5 Film Kisah Nyata Tapi Tak Sesuai Fakta

Begitu banyak film kisah nyata yang dibuat. Biasanya film-film bertema sejarah dan kisah hidup tokoh terkenal akan menampilkan tulisan itu pada awal atau akhir durasi. Namun, ternyata banyak pula film-film yang diakui sebagai “Based on true story”, justru menampilkan fakta yang salah atau bahkan tidak pernah terjadi, seperti 5 film berikut ini yang dilansir jadiBerita dari Lolwot, Rabu (11/1/2017).

The Mask of Zorro

Zorro (Avclub)

Kita sering menonton film kisah nyata menggambarkan Zorro sebagai pahlawan bagi orang banyak. Padahal, sebenarnya ia adalah sosok yang bernasib tragis. Zorro yang sebenarnya, Joaquin Murietta, seorang pria kelahiran Meksiko, ditindas oleh orang kulit putih hampir di sepanjang hidupnya. Ia membentuk kelompok pemberontak untuk membalaskan dendamnya. Sayangnya, ia ditangkap dan dihukum pancung pada tahun 1853.

Film Kisah Nyata Gladiator

Gladiator (Weknowyourdreams)
Gladiator (Weknowyourdreams)

Dalam film kisah nyata yang dirilis pada tahun 2000 dan dibintangi Russell Crowe itu, diceritakan bahwa Marcus Aurelius dibunuh oleh anaknya sendiri, Commodus, saat bertempur di Perang Marcomannic. Fakta sebenarnya, Marcus Aurelius meninggal di sebuah tempat yang sekarang menjadi Vienna, Ibukota Austria, pada 180 SM. Dalam kehidupan nyata, Aurelius bahkan memberikan suksesi kekuasaan pada Commodus.

Titanic

William Murdoch dalam film Titanic (Kaskus)
William Murdoch dalam film Titanic (Kaskus)

Dalam film “Titanic“, second officer kapal William Murdoch digambarkan sebagai orang yang menerima suap, menembak penumpang yang tidak bersalah, dan akhirnya bunuh diri dengan menembak kepalanya sendiri. Sebenarnya, Murdoch menghabiskan jam terakhir hidupnya secara heroik, menggiring penumpang ke sekoci. Sementara dirinya ikut tenggelam saat kapal akhirnya karam.

American Sniper

Adegan American Sniper (Rawstory)
Adegan American Sniper (Rawstory)

Film ini memperlihatkan seorang wanita di Irak berjalan keluar dari rumah bersama anaknya. Wanita itu memberikan sebuah granat anti-tank RKG-3 pada anaknya itu. Chris Kyle sang tokoh utama bimbang, apakah harus menembaknya atau tidak. Menurut buku yang ditulis Kyle dalam kehidupan nyata, wanita itu memiliki granat tangan kecil, dan tidak ada anak kecil seperti dalam film. Menggambarkan seorang wanita yang mengajak anaknya pada misi bunuh diri, membuatnya terlihat sangat jahat.

The Imitation Game

Alan Turing dalam film kisah nyata The Imitation Game (Hollywoodreporter)
Alan Turing dalam film kisah nyata The Imitation Game (Hollywoodreporter)

Karakter Alan Turing, yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch, digambarkan sebagai seorang penyendiri, yang membangun mesin “the Bombe” seorang diri. Fakta yang sebenarnya, Turing adalah seorang pria yang populer di Bletchley Park, yang hanya melakukan pengembangan terhadap sebuah mesin yang telah diciptakan beberapa tahun sebelumnya. Ahli matematika dari Polandia yang sesungguhnya pertama kali menemukan mesin itu, justru tidak banyak dikisahkan dalam film. (tom)

loading...

Jadi Berita Lain Dari Penulis

Comments

Loading...