Mengintip Bus Tingkat Mewah Jurusan Wonogiri-Jakarta, Mirip Pesawat Terbang


Fenomena bunyi klakson bus seperti terompet atau yang dikenal ‘Om Telolet Om’, menjamur ke berbagai penjuru dunia. Fenomena yang sebenarnya sudah berlangsung lama di jalur-jalur utama bus malam seperti pantura itu menjadi perhatian netizen.

Seiring dengan maraknya fenomena itu, kini muncul bus-bus mewah. Seperti yang baru diluncurkan perusahaan otobus PT Putera Mulya di Terminal Giri Adipura, Wonogiri, Jawa Tengah. Bus jurusan Wonogiri-Jakarta tersebut dikatakan memiliki fasilitas mewah bagaikan fasilitas pesawat terbang.

Dilansir dari Kompascom, Senin (26/12/2016), bus tingkat ini diklaim yang pertama melayani rute sejauh 500-600 km di Pulau Jawa. Bus tingkat tersebut menggunakan sasis tiga sumbu roda Scania K410IB/6×2*4 yang dikemas dengan karoseri mewah. Kabinnya mampu menampung 38 penumpang yang dibedakan menjadi dua kelas, yaitu First Executive Class dan Elegant Class yang cuma dibedakan desain jok.

Suasana First Executive Class (Kompas)

First Executive Class merupakan kelas standar yang dilengkapi dengan monitor LCD pada setiap jok, Di ujung belakang kabin juga terdapat ruangan merokok yang bisa dipakai semua penumpang.

Khusus untuk penumpang Elegant Class, bisa menikmati fasilitas tambahan yaitu jok elektrik yang sudah memiliki saluran pengisi daya baterai ponsel. Hanya ada enam kursi elektrik, ruang penumpang Elegant Class juga dipisahkan oleh tirai selama perjalanan. Ada juga mesin pembuat kopi di kelas ini.

Jok di kelas Elegant Class (Kompas)

Kurnia Lesani Adnan, Pimpinan PT. Putera Mulya Sejahtera mengatakan, teknologi bus yang ada saat ini sangat memungkinkan merancang bus tingkat eksklusif Antarkota Antar Propinsi (AKAP). Bus ini bukan hanya canggih buat penumpang tetapi juga untuk pengemudi sebab sudah dilengkapi fitur ABS (Anti-lock Braking System), Electronic Brake System, Retarder dan Cruise Control dengan Opticruise Transmission.

Selain itu, perusahaan juga bisa memantau prilaku pengemudi di jalan via engine management. â??Selain fitur keamanan dan kenyamanan yang tertanam pada sasis, kami juga tidak akan memilih pengemudi yang sembarangan. Alhamdulillah berkat teknologi yang ada perilaku setiap pengemudi bisa kami pantau,â? kata Kurnia dalam siaran resminya.

Fasilitas monitor LCD (Dream)

Operasional bus tingkat ini dimulai pada libur Natal tahun ini. Buat yang mau jadi penumpang First Executive Class biayanya Rp 225 ribu sedangkan untuk Elegant Class Rp 325 ribu. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak