Wednesday, June 19, 2019
Beranda blog Halaman 874

Hidup Bebas Tanpa Hutang ? Bisa kok!

Bebas dari hutang
Freedom Image from Google

Siapa sih yang mau hidup dikerjar-kejar penagih hutang? Nggak ada yang mau kan? Jaman sekarang memang banyak orang yang hidupnya dililit hutang. Bahkan negara adidaya macam Amerika itu aja banyak kok yang penduduknya dililit hutang. Hutang macam apa sih yang banyak melilit masyarakat Amerika itu? Tentu saja jawabannya adalah hutang yang diakibatkan oleh pemakaian kartu kredit secara berlebihan sehingga mereka nggak sanggup lagi buat bayar cicilan tiap bulan.

Lalu, bagaimana dengan di Indonesia? Pastinya banyak banget nih orang yang berhutang di sana-sini. Atau mungkin kamu salah satunya? Jangan khawatir! Kamu nggak sendiri kok.Banyak banget orang yang mengeluh pusing karena mikirin banyak hutang yang nggak juga bisa dibayar. Semua orang pasti pengen hidup bebas tanpa perlu lagi mikirin tentang hutang. Ini bisa jadi nyata kalo kamu ada usaha. Yah.. semua orang tau kalo bicara sih emang gampang tapi prakteknya yang susah. Nah, kalo kamu mikir kayak gitu kamu nggak bakalan maju. Coba deh kamu cari jalan keluar dari lingkaran hutang ini.

Ada dua macam hutang yang bisa kamu temui setiap hari yaitu tipe baik dan buruk. Kalo kamu pengen hidup lebih baik, kamu bisa coba cari tahu lebih dulu tipe hutang kamu.

Tipe baik adalah hutang yang bersifat menguntungkan seperti hutang yang bisa menambah asset kamu. Contoh hutang tipe ini adalah hutang membeli rumah yang kamu beli dengan cicilan. Bayangin aja berapa banyak keuntungan yang kamu dapetin dimasa depan. Nilai tanah selalu bertambah dan pastinya ini bentuk aset yang sangat prospektif.

Hutang tipe buruk adalah hutang yang bersifat konsumtif. Hutang ini contohnya adalah penggunaan kartu kredit secara berlebihan. Kalau kamu nggak bisa mengontrol pengeluaran kamu, semestinya kamu nggak pake kartu kredit. Kartu kredit hanya cocok buat orang yang bisa menggunakannya dengan bijak. Jadi, buat kamu-kamu yang boros, jangan sampe kejerumus dengan kartu kredit yah! Nggeseknya emang asik tapi bayar tagihannya bisa bikin kamu pusing loh.. atau malah kamu bakalan bangkrut karena nggak bisa bayar tagihan kartu kredit. Eittt,,, jangan ketawa dulu! Ini banyak terjadi lohh. Kebnayakan orang â??terlenaâ?? dengan enaknya menggesek kartu kredit. Mudah, praktis, and bergengsi. Tapi apanya yang gengsi kalau punya kartu kredit tapi nggak bisa bayar bulanannya?? Buang jaoh-jaoh deh itu gengsi. Coba bawa duit secukupnya kalau mau belanja. Ini adalah salah satu cara untuk membatasi pengeluaran kamu.

Hampir semua orang pasti punya hutang dan dengan adanya kartu kredit, semua ornag bisa berhutang untuk saat ini tanpa memperdulikan apakah mereka sanggup melunasi apa enggak. Yahh, ini lah resiko dari perkembangan jaman. Tinggal gesek, semua bisa dibeli. Kartu kredit bisa menyebabkan orang masuk lingkaran setan karena orang yang make kartu kredit bakalan sulit untuk lepas dari ketergantungan menggesek kartu kredit. Udah kaya kecanduan kokain aja nihâ?¦

Kalo nggak percaya, coba deh liat orang-orang di antrian pembayaran supermarket, toko-toko elektronik, butik, dan pusat-pusat perbelanjaan yang lain. Pasti deh banyak orang yang suka menggesek kartu kreditnya. Kartu kredit ini memang banyak banget manfaatnya tapi juga bisa menjadi anak panah yang berbalik arah buat menghancurkan perekonomian kamu. Bahaya banget tuh kalo sampe terlena dengan hutang semacam ini. Mendingan kamu infestasi aja deh buat beli rumah atau tanah. Itu jauh lebih bermanfaat ketimbang hura-hura dengan uang yang kamu â??pinjamâ?? dengan menggesek kartu kredit.

Credit Card
Credit Card image from google

Cobalah untuk nggak tergiur dengan tawaran- tawaran yang ada di media. Banyak banget loh pihak-pihak yang nawarin buat beli barang sekarang juga tanpa perlu bayar sekarang. Sekarang juga banyak banget yang menawarkan pembelian barang seperti motor tanpa uang muka. Nah lo! Menggiurkan bukan?

Banyaknya dorongan untuk membeli barang secara kredit ini bukan mustahil untuk dihindari. Kamu mesti sabar dalam menghadapi godaan-godaan macam ini. Biarpun banyak iklan yang menawarkan hutang yang bagus buat masa depan kamu. Tapi sebenarnya tidak ada hutang yang bagus kecuali hutang untuk investasi yang bakalan naik terus nilainya.

Kamu harus betul-betul teliti dalam membedakan hutang yang hanya akan membuat kamu terjerumus dan hutang yang bisa membuat kamu hidup lebih baik.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada juga yang disebut dengan hutang yang baik. Mungkin ada beberapa diantara kamu yang nggak setuju dengan hal ini. Tapi bagi banyak orang, hutang yang baik ini justru sangat membantu buat mengembangkan usaha. Kamu bisa saja berbisnis tanah dan membangun ruko di tanah itu kemudian kamu sewakan pada orang-orang yang mau berjualan di ruko. Ini bisnis yang sangat menguntungkan loh! Kamu bisa meminjam dana untuk pembelian sebanyak mungkin tanah di area yang menguntungkan. Sehingga, hutang kamu bisa dilunasi dengan uang yang kamu dapatkan dari ruko-ruko yang kamu sewakan.

Hutang
Hutang image from Google

Apa ini mungkin? Tentu saja mungkin kalo kamu berani melakukan inovasi. Daripada kamu berhutang yang nggak ada untungnya sama sekali. Mendingan kamu coba berinvestasi. Investasi itu bisa macam-macam loh. Nggak cuman investasi tanah. Coba kamu cari tau apa sih yang bisa dijadikan investasi di lingkungan kamu?

Mulailah membuat suatu resolusi untuk merubah hidup kamu. Roda perekonomuian harus selalu bergerak kan? Nggak mungkin kamu selamanya menjadi bawahan. Cobalah membuat komitmen untuk maju dan mendapatkan hidup yang lebih baik.

Ternyata Tertawa Banyak Manfaatnya Lho!

Pernah nyobain terapi tawa ngga?? Terapi tawa ini terbukti sangat bermanfaat dalam menunda penuaan loh! Buat kamu yang nggak pengen cepet tua? Terapi ini bisa dijadikan pilihan.

Terapi tawa telah terbukti membantu mempercepat penyembuhan, memberikan kebahagiaan, dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Kamu nggak perlu terapi yang aneh-aneh buat dapetin kualitas hidup yang lebih baik. Cukup dengan terapi tawa hidup kamu bakalan lebih menyenangkan dan kamu juga bisa hidup dengan lebih sehat.

Ada banyak banget manfaat dari terapi ini. Contohnya nih:

  1. Menurunkan hormon yang memicu stress. Bersamaan dengan penurunan hormon yang memicu stress, hormon-hormon lain yang menguntungkan bagi tubuh akan meningkat. Cukup dengan tertwa saja, tubuh kamu bisa memproduksi lebih nayak antibodi yang membantu mencegah berbagai macam penyakit menjangkiti tubuh kamu. Pastinya kamu juga nggak bakalan stress kalo ngejalanin terapi ini.
  2. Melatih organ dalam tubuh. Dengan tertawa, kamu bisa ngerasain kalo organ dalam tubuh kamu bergetar. Ini sangat bagus karena ada kontraksi dari beberapa bagian tubuh kamu yang bisa membuat otot-otot dalam tubuh menjadi rileks.
  3. Dengan tertawa kamu juga bisa berlatih buat melepaskan emosi kamu dengan baik. Dengan terapi ini, kamu bakal tau kapan kamu harus menangis dan kapan kamu harus tertawa. Buat kamu yang susah banget menunjukkan perubahan emosi atau mengontrol emosi kamu, terapi ini bakalan cocok banget buat kamu. Emosi kamu bisa diatur sehingga kamu bisa menangis pada saat yang tepat dan tertawa pada saat yang tepat juga. Coba bayangin kalo kamu tersenyum pada saat pemakaman seseorang hanya karena kamu nggak biasa buat menunjukkan perasaan sedih atau bahkan menangis!
  4. Kamu bisa jadi orang yang lebih sabar kalo kamu ikut terapi ini karena terapi ini sangat bermanfaat buat kamu yang pengen meredam emosi yang bersifat negatif seperti amarah, rasa bersalah, stress, dan banyak lagi yang lainnya.
  5. Cukup dengan tertwa atau tersenyum saja kamu bisa nambah banyak temen. Ini sangat bagus buat kamu-kamu yang nggak punya banyak temen dan ngereaasa minder di depan orang lain. Tertwa itu sifatnya menular. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa. Ini sudah terbukti dalam berbagai penelitian. Saat seseorang tertawa, yang lain pasti penasaran dan ingin tahu apa yang ditertawakan. Secara tidak sadar, orang yang sebenarnya tidak tahu-menahu tentang apa yang ditertawakan pun bakalan ikut tertawa.
  6. Penelitian membuktikan kalo rasa takut bisa dihilangkan hanya dengan sedikit humor. Orang yang mereasa dirinya ketakutan atau merasa terancam bisa menghilangkan stressnya jika ada yang mengajaknya bercanda. Jadi, kalo temen kamu ngerasa ketakutan, was-was, tegang, dan lain-lain, kamu bisa menghibur dia dan mencairkan suasana dengan mengajak dia bercanda. Coba hibur dia biar dia lupa dengan perasaan-perasaan nggak enak itu.

Masih belum percaya manfaat-manfaat dari terapi tawa? Coba deh kamu coba hidup lebih baik dengan cara bercanda dengan temen-temen kamu, nonton TV bareng keluarga, dll. Hidup bakalan lebih menyenagkan kalo kamu bisa nikmatin hidup tanpa perlu mikirin beban seacra berlebihan. Kamu bisa jalan-jalan bareng temen-temen kamu, bersantai bareng keluarga, liburan, dan ngelakuin kegiatan menyenangkan laennya. Sering-seringin deh buat bercandaan bareng orang-orang disekitar kamu karena itu bsia membantu kamu ngelupain semua masalah-masalah kamu.

Orang sedang Stress
Orang sedang Stress image from google

Hidup kamu bakalan lebih indah dan tentunya kesehatan kamu juga bakalan membaik. Seperti yang sudah disebutkan di 6 poin tadi. Tertawa bisa bikin sehat, gak cepat stress, gak cepat tua, dan banyak lagi yang laennya.

Kamu bisa mengawali hari dengan bercanda bareng keluarga, tersenyum kalo ketemu orang, dan lain-lain yang bisa membuat hari kamu lebih cerah. Ini adalah salah satu cara buat meningkatkan kualitas hidup kamu dari hari ke hari.

Kalo kamu udah menikah, kamu bisa membuat pernikahan kamu lebih bahagia dengan sering-sering bercanda dengan pasangan kamu. Cobalah untuk sensitif dengan hal-hal yang bersifat lucu. Kalo kamu udah punya keluarga lengkap, kamu bisa ajakin seluruh anggota keluarga buat berbagi pengalaman menyenangkan tiap makan malam. Pengalaman-pengalaman yang lucu, unik, dan menarik pasti bisa bikin semua anggota keluarga tertawa bareng.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakuin, contohnya; nonton film komedi dari jaman lawas, bikin kostum lucu buat kamu dan pasangan kamu ataupun temen kamu, mengingat-ingat lagi kejadian-kejadian lucu yang pernah terjadi. Nonton film komedi dari jaman jadul pasti bisa bikin kamu ngakak apalagi kalo nonton bareng temen, sodara, ato pasangan kamu. Kamu bisa ketawa ngeliat kelakuan orang-orang jaman jadul, baju mereka, dandanan mereka, dan banyak lagi yang laen. Hal-hal kecil seperti itu bisa bikin kamu dan semua orang di sekitar kamu merasa hidup serasa lebih indah dan mudah buat dijalanin.

Kalo kamu bisa ngelakuin semua hal-hal diatas, kamu bisa dapetin kualitas hidup yang jauh lebih baik. Kamu bisa mengurangi stress, dapet banyak temen, dan hidup lebih sehat lagi. Kamu juga nggak bakalan cepet tua dan keriputan karena otot-otot wajah kamu nggak bakalan cepet kendor karena usia.

Buat kamu-kamu yang nggak pengen cepet tua, cobain deh terapi ini. Kamu nggak perlu bayar mahal buat terapi semacam ini karena kamu bisa ngelakuin ini sendiri. Kamu juga nggak perlu buang-buang duit cuman buat beli krim pelambat penuaan dini kalo kamu bisa tetap muda tanpa keluar duit sama sekali. Gampang bukan?

Pramuka, eskul anak sekolah yang tidak ketinggalan jaman

Tiga kali tepuk Pramuka!! Heheheâ?¦kata â?? kata perintah yang sering kita dengar saat duduk di bangku sekolah dasar ini ternyata masih segar dalam ingatan kepala. Tentu pasti masih ingat juga saat kita duduk di bangku SD ada Pramuka tingkat Siaga yang dibagi menjadi 3 tingkatan Siaga Mula,Siaga Bantu, Siaga Tata yang ada di umur 7 â?? 10 tahun. Kemudian diibaratkan naik kelas ke tingkat Penggalang yang dibagi tiga tingkatan lagi, Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap di jenjang umur 10 â?? 15 tahun. Lebih Tinggi lagi ada istilah Penegak yang dibagi dua tingkatan yaitu Penegak Bantara dan Penegak Laksana dimasa ABG alias 15 â?? 20 tahun. Dan mungkin para aktifis Pramuka mengenal dunia Pandega di atas 20 tahun sebagai kasta tertinggi dalam tingkatan kePramukaan.

Kegiatan Ekstrakulikuler sekolah dimana boleh dibilang â??semuanya ada disiniâ?, bagaimana tidak?di kegiatan Pramuka kita bisa mendalami kedisplinan lewat Baris Berbaris khas PASKIBRA, Ketelitian dan mengembangkan jiwa sosial lewat P3K khas PMR, Mendalami perhitungan penaksiran tinggi; lebar; jarak khasnya pelajaran Matematika, bahkan kita pun bisa mengasah panca Indera dengan kegiatan Pramuka yang biasa di sebut Semaphore; Morse; dan KIM. Pramuka adalah Jiwa, cikal dari kedisplinan tinggi dan sebagai awal penggemblengan Mental yang sangat bagus. Dalam hidup dan mencapai suatu tujuan dan prestasi, tidak hanya dibutuhkan skill, pendidikan, dan biaya, tapi lebih daripada itu semua, Mental lah yang menggerakkan seseorang menjadi tidak mudah menyerah dan putus asa.

Kita banyak mengenal Organisasi Pecinta Alam, Organisasi Sosial, yang sebenernya jika kita telusuri lebih jauh, kegiatan Pramuka lah cikal bakal dari pencabangan organisasi tersebut. Jangan lupakan akan kreatifitas dalam kePramukaan, yang merupakan bentuk pengenalan kemampuan diri. Lihatlah Indro WARKOP, komedian terkenal dari grup legendaris WARKOP DKI, dalam suatu sesi wawancara di salah satu stasiun Televisi swasta, dengan lantangnya dia menyebut Pramukalah yang berperan membentuk diri dan mentalnya disamping beliau juga seorang aktifis pecinta Alam saat duduk di bangku SMA dan perkuliahan. Dan mungkin itu hanya salah satu dari publik figur yang berangkat dari seorang anak Pramuka, kita tidak pernah tau siapa lagi putra bangsa yang mungkin tanpa disadari dalam mereka mencapai tujuan, Pramukalah yang menjadi dasar penggemblengan mental mereka pada mulanya.

Pramuka Indonesia mengukir banyak prestasi di dunia, sebagai contoh Kontingen Pramuka Aceh yang mewakili Indonesia kembali meraih penghargaan dalam Jambore Asia Pasifik yang dilaksanakan di Suncheon, Korea Selatan, 4-9 Agustus 2010, yang pada jambore sebelumnya di Filipina, Kontingen Aceh berhasil meraih dua dari lima kategori yang dilombakan yakni festival pakaian adat dan tarian tradisional. Kemudian ada lagi Kali ini prestasi ditorehkan mahasiswi semester tujuh Fakultas Kehutanan UGM, Choiriatun Nur Annisa. Ia terpilih menjadi wakil presiden asosiasi mahasiswa kehutanan sedunia (International Forestry Students` Association/IFSA) melalui pemungutan suara di Sidang Umum IFSA belum lama ini di Bulgaria. Choiriatun Nur Annisa tidak lain adalah Ketua DKC 1205 Kota Yogyakarta. Dia terpilih sebagai wakil presiden asosiasi mahasiswa kehutanan sedunia (International Forestry Students` Association/IFSA). Ada juga cerita prestasi dari tanah Dayak dimana anggota Pramuka sekolah Vidatra menjadi juara umum lomba regu prestasi se Indonesia tahun 2001 dan Jambore Asia Pasifik 2001 mewakili Indonesia di New Zealand. Dan Pramuka Indonesia memiliki anggota sebanyak 17 juta dan menjadi pramuka terbesar di dunia.

Tapi tunggu dulu! Di zaman Facebook, Game Online, dan makin menjamurnya Warnet seperti sekarang ini apakah kegiatan PRAMUKA sudah kalah pamor? Rasanya tidak juga, justru teknologi Internet yang dari hari ke hari makin berkembang pesat dapat dipadukan dengan kegiatan Pramuka yang biasanya terbilang melelahkan, panas, namun tetap menggembirakan. Pengalaman saya selama menjadi pelatih ke Pramukaan, bahwa materi yang diperlombakan dalam suatu kompetisi ke Pramukaan semakin hari semakin berkembang, dengan dipadukannya metode penyampaian beraneka ragam paduan, bisa dengan bahasa Inggris atau berupa media elektronik, Internet, bahkan Facebook sekalipun dapat dimanfaatkan sebagai sarana latihan yang cukup efektif untuk mengasah kemampuan ke Pramukaan yang aplikasinya sedikit banyak menjadi dasar pengembangan banyak disiplin ilmu, sebagai satu contoh saja, dalam ke Pramukaan kita mengenal materi Pioneering, sebuah ajang pelatihan mengenai rancang bangun dengan hanya menggunakan Tongkat dan tali Pramuka, bukankah mirip seperti Ilmu Arsitek dalam dunia pendidikan Perkuliahan?.

Semua itu berawal dari prinsip ke Pramukaan yang selalu gembira, sehingga tanpa disadari lewat kegembiraan tersebut terlahirlah suatu ide dan kreatifitas yang berkembang terus tanpa tergilas kemajuan zaman namun terus mengikuti laju perkembangan zaman secara sistematis dan fleksibel. Terima kasih Pramuka!

5 Senjata Unik yang Digunakan Dalam Perang Dunia II

Mau tau apa saja sih senjata-senjata unik yang digunakan pada masa Perang Dunia 2 ? Coba deh simak artikel ini. Kita bakalan ngebahas abis tentang senjata-senjata unik yang bisa ditemuin waktu Perang Dunia 2.

Kamu pasti tau kan kalau tahun 1939-1945 itu adalah puncak-puncaknya Perang Dunia 2 ? Perang Dunia 2 ini ada karena tentara Sekutu berniat untuk menghentikan Hitler dan tentara Axis-nya. Sekutu berusaha mati-matian untuk menghentikan tentara Axis dengan berbagai cara. Banyak senjata dibuat untuk tujuan yang menghancurkan tentara Axis. Berikut ini adalah deretan senjata-senjata unik yang ada di Perang Dunia 2.

1. Bom Anak Panah Beracun

Bom anak panah
Bom anak panah image from google

Kalian pasti nggak pernah melihat bom semacam ini. Ya, ini memang bom dan bentuknya mirip dengan anak panah. Pada tahun 1941-1944, proyek bom berbentuk anak panah ini adalah proyek sangat rahasia yang dikerjakan oleh ilmuwan-ilmuwan Inggris. Dengan menggunakan bom semacam ini, mereka nggak perlu membidik titik-titik vital karena racun akan bekerja sangat cepat tanpa perlu membidik sasaran dengan tepat. Nggak main-main loh! Bom ini bisa berakibat kematian. Jadi orang-orang yang kena nggak cuman luka-luka tapi langsung mati dalam waktu beberapa jam saja! Sungguh mengerikan!

Parahnya, bom ini membawa 30.600 jarum yang pastinya bakalan mengenai sasaran tanpa harus membidik dengan cermat. Bom ini dirancang khusus untuk membinasakan banyak orang dalam ruang terbuka. Jadi, masih ada kemungkinan untuk selamat asalkan bisa mencari tempat perlindungan waktu bom ini dijatuhkan. Tapi tetap saja ini senjata pemusnah yang nggak seharusnya meramaikan Perang Dunia.

2. Misil yang Dipandu Burung Merpati

Misil Merpati
Misil Merpati image from google

Misil dengan panduan burung merpati ini adalah ide dari orang Amerika yang namanya B.F. Skinner. Dia mempunyai proyek yang namanya â??Proyek Orconâ?. Proyek ini sebenarnya di tujukan untuk pengontrolan secara organik.

Misil ini punya sistem control dengan lensa yang dapat memproyeksi target ke layar. B.F. Skinner menggunakan tiga ekor merpati terlatih buat memandu misil sehingga target dapat ditemukan dan misil bisa diarahkan tepat sasaran. Target bisa dikunci dengan bantuan ke-tiga ekor merpati ini. Sungguh cerdik bukan? Meskipun ide ini mendapat kucuran dana yang cukup besar tapi proyek ini tidak bisa direalisasikan karena pasukan militer Amerika tidak menanggapi ide ini dengan serius. Tapi, apa jadinya kalau mereka merealisasikan ide ini?

3. Jeep Terbang

Jeep Terbang
Jeep Terbang image from google

Melihat namanya saja sudah aneh apalagi melihat gambarnya. Jeep terbang ini dibuat tahun 1940 di Inggris. Sungguh proyek yang sangat gila! Kenapa dibilang gila? Karena ini hal yang pertama kali dilakukan sejak pesawat terbang ditemukan. Penggabungan dua kendaraan ini dinamakan â??Rotabuggyâ?.

Banyak tes dilakukan buat membuktikan kalau Jeep ini gak mungkin rusak meskipun dijatuhkan dari ketinngian tertentu. Sebenarnya proyek ini bisa dibilang cukup sukses karena para pembuatnya bisa membuktikan kalau Jeep terbang ini memang bisa terbang meskipun agak sulit untuk dikendalikan. Sayangnya, Jeep ini tidak diproduksi lagi meskipun terbukti kalau Jeep ini bisa dikendalikan dan juga sangat bermanfaat. Ini dikarenakan pada saat itu Jeep semacam ini tidak banyak dibutuhkan.

Orang-orang Inggris lebih memilih untuk berkonsentrasi pada pengembangan proyek Horsa 2 dan juga Hamilcar. Benar-benar sayang banget, padahal ini ide yang sangat hebat dan terbukti bisa direalisasikan. Coba bayangkan kalau ide ini direalisasikan waktu itu? Pasti sekarang kita bisa nemuin banyak mobil yang bisa terbang.

4. Kapal-Kapal Es

Kapal Es
Kapal Es image from google

Pernah melihat kapal es? Pasti belum pernah karena kapal semacam ini cuma diproduksi pada jaman Perang Dunia 2. Ini adalah jalan keluar untuk menghadapi U-boats milik Jerman yang terkenal dapat mengancurkan banyak kapal-kapal lawan. Kapal es ini sebenarnya adalah ide dari Lois Mountbatten yang berusaha melindungi kapal-kapal dagang tentara sekutu. Ia berusaha membuat kapal yang sangat besar tapi nggak menghabiskan dana untuk melindungi kapal-kapal dagang Inggris. Dengan membuat kapal semacam ini, mereka bisa melindungi barang-barang mereka dari serangan tentara Axis.

Sebenarnya proyek ini sudah dapat perhatian khusus oleh Churchill. Tapi, proyek ini dibiarkan terbengkalai karena pada saat pengerjaan, perang Atlantik sudah dimenangkan oleh pihak sekutu. Jadi sudah pasti mereka nggak perlu lagi membuat kapal es untuk melindungi kapal-kapal dagang mereka dari serangan kapal-kapal tentara Axis. Kalau perang sudah selesai, buat apa menghabiskan waktu?

5. Anjing Anti Tank

Anjing anti tank
Anjing anti tank image from google

Anjing-anjing anti tank adalah anjing-anjing yang dilatih oleh militer Uni Soviet untuk mencari makanna yang ada di bawah tank ataupun kendaraan-kendaraan tempur yang lain. Anjing-anjing itu dengan sengaja tidak diberi makanan dan mereka dilengkapi dnegn bom yang dipasang di punggung mereka.

Anjing-anjing anti tank dibiarkan berkeliaran di area yang dilewati oleh tentara lawan. Detonator bom akan meledakkan bom ketika anjing pembawa bom melewati bawah tank. Tentunya ini ide yang sangat menguntungkan buat tentara Uni Soviet karena mereka nggak perlu menghadapi lawan mereka secara langsung. Cukup mengirim anjing-anjing pembawa bom saja, mereka sudah dapat menghabisi banyak tentara lawan sekaligus.

Ide ini sungguh sangat biadab karena mereka memanfaatkan makhluk hidup untuk membunuh manusia yang lain. Mungkin kamu nggak bakalan nemu catatan sejarah tentang anjing anti tank di buku pelajaran sekolah. Tapi, kamu perlu tahu kalau tentara Soviet pernah menggunakan anjing-anjing kelaparan untuk mengabisi musuh-musuh mereka.

Coba bayangkan kalau senjata-senjata diatas terealisasi semua? Pastinya Perang Dunia 2 bakalan memusnahakan jauh lebih banyak lagi manusia. Tentunya Perang Dunia Cukup sampai di sini saja. Jangan sampai kita menghadapi Perang Dunia 3 di masa depan.

Sumber referensi :
//www.weirdworm.com/5-weird-weapons-of-world-war-ii-the-allies/

Kehidupan Baru Selain Dunia Nyata

Masih ingat lagu Saykoji yang berjudul online yang booming beberapa waktu lalu? Sadar atau tidak lagu itu merepresentasikan orientasi perilaku kebanyakan orang saat ini, termasuk saya. Mulai dari awal kita membuka kelopak mata kita sampai kita kembali membuka kelopak mata kita keesokan harinya. Bahkan ada teman saya yang pernah tidak tidur karena keasyikan berselancar dan bersosialisasi di forum-forum maya.

Dahulu, ketika fenomena online ini belum segencar saat ini, kita melewati sekuens yang baku untuk menjalani rutinitas kita setiap hari. Bangun pagi, mandi, makan, beraktivitas, pulang, tidur, hingga bangun pada keesokan pagi. Saat ini sekuens tersebut menjadi tidak baku lagi. Budaya yang tak sadar kita sisipkan sendiri dalam rangkaian aktivitas harian kita sehingga menjadi : Bangun pagi, meng-update status facebook, mandi, makan sambil sibuk ber-BBM ria, beraktivitas sambil chat via Yahoo Messenger, memeriksa email, Posting blog, update status (lagi), dan tidur. Berapa persentase yang kita habiskan untuk berada di dunia maya dibandingkan dunia nyata. Silakan cermati dan temukan betapa orientasi lingkungan kita telah berubah tanpa kita sadari.

Di kantor, kita sibuk ber-YM-an dengan rekan kantor kita yang ironisnya hanya berbeda tiga meja dari meja kerja kita. Di mal, ketika kita sedang menghabiskan waktu dengan teman-teman kita telepon seluler tak pernah lepas dari genggaman sekedar untuk memperbaharui status facebook kita, men- tweet sesuatu, hingga bercakap-cakap via BBM. Betapa mengejutkan ketika bahasa verbal berubah menjadi rangkaian tulisan. Betapa mengejutkan menilik fakta bahwa kita lebih suka mengetik daripada berbicara untuk berkomunikasi.

Tidak hanya itu, siapa yang bisa menyangkal esensialnya keberadaan email saat ini. Dosen saya pernah berkata, â?? Kalian adalah mahasiswa Teknik Informatika. Barangsiapa yang saat ini tidak memiliki alamat email dan akun facebook, saya sarankan anda menulis surat pengunduran diri dari institut ini secepat mungkin. â?Sebegitu pentingnya keberadaan email hingga saat ini segala sesuatu dapat dilakukan via email. Mengirimkan lamaran kerja, melayani klien, hingga bertransaksi jual beli. Bayangkan bila mailserver itu broken. Berapa transaksi yang gagal? Berapa lamaran kerja yang hilang begitu saja? Wow. Tapi begitulah faktanya.

Anda ingin berteman? Gunakanlah Facebook. Anda ingin bertransaksi? Gunakanlah Paypal. Anda ingin menyapa orang terdekat anda secara live dan real time? Gunakan Skype. Begitu banyak media yang memungkinkan kita terhubung satu sama lain dan melakukan sesuatu layaknya di dunia nyata. Privasi bahkan telah kehilangan eksistensi secara sendirinya. Hanya dengan online, kita dapat menemukan nama, alamat, nomor ponsel, email, dan bahkan status hubungan cinta seseorang yang mungkin baru kita kenal dalam beberapa detik saja. Fantastis memang tapi miris. Privasi yang menjadi batasan pergaulan kita di dunia nyata bahkan dirobek habis sehingga yang tersisa adalah keterbukaan informasi pribadi yang masif di dunia maya.

Akhirnya kita tersadar betapa masifnya efek perkembangan teknologi informasi saat ini. Kita mengalami ketergantungan yang luar biasa terhadap gadget dan perangkat-perangkat teknologi informasi lainnya yang memungkinkan kita terhubung dengan orang lain tanpa mengenal ruang dan waktu. Teknologi informasi bukan lagi sekedar menjadi tools yang memudahkan hidup kita akan tetapi telah merasuk dan menjadi bagian dari gaya hidup kita. Kehidupan kita pelan-pelan bergeser masuk ke dalam dimensi kehidupan maya yang tak ada lagi sekat dan batas-batas di dalamnya. Kita bergerak begitu bebas. Kita bahkan dapat memindahkan kehidupan nyata kita ke dalam dimensi kehidupan maya dalam arti yang sebenarnya.

Well, sampai kapan ini berakhir? Saya bahkan belum melihat ujung dari semua ini. Saya melihat fenomena ini cenderung tak akan berakhir, bahkan lebih sporadis daripada saat ini. Habisnya alamat IP (Internet Protocol) pun tidak menjadi isu yang meresahkan karena akan ada trilyunan alamat IPv6 yang dipersiapkan untuk mengantisipasi itu. Pertanyaannya sekarang, akankah kita sadar bahwa kita harus dapat memberikan batasan jelas antara nyata dan maya? Jangan sampai terjadi bahwa kita memiliki ribuan teman di dunia maya tapi tak mengenal satu teman pun secara intens dan personal di dunia nyata. Bukankah Tuhan menganugerahkan kehidupan nyata pada kita dan bukannya dunia maya?

Transplantasi Hati, Sejarah Baru Dunia Kedokteran Indonesia

Kini masyarakat Indonesia memiliki harapan baru, terlebih bagi mereka yang memiliki penyakit hati kronis seperti sirosis hati, karsinoma sel hati atau penyakit liver/hepatitis lainnya. Pada akhir tahun 2010 lalu, dunia kedokteran Indonesia telah berhasil menoreh sejarah baru, yakni mampu melakukan transplantasi hati kepada pasien yang membutuhkannya.

Penyakit hati memang terbilang sebagai masalah serius di Indonesia. Menurut Akmal Taher, Presiden Direktur RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, di Indonesia jumlah mereka yang mengidap penyakit hati kronik mencapai 20 juta jiwa atau sekitar 10% dari jumlah penduduk Indonesia. Yang lebih mengerikan, dari 10% itu sebagian besar tidak menyadari bahwa dirinya adalah carrier (memiliki virus di tubuhnya tanpa menunjukkan gejala sakit). Padahal, apabila seseorang mengidap penyakit hati kronis, tidak ada jalan lain bagi dirinya menuju kesehatan kecuali dengan melakukan transplantasi hati.

Transplantasi hati pertama kali dilakukan oleh Thomas Starzl di University of Colorado pada tahun 1963. Dua puluh tahun setelah tindakan transplantasi pertama, National Institutes of Health Concensus Development Conference pada tahun 1985 menyatakan transplantasi hati sebagai tindakan terapeutik yang akan dipergunakan secara luas dan bukan lagi tindakan uji coba. Perisitwa ini ditandai sebagai langkah besar dunia kedokteran modern.

Transplantasi hati pada dasarnya adalah mengganti hati yang rusak dengan hati yang sehat, bisa dari donor cadaver (mayat) maupun dari donor living (hidup). Transplantasi hati ditempuh untuk menghindari ancaman kematian. Jika dilakukan dengan baik, tingkat keberhasilan transplantasi hati bisa mencapai 75-85 persen di tahun pertama. Dan apabila setahun pertama pasca transplantasi pasien survive, diharapkan 5-10 tahun pasien tidak akan lagi memiliki hati yang bermasalah.

Mengapa transplantasi hati bisa dikatakan sebagai jawaban atas harapan-harapan para penderita penyakit hati kronis? Karena, sebagaimana dikatakan oleh Prof. dr. Suwandhi Widjaja SpPD, PhD., transplantasi hati adalah satu-satunya solusi untuk mengobati penyakit ini. â??Untuk pengobatan pada penyakit hati yang sudah kronik, di mana liver sudah mengkerut, tidak ada jalan lain, ya diganti dengan liver baru.â?

Di Indonesia, tindakan cangkok atau transplantasi hati bagi pasien dewasa pertama kali dilakukan pada bulan Desember 2010. Pasien pertama yang menjalani tindakan tersebut adalah seseorang berusia 44 tahun dengan donor hati dari anaknya yang berusia 18 tahun. Pasien ini mengalami pengerasan hati (sirosis) sehingga hatinya tidak lagi berfungsi dengan baik. Setelah mendapat persetujuan dari keluarga, pada tanggal 13 Desember 2010 proses transplantasi hati dilakukan dengan mengangkat seluruh hati pasien untuk diganti dengan hati sisi sebelah kanan donor. Yang menggembirakan, saat ini pasien dan donor berada dalam kondisi yang stabil.

Sebelumnya orang Indonesia yang hendak melakukan transplantasi hati, harus melakukannya di luar negeri mengingat teknologi dan sumber daya manusia di Indonesia masih terbatas. Seperti yang dilakukan oleh Dahlan Iskan, pemilik Grup Jawa Pos. Dahlan Iskan mengidap penyakit hati kronis sejak lama. Akhirnya, sebagaimana yang direkomendasikan pihak medis, pada 6 Agustus 2007 Dahlan Iskan menjalani operasi transplantasi hati di Tianjin First Center Hospital, China. Hasilnya, hingga hari ini Dahlan Iskan memiliki hati yang sehat. Ia kembali dapat beraktivitas normal dan bahkan mampu memimpin PLN saat ini.

Yang patut menjadi perhatian bagi mereka yang hendak melakukan transplantasi hati adalah perihal biaya. Transplantasi hati dikenal sebagai tindakan kedokteran yang memakan biaya tinggi. Selain karena teknologi yang dibutuhkan adalah teknologi tinggi, mereka yang terlibat di dalam satu proses transplantasi hati juga memerlukan banyak tenaga ahli dengan ragam latar belakang keilmuan, mulai dari ahli liver, ahli bedah, ahli farmokologi, keperawatan intensif, hingga psikolog.

Di China sendiri, biaya transplantasi hati bisa mencapai Rp.500-550 juta, di Jepang mencapai Rp.900-1 Miliar, di Singapura mencapai Rp.1,1 miliar. Sementara itu di Amerika Serikat, di mana transplantasi hati dilakukan 5000 kasus setiap tahunnya, biayanya lebih mahal lagi. Di Indonesia, dengan merujuk kepada RSCM, biaya transplantasi hati mencapai Rp.1 Milyar. Akan tetapi untuk ke depannya, pihak RSCM mengupayakan biaya ini dapat ditekan hingga menjadi Rp.600-700 juta.

Mahal memang, tapi bukankah nyawa tidak ternilai harganya? Mencermati hal itu, ada baiknya kita terus mengingat kearifan yang sudah lama kita ketahui, â??mencegah lebih baik daripada mengobatiâ??. Caranya adalah dengan sedisiplin mungkin menjalani pola hidup sehat dan rutin memeriksakan kesehatan diri sendiri. Penyakit hati kronis bukan tidak bisa dicegah. Melalui pemberian imunisasi, kita bisa mencegah penyakit yang tak ada obatnya ini.(jow)

Inilah 10 Makanan Mewah Termahal di Dunia

Ada beberapa bahan makanan mewah yang harganya sangat tinggi dan mungkin akan sulit kamu dapatkan. Atau mungkin kamu belum pernah melihat makanan termahal yang pernah ada. Walaupun terkadang tidak masuk akal, makanan mewah dibawah ini merupakan makanan yang layak menyandang sebagai makanan mahal bukan karena cita rasanya yang enak, namun juga bahan – bahan makanan yang sulit didapatkan. Dalam atikel ini ada beberapa bahan makanan yang harganya berubah ubah sesuai musim. Simak kesepuluh bahan makanan mewah yang bernilai tinggi pada daftar berikut.

1. Beluga Caviar

Beluga caviar
Beluga caviar

Beluga Caviar adalah salah sati bahan makanan termahal yang dapat kamu temukan dengan kisaran harga USD5000 atau sekitar Rp. 50.000.000; per kilogram. Caviar adalah telur dari ikan Beluga Sturgeon yang biasa ditemukan di laut Kaspia. Seekor ikan Beluga membutuhkan waktu hingga 20 tahun untuk menjadi dewasa dan dapat menghasilkan telur. Seekor Beluga dewasa beratnya bias mencapai 2 ton. Sangat besar bukan?

Apa kelezatan yang dikenal paling mahal di dunia dan ditemukan di dalam laut ? Jawabannya adalah Beluga Caviar
– Kutipan dari www.caviar-guide.com

Telur-telur dari ikan Beluga Sturgeon ini adalah telur-telur terbesar yang dijadikan sebagai caviar. Pada umumnya, warna telur Beluga adalah ungu hingga kehitaman. Warna Menentukan harga dari caviar. Telur yang berwarna pucatlah yang berharga paling mahal. Jangan berharap untuk mendapatkan caviar dalam porsi besar karena makanan ini harganya sangat mahal. Tertarik untuk mencobanya?

2. Saffron

saffron atau sarang burung
Saffon image from google

Saffron adalah bahan makanan kedua yang bernilai tinggi. Harga dari Saffron dapat berubah ubah sesuai musim. Biasanya saffron dijual per-pound dengan harga USD2000 atau sekitar Rp.20.000.000;. Saffron dihargai sangat mahal karena bahan makanan yang biasanya digunakan sebagai bumbu ini sangat sulit untuk didapatkan. Warna dari saffron adalah kuning cerah dengan aroma seperti aroma jerami. Jangan tertipu dengan aromanya karena bahan makanan ini banyak digunakan untuk membumbui berbagai makanan mewah.

3. Truffle Putih

Truffles Putih
Truffles Putih image from google

Pernah mendengar tentang truffle putih? Jika kamu tidak pernah tahu seperti apa truffle itu, kamu pasti tahu bagaimana bentuk jamur. Truffle memiliki betuk yang sangat mirip dengan jamur. Bedanya adalah bau dari truffle yang sangat khas seperti bau dari kacang kenari goreng. Uniknya, tidak semua orang dapat membedakan bau dari white truffle dan bau dari jamur biasa.

4. Daging Sapi Kobe

Daging Sapi Kobe
Daging Sapi Kobe image from google

Kamu pasti sering makan daging. Tapi apakah kamu tahu tentang daging yang termahal di dunia? Daging sapi termahal di dunia adalah daging sapi Kobe. Kobe adalah kota di Jepang yang menghasilkan daging sapi berkualitas tinggi. Apa yang membedakan daging sapi ini dengan daging sapi yang biasa? Kamu pasti tercengan karena sapi sapi Kobe Selalu mendapatkan perawatan khusus. Sapi sapi kobe selalu dipijat dengan teratur agar bisa menghasilkan daging yang lembut dan lemaknya merata. Harga dari daging sapi Kobe mencapai USD300 untuk tiap setengah kilogram atau sekitar Rp.3.000.000 Coba dan rasakan sendiri sensasi dari daging sapi Kobe yang lembut.

5. Sarang Burung

Makanan Mewah Sarang Burung image from google
Makanan Mewah Sarang Burung image from google

Bahan makanan kelima ini sangat tidak asing bagi orang Indonesia meskipun tidak semua orang mau memakannya. Sarang burung merupakan salah satu bahan makanan termahal yang juga dilirik oleh banyak orang untuk dijadikan lahan bisnis. Biasanya sarang burung dibuat sup atau pemanis dalam sajian makanan. Tapi, kamu mungkin menemukan lebih banyak orang membuat sup dengan bahan sarang burung.

6. Ikan Fugu

Ikan Fugu
Ikan Fugu

Kali ini kita akan membahas tentang bahan makanan paling mahal sekaligus paling mematikan di dunia. Banyak juga yang bingung, mematikan tapi mahal? Ternyata banyak juga yang kita belum tau. Ikan adalah makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Namun, bagaimana bila yang akan kita makan adalah ikan fugu. Sepotong kecil ikan fugu ini dapat membunuh manusia dewasa. Sulit dipercaya kalau ikan beracun ini merupakan salah satu bahan makanan termahal di dunia khususnya di Jepang dan Korea. Yup, harga satu porsi ikan ini adalah 10.500 yen.

7. Hati Angsa

Hati-Angsa
Hati Angsa

Bahan makanan ke tujuh ini biasa juga disebut sebagai hati unggas khususnya angsa. Bahan ini diproses di dalam tubuh unggas hidup-hidup. Angsa akan diberi banyakmakanan melalui selang yang dimasukkan ke dalam tenggorokannya. Anatomi tubuh unggas membuat metode yang sebenarnya menyakitkan ini menjadi aman dan tanpa rasa sakit bagi mereka tapi jangan coba-coba di rumah ya! Metode ini akan membuat hati angsa tersebut membesar dan dipenuhi dengan lemak. Di Perancis bahan ini juga disebut dengan Foei gras. Teksturnya sangat lembut seperti mentega. Tertarik untuk mencoba?

Jika ya, maka kamu harus siap merogoh kocek dalam-dalam karena harga makanan ini 100 Euro per ons ato Rp. 1.250.000,-. Untuk mendapatkan rasa terbaik, sebaiknya hati angsa ini dimakan mentah. Jika ingin memasaknya, pastikan tidak lebih dari 2 menit karena teksturnya akan berbeda dan rasa yang kamu dapatkan juga berbeda.

8. Lobster

Lobster Termahal
Lobster image from google

Lobster termasuk dalam salah satu makanan termahal di dunia. Hewan berkulit keras ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan aroma yang khas. Cukup sulit untuk mendapatkan hewan ini karena tempat mereka hidup berada di bebatuan lepas pantai yang dihempas ombak besar. Indonesia memiliki laut yang luas dan budidaya hewan ini juga semakin besar namun tetap saja kita perlu merogoh kocek cukup dalam karena harga per onsnya mencapai Rp. 300.000,-.

9. Jamur Matsutake

Jamur Matsutake
Jamur Matsutake

Jamur matsutake salah satu bahan makanan yang paling penting dalam masakan Jepang. Tahukah kamu kalau di Jepang terdapat budaya saling menukar dan memberi jamur. Nah..ini salah satu jamurnya. Pernah melihatnya? Tentu saja pernah tapi apa pernah makan? Kalau kamu pengen makan ini, siap-siap kantong bolong karena harga jamur ini, mentahnya saja $2000 per kilogram kalau di rupiah-kan jadi Rp. 18.000.000,-. Secara kita mesti import nih jamur dari Jepang, Korea, dan Kanada. Gak bisa makan jamur ini, tak apa kok kan kita masih punya jamur merang. Heheheheheâ?¦

10. Makanan Mewah Tiram

20090712172805_tiram_4a59bab591017
Tiram

Ini adalah bahan makanan termahal di dunia yang terakhir. Tiram , hewan lunak bercangkang keras ini biasanya disajikan begitu saja. Bahan ini sangat terkenal dan paling sering dipakai di masakan Perancis. Sebenarnya disajikan mentah sih..Cuma di buka aja cangkangnya diirisi lemon terus disajikan di atas piring dengan es batu. (jow)