Pelajar SMP Temukan Mikroskop Portabel Terintegrasi Smartphone


Seorang siswa berusia 13 tahun bernama Kamil Ahmed berhasil menciptakan mikroskop portabel yang bisa digunakan melalui smartphone. Dengan alat ini, seseorang bisa dengan mudah melakukan pengamatan, seperti untuk melihat bagian-bagian dari tubuh serangga.

Lebih lanjut inovasi buatan siswa kelas VIII Edmonton Islamic Academy itu juga bisa dikembangkan untuk bidang ilmiah hingga medis. Ahmed mengaku, ide pembuatan mikroskop portabel berawal dari penggunaan smartphone secara luas oleh masyarakat.

Kamil Ahmed (CBC)
Kamil Ahmed (CBC)

“Hampir semua orang memiliki smartphone karena memiliki banyak manfaat. Nah, saya mencoba untuk melakukan pendekatan medis untuk hal penggunaan ponsel tersebut,” ujarnya seperti dikutip dari CBC, Kamis (8/12/2016).

Ahmed menjelaskan, mikroskop buatannya bisa dipasang di semartphone apa saja. Dengan begitu penggunaan mikroskop yang umumnya oleh ilmuwan atau dokter sekarang bisa dipakai setiap orang, khususnya untuk melakukan pengamatan sebuah objek.

“Mikroskop ini terdiri dari sebuah tabung dengan lapisan hitam, klip, dan lensa kecil. Lensa yang terpasang berfungsi untuk memperbesar objek saat terintegrasi dengan kamera ponsel,” paparnya.

Kamil Ahmed (Edmonton Examiner)
Kamil Ahmed (Edmonton Examiner)

Selain praktis, mikroskop buatan Ahmed ini juga sangat efisien. Jika sebuah mikroskop dijual senilai USD 1.000 (sekitar Rp 14 juta), inovasinya hanya membutuhkan dana USD 15 (sekitar Rp 200 ribu), dan bisa memperbesar objek hingga 100 kali lipat.

Berkat alat buatannya, Ahmed pun telah mendapat sejumlah penghargaan, di antaranya Grand Award di ajang Canada-Wide Science Fair in Montreal dan penghargaan dari Canadian Society for Medical Laboratory Science. Ahmed optimistis, inovasinya dapat berkembang di masa mendatang.

“Saya belum punya rencana apa-apa saat ini, tapi saya yakin akan ada banyak kesempatan di masa depan, terlebih hampir 62 persen masyarakat di dunia punya smartphone,” pungkasnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak