di mana pun berada. (jow)

Fakta Tahun Baru Imlek Ini yang Mungkin Belum kamu Tahu

Tahun Baru Imlek atau Tahun Baru China sebentar lagi akan datang yaitu tepatnya pada tanggal 5 Februari 2019. Peringatan ini adalah salah satu perayaan yang dilakukan hampir di seluruh dunia oleh etnis tionghoa. Maka Indonesia juga tak luput menjadi salah satu negara yang merayakan Tahun Baru Imlek tersebut. Bukan hanya sekedar dirayakan di negara asalnya China saja.

Yang saya ingat dari Imlek adalah setiap hari Imlek, di daerah saya selalu datang hujan. Mungkin karena waktunya yang juga bertepatan dengan musim penghujan kali ya.. Tapi kebanyakan orang meyakini kalau datang hujan saat imlek, maka akan banyak rezeki yang datang. Tapi memang benar sih, Hujan kan memang sudah rezeki dari Tuhan untuk semua makhluknya.

Hal lain yang juga membuat saya ingat akan datangnya tahun baru imlek adalah banyaknya promo Imlek di beberapa atau hampir semua toko online yang tersebar luas di internet. Mungkin karena saya adalah seorang yang senang berbelanja online, makanya.. Semua momen selalu dihubung-hubungkan dengan online shopping. Setiap Imlek saya selalu berbelanja untuk membeli kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan lainnya. Alasannya, tentu saja karena harga yang diberikan oleh e-commerce e-commerce besar di Indonesia yang begitu menggiurkan dengan memiliki banyak yang diskon. Tapi.. kali ini saya akan membahas beberapa hal yang mungkin belum kamu tahu tentang fakta Tahun Baru Imlek.

Tanggalnya berubah setiap tahun

Meski sama-sama terjadi antara pertengahan bulan Januari sampai Februari, Tahun Baru Imlek selalu memiliki tanggal yang berubah-ubah. Tidak seperti tahun baru masehi ataupun tahun baru Islam yang memiliki tanggal yang tetap sepanjang masa. Hal Ini karena mereka merujuk pada kalender Cina dan mengikuti pergerakan bulan.

Perayaan berlangsung 15 hari

Biasanya perayaan Tahun Baru Imlek disertai dengan festival lentera di negara asalnya yaitu China. Pada akhir momen biasanya Imlek juga dirayakan dengan perayaan cap go meh. Di Indonesia Cap Go Meh juga menunjukkan bahwa perayaan Imlek Telah Usai. Karena pelaksanaannya yang begitu lama tersebut, biasanya masyarakat Tionghoa memanfaatkan
momen imlek dengan pulang ke kampung halaman mereka. Ya.. mungkin mirip-mirip seperti mudik lebaran di Indonesia.

Barongsai

Pasti kamu juga sering melihat perayaan Imlek yang erat kaitanya dengan pertunjukan Barongsai. Ternyata Barongsai bukan hanya hiburan semata yang ditampilkan saat tahun baru China ini. Melainkan barongsai diyakini untuk mengusir roh jahat serta berbagai hal negatif di akhir tahunnya.

Kembang api

Kebiasaan yang tidak bisa lepas dari perayaan tahun baru adalah banyaknya orang yang merayakannya dengan menyalakan kembang api atau petasan. Selain untuk memeriahkan pergantian tahun bagi etnis Tionghoa, kembang api juga diyakini untuk mengusir roh jahat seperti acara barongsai.

Identik dengan warna merah

Pernah berpikiran nggak sih kalau Imlek Selalu identik dengan warna merah. Baik itu pakaian yang mereka kenakan, amplop angpao serta peralatan-peralatan yang etnis Tionghoa gunakan saat merayakan Imlek. Ternyata warna merah ini memiliki arti yang sama yaitu semangat dan keberuntungan. Tapi bagi saya yang paling menarik sih isi amplop angpaonya ya kan Hehehe..

Keuntungan Tahun Baru Imlek bagi yang tidak merayakan

Eits.. jangan dikira kita yang tidak ikut merayakan tahun baru imlek tidak dapat kebagian untungnya ya.. Dari fakta-fakta di atas, ternyata ada 1 fakta yang bisa kamu manfaatkan jika kamu tidak ikut merayakan Tahun Baru Imlek. Di Tahun Baru china ini banyak sekali toko-toko online yang memberikan banyak penawaran harga khusus dan juga promo Imlek lain yang bisa kamu Nikmati. Saat itu kamu bisa berbelanja dengan hemat dengan menggunakan voucher belanja ataupun memanfaatkan promo imlek seperti flash deal.

Nah kali ini, Bukalapak juga bakal ikutan merayakan imlek dengan memberikan diskon dan promo imlek lo. Jika kamu belum install aplikasinya, sebaiknya mulai sekarang kamu install di smartphone milikmu agar tidak ketinggalan promo imlek di Bukalapak.

Cek Pajak Kendaraan Bermotor Kamu Sekarang Bisa Lewat Samsat Online, Berikut Panduannya

Membayar pajak merupakan kewajiban setiap warga negara. Tidak terkecuali pajak kendaraan bermotor. Menariknya, kamu tidak perlu lagi repot menunggu antian panjang setiap kali membayar pajak kendaraan, jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak membayar pajak tepat waktu.

Membayar pajak kendaraan berbeda dengan pajak pada umumnya yang dapat kamu bayarkan di kantor pajak di kota kamu. Membayar pajak kendaraan, hanya dapat kamu lakukan di Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap).

Dengan adanya fasilitas pembayaran pajak online, memiliki maksud untuk memudahkan masyarakat untuk tidak lagi mengantri dan menunggu dalam kurun waktu yang cukup lama. Apalagi, jumlah kendaraan setiap tahunnya meningkat dengan signifikan, sehingga solusi pembayaran online menjadi cukup menarik.

Menurut Mabes Polri, jumlah kendaraan bermotor per tanggal 1 Januari 2018 mencapai 111.571.239 unit. Dimana mobil pribadi berjumlah 13.253.143 unit. Dan menariknya, 72% dari jumlah mobil secara nasional terdapat di pulau Jawa.

Pastinya pemerintah dapat memanfaatkan jumlah kendaraan yang berfungsi di Indonesia sebagai pendapatan negara melalui pajak. Sehingga dapat menunjang pembangunan dan perbaikan jalan yang berkelanjutan sampai asuransi dan infrastruktur perhubungan lainnya.

Penambahan sistem administrasi terpusat seperti Samsat dengan pembangunan gedung baru dan penambahan personil dapat menjadi salah satu solusi. Karena itu, dengan sistem online, seharusnya kendala ini dapat diatasi, asalkan sistem yang dipergunakan tidak mengalami gangguan dan mendapat kepercayaan stakeholder terkait.

Daftar situs cek pajak kendaraan bermotor

Setiap daerah dikelola olah samsat yang berbeda, karena itu, situs pengecekan pajak kendaraannya pun berbeda pula. Berikut daftar beberapa situs pemerintah yang dapat kamu gunakan mulai untuk mengecek pajak kendaraan Jakarta, mengecek pajak kendaraan Jatim dan enam daerah lainnya yang menyediakan pengecekan pajak kendaraan dengan lengkap.

Sayangnya daerah-daerah lain masih belum membuat layanan Samsat online, kita harapkan kedelapan situs dibawah dapat menjadi preseden yang baik bagi realisasi untuk situs di daerah lain sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam pengecekan dan pembayaran pajak motor online.

Daerah Alamat Situs
DKI Jakarta //samsat-pkb2.jakarta.go.id/
Jawa Barat
E-Samsat Jabar
Jawa Tengah //dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Jawa Timur //www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas
DI Yogyakarta //infonjkbdiy.com/
Aceh //esamsat.acehprov.go.id/
Kepulauan Riau //dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat
Sulawesi Tengah //dispenda.sultengprov.go.id/addons/pkb.php

Cara cek STNK online

Sebagai contoh jika kamu ingin mengecek pajak motor di daerah Aceh, silakan buka halaman Samsat Aceh. Kemudian masukkan plat nomor ke kolom “Pencarian Informasi Pajak Kendaraan Anda”. Sebagai contoh, nomor plat yang bisa kamu masukkan adalah BL4815AF kemudian klik tombol “Cari”.

Di bagian kiri, akan muncul halaman pembaruan yang berisi informasi kendaraan bernomor plat BL4815AF, mulai dari merek Honda, jenis kendaraan, tipe kendaraan, masa jatuh tempo, sampai nominal PKB dan SWDKLLJ yang harus kamu bayarkan setiap perpanjangan pajak motor yang kamu lakukan.

PKB sendiri adalah singkatan dari Pajak Kendaraan Bermotor senilai 1% sampai 2% dari harga kendaraan tersebut. Sedangkan SWDKLLJ adalah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Yang berarti asuransi dari PT. Jasa Raharja kepada setiap pemilik kendaraan bermotor. Kamu sendiri dapat mengklaim asuransi tersebut dengan menghubungi langsung pihak Jasa Raharja untuk setiap kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor seperti diatur dalam Undang-undang No.34 tahun 1964.

Perhitungan denda pajak kendaraan

Kamu sendiri dapat membayarkan PKB sampai 100 hari sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran. Alangkah lebih baik dapat segera melunasi tanggungjawabmu sehingga terhindar dari denda pajak kendaraan.

Perinciannya, untuk denda PKB terlambat per tahunnya adalah sebesar 25%. Jadi jika pajak yang harus kamu bayarkan sebesar Rp. 2 juta, maka dendanya dapat mencapai Rp. 500 ribu. Sedangkan jika kamu terlambat 2 sampai 30 hari, biaya keterlambatannya dibagi 12. Dan jika kamu terlambat sampai 3 bulan lamanya, denda berjalan sebesar 3 dibagi 12 dari 25%.

Sebagai contoh, jika kamu terlambat selama 3 bulan, maka denda yang harus kamu bayarkan sebesar 25% x (3:12) atau senilai dengan 6,25%, sehingga untuk pajak senilai Rp. 2 juta, kamu harus membayar denda Rp. 125 ribu. Total PKB yang harus dibayarkan menjadi sebesar Rp. 2.125.000 dari kewajiban seharusnya sebesar Rp. 2 juta saja.

Perhitungan diatas belum memasukkan biaya SWDKLLJ. Denda dana kecelakaan ini sama sepanjang tahun, sebesar Rp. 32 ribu untuk sepeda motor dan Rp. 100 ribu untuk mobil pribadi.

Cara pembayaran pajak kendaraan secara online

Untuk pembayaran lewat online, seperti di halaman Samsat Provinsi Aceh, setelah memasukkan nomor polisi kendaraan kamu, akan muncul pembaruan halaman di bagian kiri. Sebagai contoh, untuk mobil CR-V tahun 2008 dengan nomor polisi BL1245JL, jatuh tempo pajak pada tanggal Senin, 10 September 2018. Pajak kendaraan total yang harus dibayarkan sebesar Rp. 3.485.500. Cek kembali data kendaraan kamu mulai dari nopol sampai tipe, merek dan jenis kendaraan. Apakah sesuai dengan nopol kendaraan yang kamu masukkan.

Jika ya, klik tombol “Generate” dimana kemudian akan ditampilkan kode bayar yang dapat kamu gunakan untuk membayar pajak di Teller dan ATM Bank yang kamu miliki. Kamu juga perlu tahu bahwa ada batasan waktu pembayaran, selama 4 jam sebelum kode bayar tadi kadaluarsa dan kamu harus melakukan Generate kode bayar yang baru.

Setelah melakukan pembayaran lewat Teller dan ATM, kamu tetap harus melaporkan ke Samsat setempat, untuk print baru STNK seperti biasa. Pastinya proses menjadi lebih singkat, dan antrian dapat menjadi lebih cepat. Namun pembayaran online ini tidak dapat kamu lakukan jika kamu melakukan penggantian STNK 5 tahun, dan harus melakukan pembayaran di Samsat asal kendaraan kamu.

Kesimpulan

Menggunakan fitur pengecekan STNK online pastinya akan memudahkan kamu untuk mempersiapkan dana pembayaran pajak. Sebagian orang bahkan menunda untuk membayarkan pajak kendaraan karena sudah tanggung telat 1 bulan, dengan anggapan nominal yang sama dengan denda 1 tahun. Padahal, denda 1 bulan hanya 1/12 dari nominal denda 1 tahun.

Dengan dibukanya jumlah tunggakan yang semestinya dibayarkan, masyarakat menjadi lebih percaya diri untuk membayar denda yang murah, apa lagi dengan transparansi seperti ini akan dapat menekan pungli dari oknum-oknum Samsat terkait.

Sama halnya dengan jenis asuransi mobil Sinarmas dimana kamu tinggal memasukkan laporan yang dilanjutkan dengan klaim baik itu partial loss ataupun stolen.

Sistem pembayaran online juga dapat memangkas beberapa proses administrasi dalam pembayaran PKB sehingga antrian di Samsat dapat dikurangi secara signifikan, namun hal ini bergantung secara langsung dengan kemauan dan kepercayaan publik untuk menggunakan fasilitas online dalam pembayaran PKB mereka.

Calo-calo yang berkeliaran di Samsat diharapkan dapat berkurang dan dengan cara ini diharapkan dana masyarakat dalam bentuk pajak dapat terserap dengan maksimal kepada negara. Masyarakat membayar biaya yang lebih sedikit, dan negara mendapatkan pemasukan secara konsisten.

Namun masih disayangkan hanya beberapa provinsi saja yang manerapkan Samsat online. Semoga dalam waktu dekat, provinsi lain dapat menjiplak sistem Samsat online dari sistem yang sudah ada agar masyarakat mendapatkan transparansi, pemendekan antrian, pengurangan calo, pungli dan dapat menyiapkan dana sesuai dengan tanggungan pajak mereka. (jow)

Perbedaan Pesan Tiket Kereta di Traveloka dan situs PT KAI

Galau ingin pesan tiket kereta api di Traveloka atau situs web resmi PT KAI? Sebelum memutuskannya, coba bandingkan layanan kedua penyedia jasa tiket kereta api resmi di Indonesia ini. Apa saja yang membedakan? Cek langsung ulasannya di bawah ini!

Situs web PT KAI

Sebagai situs web resmi dari PT KAI, tentu saja ada kelebihan tersendiri ketika kamu pesan tiket kereta di sini. Yang terasa nyata adalah rasa percaya, karena sangat kecil kemungkinan penumpang mengalami masalah ketika memesan di sini.

Selalu update

Setiap harinya, situs web resmi PT KAI memberi tahu semua informasi terbaru. Tidak hanya harga tiket dan jadwal keberangkatan kereta, kamu juga bisa tahu berbagai masalah atau hambatan apa yang sedang dialami oleh kereta yang akan ditumpangi. Salah satu contohnya adalah bencana di jalur tertentu yang membuat perjalanan terhambat.

Harga resmi

Yang bisa dipastikan dari pesan tiket kereta di situs web resmi PT KAI adalah harganya resmi. Tidak ada tambahan biaya ketika kamu membeli tiket di sini.

Pilihan pembayaran beragam

Ada beberapa metode pilihan pembayaran untuk tiket yang kamu beli. Baik dengan bank transfer maupun lewat cara lainnya, semuanya tersedia di situs web resmi PT KAI.

Traveloka

Sebagai partner resmi, pesan tiket kereta di Traveloka adalah pilihan yang terbaik selain di situs web PT KAI. Banyak kemudahan yang diberikan oleh Traveloka untuk para penumpang kereta api yang membeli di sini.

Update bersamaan dengan PT KAI

Tidak perlu takut ketinggalan update tiket kereta ketika memesan di Traveloka. Online Travel Agent ini akan mendapatkan update langsung dari PT KAI secara resmi dan di waktu yang sama dengan situs web resmi. Hal ini menjadikan ketersediaan tiket selalu update secara real time.

Harga sama dengan situs web PT KAI

Tidak perlu khawatir soal harga. Ketika kamu pesan tiket kereta di Traveloka, harga yang tersedia sama dengan yang tertera di situs web resmi PT KAI.

Ada banyak promo

Yang paling asyik dari pesan tiket kereta di Traveloka adalah banyak promo atau diskon setiap harinya. Pastikan jangan lewatkan cek menu promo di Traveloka App sebelum memilih tempat duduk yang tersedia.

Pilihan pembayaran beragam

Sama dengan situs web  resmi PT KAI, Traveloka pun menyediakan banyak pilihan metode pembayaran. Mulai dari minimarket, kartu debit, kartu kredit, hingga travelokaPay, semuanya memudahkan transaksi.

Situs web dan aplikasi lebih mudah digunakan

Tampilan aplikasi dan situs web Traveloka lebih mudah digunakan (user friendly). Baik pelanggan lama maupun pembeli baru, semuanya bisa mengakses situs web dan aplikasi Traveloka dengan mudah.

Menunya juga mudah dipelajari dan pengguna dijamin sukses bertransaksi. Jika terjadi masalah, Customer Service Traveloka selalu siap membantu selama 24 jam penuh.

Ternyata, tak banyak perbedaan antara membeli di situs web resmi PT KAI dan Traveloka. Jangan khawatir soal harga dan ketersediaan tiket, meski membeli di Traveloka. Sebaliknya, siapa tahu kamu bisa dapat lebih banyak diskon dengan menggunakan Traveloka App. (jow)

Berkunjung ke 5 Spot Wisata Indonesia yang Makin Terkenal Setelah Jadi Lokasi Syuting Film

Gereja Ayam (Instagram)

Dalam beberapa tahun belakangan ini, semakin banyak film karya anak bangsa tayang di layar lebar. Film-film itu selain mendatangkan keuntungan bagi pihak pembuat film, juga menguntungkan pengelola tempat-tempat wisata. Pasalnya, ada beberapa spot wisata yang akhirnya jadi makin terkenal setelah dijadikan lokasi syuting film-film itu. Di mana saja? Berikut 5 lokasinya.

1. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha (Instagram)

Masih ingat adegan “Petualangan Sherina” di mana Sherina dan Saddam bersembunyi di sebuah gedung dari kejaran penculik? Ya, gedung itu adalah Observatorium Bosscha. Tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia ini terletak di daerah Lembang, Bandung. Di dalamnya terdapat bebrapa buah teleskop besar, di antaranya adalah teleskop Refraktor Ganda Zeiss, Schmidt Bima Sakti, Refraktor Bamberg, dan Cassegrain GOTO.

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur (Instagram)

Candi yang bisa disebut sebagai candi terbesar di dunia. Nggak heran jika banyak sineas luar akhirnya tertarik untuk menjalani syuting di sini. Salah satunya adalah untuk lokasi film “Java Heat”. “Java Heat” adalah satu-satunya film yang mendapatkan izin syuting di kawasan Candi Borobudur. Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini memang memiliki aturan yang sangat ketat. Karena muncul dalam film tersebut, akhirnya banyak turis mancanegara yang penasaran dan mendatangi Candi Borobudur.

3. Benteng Van der Wijck

Benteng Van der Wijck (Instagram)

Benteng ini terletak di daerah Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Ia berdiri pada tahun 1818 atas prakarsa Jenderal Van den Bosch. Dulunya, benteng ini didirikan dengan tujuan untuk memperkuat pertahanan dan mempersempit ruang gerak musuh di Kedu Selatan. Nah, dalam film “The Raid 2: Berandal”, benteng ini dijadikan sebagai tempat tahanan saling bertarung satu sama lainnya.

4. Gereja Ayam

Gereja Ayam (Instagram)

Objek wisata ini menjadi semakin hits berkat jadi lokasi syuting film “Ada Apa dengan Cinta? 2”. Makin banyak turis, terutama anak-anak muda, yang antusias mengunjungi tempat ini setelah menonton filmnya. Bangunan yang sempat terbengkalai sejak tahun 1990-an ini terletak di atas Bukit Rhema di daerah Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah.

5. Air terjun Tanggedu

Air terjun Tanggedu (Instagram)

Objek wisata yang satu ini sempat muncul dalam film “Susah Sinyal” garapan Ernest Prakasa. Meski untuk menuju ke sana harus menempuh perjalanan yang jauh dan agak melelahkan, pemandangan yang disuguhkan oleh air terjun yang berjarak sekitar 45 km dari Kota Waingapu ini sungguh nggak mengecewakan.

Sudahkah kamu mengunjungi kelima tempat di atas? (tom)

5 Seleb Cantik Keturunan Arab, Istri Idaman Banget!

Seleb cantik keturunan Arab (Instagram)

Selain blasteran Inggris atau Jepang, beberapa artis terkenal di Indonesia ternyata juga ada yang keturunan Arab. Nggak heran, mereka memiliki wajah yang cantik khas Arab. Siapa saja mereka? Berikut ini 5 di antaranya.

1. Nabila Syakieb

Nabila Syakieb (Instagram)

Sejak muncul di sinetron jadul “Cinta SMU”, Nabila mampu memikat hati para pemirsa layar kaca, terutama di kalangan remaja pria. Dagu runcing, hidung mancung, mata lebar, alis tebal alami, dan bulu mata panjang nan lentik adalah ciri khas kecantikan Nabila. Ada satu hal yang pasti membuat kamu jatuh cinta dengan Nabila, nggak cuma cantik, gadis keturunan berdarah Arab- Bogor ini juga jago berkuda.

2. Zee Zee Shahab

Zee Zee Shahab (Instagram)

Zee Zee memulai karirnya didunia modeling sejak kecil. Memiliki wajah Arabic menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi Zee Zee. Gadis berdarah Arab-Betawi ini memiliki peningkatan karir yang signifikan di dunia hiburan setelah berhasil menjadi juara Gadis Sampul sebuah majalah remaja. Dengan rahang yang tirus, bulu mata panjang, tebal dan lentik membuat Zee Zee banyak dikagumi oleh cowok.

3. Fairuz A Rafiq

Fairuz A Rafiq (Instagram)

Mantan Istri Galih Ginanjar ini memiliki wajah Arabic yang sangat tegas. Struktur wajahnya bak manekin model hijab, hidung mancung, mata lebar, alis hitam tebal, dagu tirus, dan bibir mungil. Fairuz kerap jadi langganan bintang FTV sejak tahun 2008. Kini dia pun sudah menikah lagi dengan Sonny Septian dan dikaruniai seorang putri yang cantik.

4. Dhini Aminarti

Dhini Aminarti (Instagram)

Pemilik nama lengkap Dhini Aminarti Maulana tersebut mendapat darah darah Arab dari sang Ibu. Hidung mancung, mata lebar nan tajam adalah ciri kearaban Dhini. Istri dari Dimas Seto ini dulunya juga aktif sebagai bintang FTV dan sudah membintangi puluhan judul sinetron, mulai dari sinetron drama hingga sinetron kolosal.

5. Shireen dan Zaskia Sungkar

Shireen dan Zaskia Sungkar (Instagram)

Terakhir ada kakak beradik Sungkar, yaitu Shireen dan Zaskia. Keduanya memiliki beberapa kemiripan, seperti hidung mancung, alis tebal, mata tajam, rahang tirus, dan berhijab. Bedanya Shireen memiliki bentuk bibir yang lebih seksi dan penuh. Wajah Arabic Shireen juga lebih tegas dibandingkan dengan Zaskia yang tampak lebih imut.

Dari kelima artis di atas, mana yang tipe kamu banget untuk dijadikan istri? (tom)

Ini Pencetus THR Saat Mau Lebaran, Kamu Harus Berterima Kasih Padanya

Ilustrasi THR (Telusur)

Apakah kamu sudah dapat THR untuk tahun ini? Bila sudah dapat, apakah kamu tahu apa itu THR? THR adalah hak pendapatan pekerja yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja menjelang Hari Raya Keagamaan yang berupa uang. Lalu, dari mana asal usul THR ini?

Dilansir dari Kabarburuhcom, Jumat (8/6/2018), sejarah kemunculan THR pertama kali itu muncul pada masa pemerintahan Presiden Sukarno, tepatnya pada era kabinet Soekiman Wirjosandjojo. Kabinet tersebut dilantik pada tahun 1951 dan memiliki program yang salah satunya untuk meningkatkan kesejahteraan pamong pradja yang kini dikenal dengan sebutan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pada awalnya, tunjangan diberikan hanya kepada aparatur negara saja. Pemberian tunjangan ini merupakan sebuah strategi agar para PNS di masa itu memberikan dukungan kepada kabinet yang sedang berjalan.

Soekiman Wirjosandjojo (Chirpstory)

Saat pelaksanaannya, Kabinet Soekiman membayarkan tunjangan kepada para pegawai di akhir bulan Ramadan berjumlah sekitar Rp 125 atau sekitar Rp 1,1 juta di masa sekarang hingga Rp 200 atau setara Rp1,75 juta.

Nggak hanya uang, kabinet Soekiman sendiri juga memberikan tunjangan lain berupa beras. Namun, kebijakan tunjangan yang hanya diperuntukkan PNS ini mendapat gelombang protes dari kaum buruh.

Mereka pun juga meminta agar nasibnya turut diperhatikan oleh pemerintah. Para buruh tersebut melancarkan aksi mogok pada 13 Februari 1952 dengan tuntutan agar diberikan tunjangan dari pemerintah di setiap akhir bulan Ramadan. Kebijakan dari Kabinet Soekiman ini dianggap pilih kasih oleh para buruh. Karena hanya memberikan tunjangan kepada pegawai pemerintah.

Diketahui, pada masa itu, aparatus pemerintah Indonesia masih diisi oleh para kaum priyayi, ningrat, dan kalangan atas lainnya. Tentunya, para buruh merasa hal tersebut nggak adil karena mereka juga merasa turut bekerja keras bagi perusahaan-perusahaan swasta dan milik Negara, namun mereka tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Namun kebijakan tunjangan dari kabinet Soekiman akhirnya menjadi titik awal bagi pemerintah untuk menjadikannya sebagai anggaran rutin Negara. Tahun 1994 pemerintah baru secara resmi mengatur perihal THR secara khusus. Peraturan mengenai THR ini dituangkan di dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No. 04/1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja di Perusahaan.

Ilustrasi THR (Aceh24)

Dalam peraturan tersebut, dijelaskan bahwa pengusaha wajib memberikan THR kepada para pekerja yang telah bekerja selama tiga bulan secara terus menerus ataupun lebih. Besaran THR yang diterima pun disesuaikan dengan masa kerja.

Pekerja yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih menerima sebesar satu bulan gaji. Sementara pekerja yang mempunyai masa kerja tiga bulan secara terus menerus, tetapi kurang dari 12 bulan diberikan secara proporsional dengan masa kerjanya, yakni dengan perhitungan masa kerja/12 x 1 (satu) bulan gaji.

Pada tahun 2016, pemerintah melalui Kementrian Ketenagakerjaan, merevisi peraturan mengenai THR tersebut. Perubahan ini tertuang dalam peraturan menteri ketenagakerjaan No.6/2016. Peraturan terbaru itu menyebutkan bahwa pekerja yang memiliki masa kerja minimal satu bulan sudah berhak mendapatkan Tunjangan Hari Raya. Selain itu kewajiban pengusaha untuk memberi THR nggak hanya diperuntukan bagi karyawan tetap, melainkan juga untuk pegawai kontrak, termasuk yang bekerja berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT) maupun perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT).

Nah, jika kamu sudah menerima THR, maka kamu wajib berterima kasih pada Soekiman Wirjosandjojo. Berkat dia, kini kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan tiap tahunnya. (tom)

Bosan Kue Lebaran Itu-itu Saja? Kamu Bisa Coba Black Nastar, Anti Mainstream!

Black Nastar (Instagram)

Sebentar lagi kita akan menuju ke momen Lebaran. Biasanya, momen Lebaran itu identik dengan kue-kue kering, seperti putri salju atau yang paling dicari, yaitu nastar. Walaupun banyak kreasi nastar, namun bila tampilan dan rasanya seperti itu-itu terus pasti lama-lama kamu bakal bosan.

Jika kamu merasa bosan dengan kue Lebaran yang itu-itu saja, maka kamu bisa mencoba kue Lebaran yang lain daripada yang lain, yaitu Black Nastar alias nastar hitam. Nggak hanya warnanya yang berbeda, black nastar ini juga punya rasa coklat yang pekat. Untuk membuatnya, kita perlu menambahkan coklat bubuk pada adonan nastar. Selain dengan tambahan coklat, warna hitam dari black nastar juga bisa diperoleh dengan penggunaan tepung beras hitam.

Black Nastar (Instagram)

Kombinasi rasa coklat pada adonan kue dan selai nanas sebagai isian black nastar ternyata bisa menjadikan hidangan kue lebaran yang lezat. Nastar coklat ini pertama kali diperkenalkan oleh Sahak Pribadi yang kemudian menjadi terkenal di seluruh Indonesia.

Untuk bentuknya, black nastar juga bisa kita kreasikan sesuka hati, Ada yang membuatnya bulat seperti nastar biasa, menyerupai buah manggis, hingga berbentuk seperti bunga dan donat mungil. Cara pembuatannya sama dengan nastar biasa, yang berbeda adalah adanya tambahan bahan yang nggak ada dalam nastar biasa.

Black Nastar (Instagram)

Kalau kamu penasaran ingin membuat sendiri nastar hitam ini, bahan yang dibutuhkan untuk membuat black nastar adalah 3 kuning telur, 1 putih telur, 200 gram margarin, 100 gram butter, 250 gula palem, seperempat sendok teh garam, 425 gram tepung terigu, 25 gram susu bubuk, 50 gram coklat bubuk, 30 gram maizena, dan 500 gram selai nanas untuk isiannya.

Jika kamu nggak ingin membuatnya sendiri dan ingin beli jadi, kamu bisa membelinya lewat online shop, karena banyak toko yang sudah membuat nastar hitam ini. Mengenai enak atau tidaknya, itu tergantung dari tokonya dan pandai-pandai kamu memilihnya.

Jadi, apakah Lebaran tahun ini di rumah kamu akan ada nastar hitam ini? (tom)

FOTO: Gambar Realistis Superhero Marvel yang Dihasilkan Cuma Pakai Pensil

Sketsa Superhero Marvel (Instagram)

Kamu tentu tahu bahwa superhero yang ada di dalam dunia Marvel itu ada banyak dan beragam. Desainnya yang keren tentu membuat para seniman mencoba untuk mengkreasikan ulang para superhero itu menurut imajinasi mereka sendiri. Salah satu seniman yang mampu mengkreasikan para superhero tersebut adalah pemilik akun Instagram bernama @iainreed.

Berbeda dengan seniman lain yang menggambar para superhero itu lengkap dengan warnanya, pemilik akun Instagram ini justru lebih simpel dalam menggambar superhero Marvel, yaitu hanya dengan menggunakan pensil. Namun jangan salah, meski hanya pakai pensil, gambar yang dihasilkan cukup realistis lho. Penasaran? Langsung lihat karya-karyanya berikut ini.

1. Ini dia si Juggernaut, sang antagonis dalam dunia “X-Men”

Juggernaut (Instagram)

2. Deadpool, sang superhero nyeleneh

Deadpool (Instagram)

3. Groot, salah satu personel Guardians of the Galaxy

Groot (Instagram)

4. Doctor Strange, sang dokter bedah yang banting setir jadi penyihir

Doctor Strange (Instagram)

5. Bucky alias Winter Soldeir, teman dari Steve Rogers alias Captain America

Bucky alias Winter Soldier (Instagram)

6. Black Widow, teman dari Clint (Hawkeye) dan mungkin jadi kekasih dari Bruce Banner (Hulk)

Black Widow (Instagram)

7. Peter Quill alias Star-Lord, yang jadi ‘musuh’ para penonton “Avengers: Infinity War”

Star-Lord (Instagram)

8. Bruce Banner alias Hulk

Hulk (Instagram)

9. T’Challa alias Black Panther

T’Challa (Instagram)

10. Thor sang Dewa Petir

Thor (Instagram)

11. Tony Stark alias Iron Man

Tony Stark (Instagram)

12. Thanos, antagonis “Avengers: Infinity War”

Thanos (Instagram)

13. Corvus Glaive, anggota Black Order bawahan Thanos

Corvus Glaive (Instagram)

14. Ebony Maw, juga anggota Black Order

Ebony Maw (Instagram)

15. Black Dwarf, juga bawahan Thanos

Black Dwarf (Instagram)

Keren-keren ‘kan karyanya? Apakah kamu juga bisa membuat karya keren seperti di atas? (tom)

Nurul Shamsul, Cewek Blasteran Indonesia-Malaysia Jadi Finalis Miss Universe Asal Asia Tenggara Pertama yang Berhijab

Nurul Shamsul (Instagram)

Ajang Miss Universe bisa dibilang sebagai salah satu ajang kecantikan yang bisa membawa nama suatu negara ke internasional. Indonesia sendiri sempat beberapa kali mengikuti ajang tersebut, namun sayangnya harus terhenti di tengah-tengah tanpa membawa gelar Miss Universe. Untuk tahun ini, ada satu sosok yang menjadi perhatian. Dia adalah Nurul Shamsul. Siapa dia?

Nurul Shamsul adalah cewek keturunan Indonesia-Malaysia yang berhasil menjadi finalis Miss Universe 2018. Menariknya, Nurul adalah orang berhijab pertama asal Asia Tenggara yang mengikuti ajang tersebut. Cewek berusia 20 tahun itu berhasil memasuki Top 20 di ajang Miss Universe New Zealand 2018.

Nurul Shamsul (Instagram)

Nurul Shamsul melalui Instagram menyebutkan sebagai seorang wanita yang mengenakan hijab, ia berambisi menjadi yang pertama di Selandia Baru untuk masuk ke final dan menjadi yang pertama untuk mencapai pencapaian tersebut.

“Saya harap kesempatan ini dapat menghapuskan jarak serta stereotipe. Saya juga berharap secara bersama-sama kita dapat mendefinisi ulang arti kecantikan yang sesungguhnya,” ucapnya.

Di postingan lainnya, Nurul menyebutkan menjadi seorang Muslim tetap prioritas utama dalam kepercayaannya meskipun ia berpartisipasi dalam sebuah ajang kecantikan.

Nurul menyebutkan di sebuah balasan komentar di Instagramnya bahwa ibunya merupakan orang Indonesia dan ayahnya orang Malaysia. Ia juga menerangkan bahwa saat ini ia sedang menempuh kuliah di University of Waikato, jurusan Psikologi dengan konsentrasi peraturan sosial.

“Saya ingin menolong masyarakat agar berkembang dan lebih bebas serta mendukung serta menginspirasi banyak perorangan di kedepannya,” ucapnya.

Nurul Shamsul dan para peserta Miss Universe lainnya (Instagram)

Meski Nurul adalah cewek pertama asal Asia Tenggara yang berhijab dalam ajang Miss Universe, Nurul bukanlah cewek Muslim pertama yang mengikuti ajang kecantikan, Sebelumnya, seorang keturunan Somalia-Amerika bernama Halima Aden juga melakukan hal yang sama saat berpartisipasi dalam ajang Miss Minnesota USA.

Final dari ajang Miss Universe New Zealand 2018 akan diadakan pada tanggal 4 Agustus mendatang. Semoga Nurul bisa menang. (tom)

Ini 5 Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Singgahi Saat Mudik Lewat Jalur Pantura

Batang Dolphin Center (Instagram)

Bagi yang sering mudik tiap tahun, mungkin sudah familiar dengan yang namanya Jalur Pantura alias Jalur Pantai Utara. Biasanya, jalur tersebut akan macet apalagi saat musim mudik seperti sekarang ini. Untuk menghilangkan penat, kamu bisa mampir ke 5 destinasi wisata ini yang berada di sepanjang Jalur Pantura.

1. Kolam Ikan Dewa Cibulan

Kolam Ikan Dewa Cibulan (Instagram)

Objek wisata berupa pemandian ini menyediakan ikan-ikan yang dikeramatkan seperti ikan dewa untuk menjadi teman kita saat berenang. Pemandian ini menyediakan 2 kolam utama berbentuk persegi panjang. Kolam pertama memiliki kedalaman sekitar 2 meter sedangkan kolam kedua hanya berkedalaman sekitar 60 cm hingga 120 cm. Air kolam ini diambil langsung dari mata air sehingga airnya sangat segar dan dingin serta bebas kaporit.

2. Batang Dolphins Center

Batang Dolphin Center (Instagram)

Nggak perlu ke Pantai Lovina, Bali, untuk melihat lumba-lumba. Cukup datang ke Batang Dolphins Center di Jawa Tengah, kamu sudah bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba yang lucu. Batang Dolphins Center merupakan tempat penangkaran sekaligus objek wisata yang menampilkan atraksi lumba-lumba yang dikelola oleh Taman Safari Indonesia. Di sana, kamu bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba, seperti melompat, menari, bermain bola, dan masih banyak lagi.

3. Taman Lampion Solo

Taman Lampion (Instagram)

Melintasi Solo pada malam hari, bukan berarti kamu nggak bisa berwisata. Ada Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang terkenal dengan Solo Zoo. Kini tempat tersebut ramai dikunjungi malam hari dengan ribuan lampionnya. Wahana rekreasi keluarga di TSTJ juga dilengkapi dengan beragam aneka wahana permainan seru, seperti Air Mancur Menari (Dancing Fountain) yang dimainkan setiap pukul 19.00, 20.00 dan 21.00 WIB. Selain itu disediakan pula wahana permainan untuk anak-anak, antara lain komidi putar, bom bom car, dan kereta mini.

4. Masjid Namira, Lamongan

Masjid Namira (Instagram)

Selain wisata alam, kamu juga bisa wisata religi di Masjid Namira, yang terletak di Lamongan. Selain megah, masjid ini kian dikenal karena memiliki koleksi yang terbilang unik, yaitu kain penutup Ka’bah asli dari Mekah, Arab Saudi. Jadi buat kamu yang belum bisa menunaikan ibadah haji atau umroh namun ingin melihat kain Ka’bah, bisa mengunjungi masjid ini.

5. Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam (Instagram)

Sesuai namanya, Monumen Kapal Selam memang monumen berbentuk kapal selam asli, yang dialihfungsikan jadi seperti museum. Di dalamnya, kamu bisa melihat berbagai macam informasi terkait sejarah kapal selam Indonesia. Lebih menariknya lagi, kamu juga bisa menonton video tentang sejarah kapal selam, dan juga menikmati live music di hari Sabtu dan Minggu.

Apakah kamu sudah mulai bersiap-siap untuk mudik? Jika sudah, jangan lupa untuk mampir ke 5 tempat di atas ya. (tom)

Keren, Bawakan Lagu Tradisional, Paduan Suara Asal Indonesia Ini Juara di Festival Austria

Telkom University Choir (Beureum)

Beberapa waktu lalu, paduan suara Indonesia, The Resonanz Children’s Choir (TRCC), berhasil jadi juara di Eropa. Kini, prestasi serupa berhasil dihasilkan oleh paduan suara dari Telkom University Choir.

Telkom University Choir berhasil meraih juara satu dalam ajang 31st International Franz Schubert Choir Competition di Vienna, Austria, yang diadakan oleh Interkultur, penyelenggara kompetisi dan festival paduan suara di Jerman, pada 30 Mei-3 Juni 2018. Nggak tanggung-tanggung, Telkom University Choir diganjar juara satu di dua kategori lomba yaitu kategori Sacred Choral Music (S) dan kategori Mixed Youth Choir (G3).

Telkom University Choir (Telkomuniversity)

Ketua Tim Keberangkatan, Ryan Kurnia Pratama mengabarkan Telkom University Choir mendapat predikat juara di dua kategori, masing-masing, Sacred Choral Music (S) dan kategori Mixed Youth Choir (G3). Dalam kompetisi tersebut, mereka bersaing dengan 17 tim paduan suara lain dari 11 negara seperti Austria, Singapore, Norwegia, Amerika Serikat, dan Denmark. “Tim ini adalah satu-satunya perwakilan Indonesia,” kata Ryan dalam keterangan persnya, seperti dikutip dari Goodnewsfromindonesiaid, Rabu (6/6/2018).

Tim paduan suara yang diperkuat 34 penyanyi dan 1 orang conductor ini menjadi paduan suara pembuka dalam kompetisi yang berlangsung di Votivkirche. Sembari mengenakan tarian dan kostum yang mencirikan identitas kebudayaan dari Indonesia, ungkap Ryan, mereka membawakan lagu-lagu tradisional Indonesia.

Dalam kompetisi ini Telkom University Choir berhasil mendapatkan juara kategori di 2 kategori dengan predikat Gold Diplome Level VI dan mendapatkan skor tertinggi pada kompetisi tersebut serta medapatkan Qualified I sebagai kualifikasi untuk mengikuti kompetisi tertinggi di Interkultur.

Telkom University Choir (Telkomuniversity)

“Kami sangat bersyukur dengan pencapaian yang telah diraihnya bersama dengan rekan-rekannya. Pencapaian yang didapat dalam kompetisi kali ini bisa menjadi semangat dan acuan untuk menghadapi kompetisi berikutnya,” kata Ketua tim keberangkatan Telkom University Choir, Ryan.

Saat ini Telkom University Choir sedang persiapan menuju kompetisi berikutnya yaitu 9th International Krakow Choir Festival ‘Cracovia Cantans’ Krakow, Polandia yang berlangsung pada tanggal 7-10 Juni 2018. Semoga bisa menyabet juara satu lagi. (tom)

Berkenalan dengan Sasi Asmara, Putri dari Anjasmara yang Cantik Jelita

Sassi Asmara (Instagram)

Beberapa tahun lalu, kemunculan Amanda Annette Syariff sempat menghebohkan karena paras cantiknya. Ia merupakan putri pertama Anjasmara dan Dian Nitami. Bukan anak kandung, Amanda merupakan anak angkat yang sudah lama tinggal bersama Anjasmara dan Dian.

Selain Amanda, kini ada satu lagi anak dari Anjasmara yang juga memiliki paras cantik setelah menginjak remaja. Dia adalah Sasi Asmara. Berbeda dengan kakak cantiknya yang bernama Amanda, Sasi merupakan anak kandung dari Dian Nitami dan Anjasmara. Si cantik ini lahir pada tahun 2003 lalu setelah kedua orang tuanya menikah selama 4 tahun. Kelahiran Sasi ini pun disambut gembira oleh Dian dan Anjasmara yang saat itu sangat menanti kehadiran buah hati. Bukan hanya Dian dan Anjasmara, dua kakak dari Sasi pun bahagia memiliki adik cantik.

Sasi Asmara (Instagram)

Pemilik nama lengkap Sasikirana Zahrani Asmara ini memiliki paras ayu perpaduan dari Anjasmara dan Dian Nitami. Dari mulai alis, mata, hidung hingga bibir, jelas terlihat jika Sasi adalah anak dari Anjasmara dan Dian.

Meski kini masih berusia 15 tahun, ternyata Sasi memiliki kaki jenjang yang cantik. Bukan hanya kakinya saja yang cantik, tubuh dari adik Amanda ini juga semampai. Bisa dikatakan, Sasi sudah terlihat seksi di usianya yang masih muda.

Sasi Asmara (Instagram)

Jika kedua orangtuanya dulu aktif di dunia hiburan, beda halnya dengan Sasi. Sasi lebih memilih untuk serius di bidang olahraga ice skating. Saking seriusnya, Sasi mengikuti kursus hingga kompetisi. Beberapa kompetisi pernah dia ikuti dan dia pun mendapatkan penghargaan atas bakatnya tersebut.

Selain ice skating, ternyata Sasi juga memiliki hobi lain yang nggak kalah menarik. Si cantik ini ternyata hobi banget traveling ke alam terbuka. Nggak sendiri, ia traveling bareng keluarga besarnya. Siapa lagi kalau bukan ayah, ibu, adik dan kakak-kakaknya. Ajang traveling ini sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh Sasi dan keluarga. Bukan tanpa alasan, hobi tersebut bikin mereka semakin dekat satu sama lain.

Sasi Asmara dan dua orangtuanya (Instagram)

Gemar traveling, Sasi juga dikenal sebagai sosok pecinta binatang. Hal ini terlihat dari beberapa foto unggahannya di akun Instagram miliknya. Di satu foto, terlihat dia mengunggah foto bersama dengan seekor anjing. Foto lainnya memperlihatkan dia sedang memegang kucing.

Cantik dan multi talenta sudah cukup untuk bisa menjadikannya berkarier di dunia hiburan. apakah nantinya dia akan berkarier seperti kedua orangtuanya? Kita nantikan saja. (tom)

Eksotisnya 5 Destinasi Wisata di Parigi Moutong, Surga Dunia Sulawesi Tengah

Pantai Kucing (Instagram)

Menikmati pesona keindahan alam Indonesia tidak akan pernah ada habisnya dan dari sekian banyak destinasi wisata, provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di Parigi Moutong dapat menjadi alternatif pilihan destinasi wisata kamu. Ada wisata apa saja di Parigi Moutong? Berikut ini 5 di antaranya.

1. Pantai Tumpapa

Pantai Tumpapa (Instagram)

Pantai Tumpapa merupakan salah satu objek wisata unggulan di provinsi Sulawesi Tengah. Suasana hutan bakau yang masih asri akan menyambut kita ketika memasuki lokasi pantai tersebut. Selain itu, terdapat pula satwa-satwa liar yang hidup di sekitar hutan, seperti burung bangau, biawak, dan elang pantai. Saat tiba di lokasi kita akan disuguhkan hamparan pasir putih yang membentang sepanjang garis pantai dengan ditumbuhi pepohonan.

2. Pantai Kucing

Pantai Kucing (Instagram)

Pantai ini menyuguhkan keindahan yang luar biasa, baik dari segi pemandangan, pasir putih yang halus, vegetasi laut yang menarik, hingga terumbu karang yang terjaga dengan baik. Di Pantai ini telah dibangun resort. Resort ini juga memiliki dive center yang merupakan satu-satunya di Parigi Moutong. Bila ingin menginap di resort ini, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 750 ribu per malam.

3. Pantai Nalera

Pantai Nalera (Instagram)

Pantai ini terletak di Desa Marantale, Kecamatan Ampibabo. Pantainya berpasir putih sehingga sangat cocok untuk mandi dan berjemur. Bila air surut maka akan terbentuk kolam yang dikelilingi oleh karang yang berwarna-warni. Pantai ini berhadapan dengan gunung sehingga menambah keindahan panorama alam saat matahari terbit. Pemandangan bawah lautnya pun nggak kalah memukau.

4. Ampibabo

Ampibabo (Instagram)

Di Ampibabo, tepatnya di Teluk Tomini, kamu bisa melihat berbagai macam terumbu karang yang memanjakan mata. Pemandangan ini disebabkan oleh kondisi perairannya yang kondusif, seperti arus yang tenang dan cahaya matahari yang cukup. Teluk ini menjadi salah satu destinasi selam yang disebut-sebut akan menjadi komoditas unggul milik Kabupaten Parigi Moutong.

5. Puncak Santigi

Puncak Santigi (Instagram)

Untuk bisa mencapai Puncak Santigi ini kamu perlu sedikit usaha, karena tanjakannya dikenal tinggi, jadi kamu harus lebih berhati-hati. Namun begitu mencapai puncaknya, kamu bakal disuguhi pemandangan alam yang tiada duanya, yaitu pemandangan hijau pepohonan, lautan yang biru, dan juga pegunungan. Dijamin, rasa capek kamu saat mendaki gunung ini akan hilang seketika.

Tertarik untuk mengunjungi salah satu dari destinasi wisata Parigi Moutong di atas? (tom)

Aruna dan Lidahnya, Film yang Cocok Buat Kamu Pecinta Kuliner, Nontonnya Bikin Lapar!

Aruna dan Lidahnya (Instagram)

Kamu doyan makan? Bohong jika kamu menjawab nggak doyan makan, karena untuk dapat hidup, semua makhluk hidup, termasuk manusia, harus makan. Hanya saja, porsi makan untuk tiap manusia itu berbeda. Ada yang lebih sedikit, ada yang lebih besar. Nah, jika kamu kebetulan pecinta kuliner, ada satu film nih yang cocok untuk kamu. Judulnya “Aruna dan Lidahnya”.

Film tersebut adalah adaptasi dari novel berjudul sama karya Laksmi Pamuntjak. Film yang disutradarai oleh Edwin dan naskahnya ditulis Titien Wattimena tengah dalam penggarapan rumah produksi Palari Films.

Mengisahkan tentang persahabatan dan kuliner, film ini juga berbalut intrik dan konspirasi. Yang lebih menarik, film ini adalah film ‘reuni’ antara Dian Sastrowardoyo dengan Nicholas Saputra, yang dikenal merupakan duet dalam film “Ada Apa dengan Cinta?”. Selain mereka berdua, film ini juga dibintangi oleh Oka Antara dan Hannah Al Rashid.

Para pemain Aruna dan Lidahnya (Beritagar)

Film ini bercerita tentang perjalanan seorang wanita bernama Aruna yang berusia 30 tahun. Meski sudah umurnya sudah matang, dirinya tetap bahagia sebagai seorang single dengan passion utamanya menjadi ahli wabah. Wanita yang berpikir dan terobsesi tentang makanan setiap harinya ini, suatu kali ditugaskan untuk menginvestigasi kasus flu burung yang merebak di beberapa tempat di Indonesia.

Dirinya pun membawa tiga orang temannya, yaitu Bono seorang koki profesional, Nad sang kritikus kuliner, dan kawan lamanya Farish. Seiring dengan kisah penyelidikan, terungkap pula banyak hal lainnya yang menambah bumbu dinamika cerita dalam film.

Para pemain dan staf Aruna dan Lidahnya (Beritasatu)

Dalam film ini nantinya akan menampilkan berbagai macam kuliner khas Indonesia, yang mungkin saja bisa membuat kamu lapar saat menontonnya. Ada baiknya nanti kamu nonton film ini dulu sebelum makan, sehingga makannya bisa lebih nikmat.

Rencananya, film “Aruna dan Lidahnya” siap tayang di bioskop pada akhir September 2018 mendatang. Semoga saja film ini juga meraup banyak penonton dan menjadi film sukses. (tom)

5 Seleb Cantik Ini Keturunan Jepang Lho, Ada Idola Kamu?

Seleb Indonesia (Instagram)

Di antara seleb yang ada di Indonesia, ada beberapa yang merupakan keturunan alias blasteran. Selain blasteran Inggris seperti Kimberly Ryder, ada juga seleb yang merupakan keturunan Jepang. Siapa saja mereka? Berikut kelimanya.

1. Yuki Kato

Yuki Kato (Instagram)

Yuki Kato adalah mantan artis cilik yang populer di Indonesia. Dari namanya saja, sudah jelas kalau Yuki ada kaitannya dengan negara Jepang. Ayah Yuki, Takeshi Kato, berasal dari Jepang. Yuki sendiri memilih untuk jadi WNI dan nggak mengikuti kewarganegaraan ayahnya.

2. Michelle Ziudith

Michelle Ziudith (Instagram)

Aktris film populer ini, ternyata memiliki darah keturunan Jepang. Michelle sendiri adalah keturunan asal Jawa, Belanda, dan Jepang. Michelle mengawali karier dengan mengikuti ajang Miss Celebrity tahun 2010, dan kariernya pun menanjak sejak sudah di beberapa film populer, seperti “Magic Hour” dan “London Love Story”.

3. Ayana Shahab

Ayana Shahab (Instagram)

Ayana Shahab dikenal sebagai salah satu member dari JKT48. Ia memiliki keturunan Jepang yang didapatkannya dari ibunya yang bernama Naomi Hatoyama. Ayana sendiri lahir di Osaka, Jepang. Kemungkinan dia juga memiliki darah Arab, dilihat dari namanya yaitu Shahab.

4. Claudy Putri

Claudy Putri (Instagram)

Claudy yang terjun di dunia hiburan Indonesia sejak tahun 2012 ini juga memiliki keturunan Jepang. Meskipun dia punya keturunan Jepang, tapi dari gaya bicaranya Claudy ‘medok’ banget. Jadi mungkin ketika kamu melihat Claudy, dari wajahnya yang oriental, akan kaget ketika mendengar Claudy bicara.

5. Aelke Mariska

Aelke Mariska (Instagram)

Sosoknya makin dikenal sejak menjadi bintang iklan minuman ber-ion. Karena wajahnya yang Jepang banget, nggak ada yang nyangka bahwa dia adalah orang Indonesia keturunan Jepang. Meski demikian, Aelke mengaku bahwa keturunannya itu nggak langsung dari orangtuanya, melainkan dari neneknya. Selain keturunan Jepang, ternyata Aelke juga keturunan Betawi.

Dari kelima seleb di atas, mana yang jadi idola kamu? (tom)

Keren, Cinta Laura Bintangi Film Horor yang Tayang di Netflix, Seseram Apa?

Cinta Laura (Instagram)

Di antara aktor dan aktris yang berasal dari Indonesia, ada beberapa yang sudah sukses membintangi film Hollywood. Contohnya adalah Iko Uwais, Joe Taslim, hingga Cinta Laura. Bicara tentang Cinta Laura, baru-baru ini dia mengumumkan bahwa dia akan membintangi film terbarunya yang bergenre horor, yaitu “Nanny’s Surveillance”.

Cinta Laura mengungkapkan hal itu melalui akun Instagram pribadinya, @claurakiehl. Menurutnya, ia sudah sejak lama nggak sabar untuk memberi tahu kepada para penggemarnya tentang film terbarunya itu, dan akhirnya baru kesampaian belum lama ini.

Bukan sebagai peran pembantu, film horor yang ditayangkan di Netflix tersebut menjadikan Cinta Laura sebagai tokoh utamanya. Dalam film itu, dia berperan sebagai seorang pengasuh anak jahat bernama Rachel.

Poster Nanny’s Surveillance (Twitter)

Film besutan sutradara Olumide Odebunmi itu menceritakan tentang sepasang suami istri yang mengadopsi seorang anak. Karena kerepotan dalam mengasuh, akhirnya mereka mempekerjakan seorang pengasuh (nanny). Mereka pun menemukan sosok Rachel (Cinta Laura) yang semula terkesan seperti pengasuh yang sempurna.

Namun rumah tersebut kemudian dimasuki oleh penyusup. Demi keamanan, keluarga itu pun memasang teknologi yang sangat canggih sehingga dapat menggantikan peran pengasuh anak.

Pada suatu malam, Rachel ketahuan akan membawa kabur putri adopsi keluarga tersebut. Ternyata, putri adopsi tersebut adalah anak dari Rachel dan ia memiliki masa lalu kelam dengan keluarga itu. Masalah pun dimulai dan aksi teror pun nggak bisa dihindari. Keluarga tersebut harus  berjuang untuk mempertahankan putri adopsinya dan mempertahankan diri dari teror Rachel.

Rencananya, film “Nanny Surveillance” akan tayang tahun ini, namun belum jelas tanggal pastinya. Sambil menunggu, kamu bisa tonton video trailernya berikut ini.

Terlihat dari trailer di atas, akting Cinta Laura terlihat memukau dan alami. Siapa yang sudah nggak sabar ingin nonton film ini? (tom)

Selain Beli Dodol, 5 Destinasi Wisata Keren Ini Juga Harus Kunjungi Saat di Garut

Candi Cangkuang (Instagram)

Garut merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang terkenal sebagai penghasil dodol. Daerah yang juga dikenal dengan hawa dinginnya serta sebutan kota intan ini memang memiliki hal yang indah, termasuk tempat-tempat wisatanya. Jika jalan-jalan ke Garut, jangan lupa untuk sempatkan waktu mengunjungi 5 destinasi wisata berikut ini.

1. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang (Instagram)

Candi Cangkuang bisa dikategorikan unik dan sangat menarik. Selain arsitektur bangunannya, ada pula beragam cerita yang menyelimutinya, seperti cerita tentang Kampung Pulo dimana Candi Cangkuang berada yang hanya dihuni oleh 7 kepala keluarga. Bagi yang tertarik berkunjung ke Candi Cangkuang harus siap-siap dengan rutenya, salah satunya adalah harus melewati danau Cangkuang dengan menggunakan rakit yang terbuat dari bambu.

2. Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah (Instagram)

Pantai Cijeruk Indah memang belum banyak dikenal oleh para wisatawan, namun pemandangannya nggak kalah menawan dan memukau dibandingkan dengan wisata yang sudah terkenal lainnya. Di Pantai Cijeruk Indah memang air lautnya 2 warna, dimana yang di daerah pesisir berwarna biru, sedangkan di bagian muara berwarna hijau kecoklatan. Belum jelas apa yang bisa menyebabkan hal itu, namun justru keunikan itu yang membuat pantai Cijeruk terlihat berbeda.

3. Pantai Taman Manalusu

Pantai Taman Manalusu (Instagram)

Untuk mencapai pantai yang berlokasi di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut ini memerlukan perjuangan yang nggak mudah, namun hasilnya akan memuaskan ketika melihat pantai yang masih asri dengan hiasan batu karang yang dijadikan tempat bemain oleh beragam ikan. Selain itu pantai Manalusu masih bersih dari sampah, sehingga diharapkan buat kamu yang ingin ke sini untuk jangan buang sampah sembarangan.

4. Curug Cikawung

Curug Cikawung (Instagram)

Curug Cikawung memiliki bentuk yang menarik, dimana Curug tersusun sepeti anak tangga alias berundak-undak. Curug Cikawung nggak terlalu tinggi jadi jika kita berminat untuk bekunjung ke curug yang berada di Desa Girimukti, Kecamatan Cisewu ini sebaiknya datang saat musim hujan, karena jika musim kemarau air di Curug Cikawang sedikit dan bahkan bisa kering.

5. Darajat Pass

Darajat Pass (Instagram)

Objek wisata yang ini selalu menjadi favorit, berkunjung ke tempat yang dingin dan menemukan pemandian air panas itu seperti sebuah kenikmatan yang hakiki. Letak pemandian yang ada di sini juga menarik, karena letak kolamnya ada di pinggir tebing yang mana dari tempat tersebut bisa menyaksikan pemandangan kota Garut dari atas bukit sambil berendam. Selain itu pemandian Darajat juga buka selama 24 jam, cocok sekali jika tempat ini digunakan untuk bersantai sambil istirahat setelah berkeliling.

Buat yang belum pernah ke Garut, maka tempat-tempat di atas bisa jadi pilihan kamu untuk berwisata. (tom)

Tayang di Negara Lain, 5 Film Hollywood Ini Ganti Judul, Ada Avengers!

Avengers (Hdwallpapers)

Kalau kamu penyuka film-film Hollywood, jelas sulit menyebutkan filmnya satu persatu, karena memang sudah banyak dan nggak terhitung. Namun, tahukah kamu jika di antara judul-judul film Hollywood itu ada yang mengalami perubahan judul ketika tayang di negara lain? Berikut adalah 5 film yang diganti judulnya saat tayang di negara lain.

1. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone – Harry Potter and the Philosopher’s Stone

Film ganti judul (HAI)

Dalam versi aslinya, yaitu judul yang dipakai di negara Inggris, film pertama Harry Potter ini berjudul “Harry Potter and the Philosopher’s Stone”. Judul tersebut juga merupakan judul asli versi novelnya. Namun, begitu tayang di Amerika Serikat, film itu berganti judul menjadi “Harry Potter and the Sorcerer’s Stone”. Alasannya, kata “Philosopher” diganti “Sorcerer” agar terkesan lebih magis dan lebih familiar ke anak-anak di Amerika Serikat.

2. Live Free or Die Hard – Die Hard 4.0

Film ganti judul (HAI)

Judul “Live Free or Die Hard” sebenarnya diambil dari motto salah satu negara bagian Amerika Serikat, New Hampshire, yang berbunyi “Live Free or Die”. Namun karena masyarakat di luar AS dianggap nggak akan paham referensi ini, dan ini juga adalah seri ke-4, maka banyak distributor asing menggantinya menjadi “Die Hard 4” dan “Die Hard 4.0” agar lebih jelas.

3. Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales – Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge

Film ganti judul (HAI)

Sebenarnya alasan dari pergantian judul film ini masih belum jelas. Namun ada teori bahwa judul “Dead Men Tell No Tales” dianggap terlalu kontroversial mengingat serangan teroris yang baru-baru itu terjadi di Inggris. Karena itulah, di negara lain selain Amerika Serikat, termasuk Inggris, film ini diubah judulnya jadi “Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge” untuk menghindari protes.

4. The Avengers – Avengers Assemble

Film ganti judul (HAI)

Mungkin kamu ada yang sudah tahu. Biasa kita mengenal seri pertama dari Avengers dengan judul “The Avengers”. Namun, judul tersebut diganti menjadi “Avengers Assemble” saat tayang di Inggris. Alasannya adalah “The Avengers” di Inggris dikenal sebagai salah satu judul serial televisi yang populer dari tahun 1961-1969. Akhirnya judul yang dipilih adalah “Avengers Assemble” untuk membedakannya.

5. Zootopia – Zootropolis

Film ganti judul (HAI)

Dikutip dari Insider, ketika ditanya tentang perubahan judul film ini, seorang juru bicara Disney mengatakan, “Di Inggris, kami memutuskan untuk mengubah judulnya menjadi ‘Zootropolis’ agar film tersebut memiliki judul yang unik bagi penonton di Inggris.”

Adakah film favorit kamu dari salah satu film di atas? (tom)

Mau Ngabuburit Sambil Foto-foto? Datang Saja ke Green Gumuk Candi di Banyuwangi yang Instagrammable

Green Gumuk Candi (Instagram)

Saat bulan puasa seperti sekarang ini, sudah pasti banyak orang yang melakukan kegiatan ngabuburit sambil menanti waktu berbuka puasa. Salah satu spot ngabuburit yang bisa kamu kunjungi adalah Green Gumuk Candi di Banyuwangi.

Green Gumuk Candi (Instagram)

Sesuai namanya, Green Gumuk Candi berada Desa Gumuk Candi. Nama ‘green’ disematkan dengan alasan karena pemandangan yang bisa dinikmati di sekitar tempat wisata ini adalah pepohonan hijau. Letak desa ini berada di Songgon, kaki Gunung Raung. Sudah terbayang, hawa sejuk dan adem menjadi bonus jika berkunjung ke kawasan ini. Apalagi, jaraknya hanya butuh berkendara sekitar 30 menitan dari kota.

Green Gumuk Candi (Instagram)

Kerennya lagi, untuk bisa mengunjungi Green Gumuk Candi nggak perlu biaya mahal. Kamu hanya perlu membayar parkir sebanyak Rp 2 ribu dan tiket masuk Rp 5 ribu. Dengan harga segitu, kamu sudah bisa menikmati pemandangan yang indah plus spot-spot selfie yang bakal memperindah akun Instagram kamu.

Green Gumuk Candi (Instagram)

Spot selfienya antara lain ada gardu pandang yang langsung menghadap hutan pegunungan Banyuwanyi yang hijau. Sangat menyejukkan mata. Selain itu, ada panggung bambu yang ditata cantik seperti matahari. Tenang saja, kamu nggak akan ditarik biaya lainnya hanya untuk berfoto. Bebas dan bisa sepuasnya.

Green Gumuk Candi (Instagram)

Selain spot selfie, ada juga wahana seru yang bisa kamu coba. Misalnya ada kolam renang. Bukan yang biasa, air di kolam renang ini berasal dari sumber alami. Ada juga wahana lain seperti sepeda angkasa, yang bakal membuat kamu serasa terbang menggunakan sepeda.

Jadi, buat kamu yang tinggal di Banyuwangi, tunggu apa lagi? Jika ingin ngabuburit, maka Green Gumuk Candi adalah pilihan yang tepat. (tom)