Begini Cara Unik Sekolah Tiongkok Cegah Murid Menyontek


Zaman sekarang ini, sudah tidak aneh rasanya jika melihat banyak anak sekolah yang melakukan segala cara agar bisa mendapatkan nilai yang bagus. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan menyontek saat ujian. Untuk mencegah hal ini, sekolah di Tiongkok memiliki cara yang unik sekaligus murah.

Dilansir dari Asia One, Rabu (4/1/2017), berdalih supaya tak terjadi kecurangan saat ujian, sebuah sekolah di Kota Chuzhou, Provinsi Anhui, China menempuh cara yang justru menuai kontroversi. Sekolahan tersebut, memasangkan ‘topi’ dari koran bekas kepada semua peserta ujian.

Para murid pakai topi koran bekas saat ujian (Weibo)

Berbagai komentar muncul setelah foto-fotonya tersebar luas di sosial media pada akhir Desember 2016 kemarin. Kali pertama foto tersebut justru diunggah oleh guru, yang memiliki ide cara tersebut. Kemudian dibagikan ulang oleh netizen lainnya.

Para murid pakai topi koran bekas saat ujian (Weibo)

Sebagian orang menganggap itu adalah cara yang jitu buat mencegah siswa yang mencontek. Namun sebagian lagi malah mengecam karena cara itu dianggap seperti menghina atau merendahkan siswa yang jadi terlihat konyol. Selain itu, cara ini juga dianggap membuat para pelajar tertekan dan menambah beban para pelajar ketika menghadapi ujian.

Tiongkok memang sepertinya sedang menggalakkan program sekolah bebas menyontek. Selain topi yang terbuat dari koran bekas, cara unik lainnya yang dilakukan sekolah di Tiongkok adalah melangsungkan ujian di tengah hutan. Bahkan ada juga sekolah yang menggunakan drone sebagai pengganti guru pengawas ujian.

Para murid ujian di tengah hutan (Shanghaiist)

Menurutmu, apakah metode seperti ini bisa dilakukan juga di Indonesia? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak