5 Soto Khas Indonesia yang Cocok Dimakan Saat Musim Hujan


Musim hujan, satu-satunya musim di Indonesia dimana kita bisa merasa sejuk selama beberapa saat dari panasnya cuaca di Indonesia. Di cuaca yang menjadi lebih dingin, makanan-makanan yang hangat seringkali jadi pilihan yang tepat saat hujan. Salah satunya adalah soto. Berikut adalah 5 soto khas Indonesia yang cocok dimakan saat musim hujan, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Soto Betawi

Soto Betawi (Kaskus)

Seperti namanya, Soto Betawi berasal dari Betawi alias Jakarta. Soto Betawi ini selain menggunakan daging sapi juga menggunakan bagian lain seperti jeroan, torpedo, dan beberapa bagian lainya. Selain bahan utamanya yang unik, Soto Betawi ini juga menggunakan susu dan santan pada kuahnya yang membuat kuah soto ini terasa gurih dan nikmat.

Soto Banjar

Soto Banjar (Kaskus)

Soto Banjar adalah salah satu masakan tradisional dari Kalimantan selatan, khususnya Banjarmasin. Soto ini memiliki berbagai macam bahan pelengkap seperti mie soun, ketupat yang dipotong kecil, irisan telur rebus, perkedel kentang, daun bawang dan batang seledri.  Perpaduan bahan pelengkap yang bermacam-macam tadi membuat sensasi yang berbeda saat menyantapnya dibandingkan dengan soto lainnya.

Soto Lamongan

Soto Lamongan (Kaskus)

Soto Lamongan merupakan salah satu makanan tradisional dari Lamongan yang sangat terkenal kelezatannya. Tidak hanya di daerahnya sendiri, namun juga merupakan masakan yang sangat terkenal di indonesia. Salah satu ciri khas dari Soto Lamongan ini terletak pada serbuk kerupuk udangnya yang sering disebut koya. Apabila serbuk koya tersebut dicampurkan dengan kuahnya maka akan menghasilkan rasa gurih yang khas pada Soto Lamongan ini. Selain rasanya nikmat, aroma Soto Lamongan ini juga sangat menggugah selera.

Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor (Kaskus)

Soto Mie Bogor merupakan campuran dari daging sapi, kikil, usus, urat, babat, risol, kentang atau lobak rebus, mie kuning, tomat, serta kol, yang dipadu dengan kuah, lalu ditaburi dengan daun bawang dan seledri. Berbeda dengan kuah soto pada umumnya, yang bening atau pakai santan, kuah Soto Mie Bogor terlihat berwarna kemerahan yang timbul dari campuran cabai merah dalam bumbunya.

Soto Gerabah

Soto Gerabah (Kaskus)

Soto ini disebut sebagai soto gerabah karena disajikan di dalam sebuah mangkuk yang terbuat dari gerabah. Selain mangkuknya yang tradisional, soto gerabah juga memberikan sentuhan tradisional pada sendoknya. Sendok yang dipergunakan bukanlah sendok besi tetapi sendok yang terbuat dari sendok yang dibuat dari kreasi batok kelapa. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak