Penampakan Perpustakaan Keliling yang Ada di Dunia 100 Tahun Lalu

Buat kamu yang suka dan berminat di dunia baca atau literasi, pasti tak asing dengan yang namanya perpustakaan. Tempat yang menyediakan kemewahan buat para penggila buku ini sering dijadikan tempat tujuan buat menghabiskan waktu dengan membaca, diksusi, maupun sekedar melepaskan penat.

Meski ada beberapa yang tidak tahu asyiknya berada di perpustakaan, faktanya banyak keunggulan yang ditawarkan perpustakaan dibandingkan tempat biasa kamu menghabiskan waktu, seperti kafe atau mall. Banyak kenyamanan dan fasilitas yang akan kamu dapatkan jika kamu nongkrong di perpustakaan.

Rupanya, perpustakaan bukan hanya hadir dalam bentuk bangunan. Sejak zaman dulu ada perpustakaan di berbagai negara yang memiliki konsep yang unik dan sedikit tak lazim. Salah satunya adalah perpustakaan dengan menggunakan konsep berjalan atau perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling pertama diprediksikan sudah ada sejak tahun 1850an lalu di Warrington, Inggris.

Tak hanya di Inggris aja, perpustakaan keliling ini juga ada di berbagai negara di dunia. Meskipun konsepnya sedikit berbeda dengan perpustakaan pada umumnya, perpustakaan ini tetap menawarkan oase bagi para penikmat buku dan bahan bacaan.

Salah satu perpustakaan keliling jadul ini bahkan sempat ada di Indonesia. Pada awal abad ke-20, perpustakaan keliling ini menggunakan sebuah mobil yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa jadi mirip rak yang memuat banyak buku, dan akan keliling dari satu tempat ke tempat lainnya. Dari foto yang tersedia, diduga perpustakaan keliling ini ada di daerah Jakarta, karena menggunakan plat mobil B.

Kamu bisa lihat foto-fotonya berikut ini. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Film Bertema Tinju Terlaris Sepanjang Masa

Festival Melupakan Mantan di Yogyakarta, Buat Kamu yang Ingin Move On