5 Api Abadi Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia


Api abadi merupakan api yang tak dapat padam walaupun di tempat basah sekalipun. Kalau pun padam karena air hujan, api abadi akan kembali menyala setelah hujan berhenti. Fenomena api abadi ini adalah barang langka di dunia. Berikut adalah 5 lokasi yang memiliki api abadi di dunia, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Turkmenistan

Api abadi di Turkmenistan (MNN)

Turkmenistan punya api abadi dalam lubang menganga. Keajaiban alam yang menjadi unggulan di Turkmenistan adalah tempat di Gurun Karakum bernama Door to Hell. Tempat ini hanya 264 km atau 3 jam perjalanan dari Ibukota Ashgabat.

Azerbaijan

Atashgah (Azernews)

Berada di perbatasan Asia dan Eropa, ini memiliki api abadi yang berada di kuil Baku. Terletak di Semenanjung Abseron, Kuil Api (Atashgah) dari Baku adalah tempat pengorbanan yang didirikan di atas ventilasi gas alam. Kuil ini dibangun pada abad ke 17 sampai 18. Terletak tepat di atas ventilasi gas alam, kuil ini dapat mengeluarkan api besar di tengah dan empat api kecil di sudut atap paviliun.

Amerika Serikat

Api abadi di Shale Creek (Pinterest)

Sebuah air terjun di Cagar Alam Shale Creek di Taman Nasional Chestnut Ridge, Buffalo, AS, memiliki api abadi. Api ini berada di dalam air terjun, di mana ada air mengalir yang bisa mematikan sang api. Tapi pada kenyataannya, api ini tetap menyala. Para ilmuwan belum bisa memastikan apa yang terjadi dengan api tersebut. Namun secara keseluruhan, api ini menyala karena adanya semburan gas bumi dari celah batu di air terjun tersebut.

Selandia Baru

Api abadi di Selandia Baru (BBC)

Di pedalaman hutan di South Island, Selandia Baru yang belum diketahui banyak traveler, terdapat api yang tak pernah padam. Lokasinya berada di dalam hutan di kota kecil Murchison, bagian selatan South Island. Hingga kini belum diketahui asal muasal api abadi di sana. Yang pasti, sejarah mencatat kalau api abadi tersebut sudah ada sejak tahun 1920-an dan masyarakat setempat menyebutnya dengan nama ‘blow gas’.

Indonesia

Api abadi di Madura (Kabarnesia)

Wisata Api Tak Kunjung Padam ini berada di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Semburan api di tempat ini tak akan padam meski disiram dengan air. Menurut penelitian, semburan api berasal dari perut bumi. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak