Mengenal 5 Genre Musik ‘Core’


Mungkin kamu sudah sering mendengar aliran atau genre musik hardcore, metalcore, atau grindcore. Ternyata, selain itu masih ada beberapa lagi genre musik yang menggunakan kata core di belakangnya. Apa saja? Mari kita bahas satu persatu, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Easycore

New Found Glory (Allpunkedup)

Easycore (juga disebut popcore) adalah genre musik yang menggabungkan pop punk yang khas dengan karakteristik Metalcore atau sebaliknya. Easycore cenderung biasanya menggunakan unsur pop dalam lagu-lagunya. Band yang mengusung aliran ini antara lain adalah New Found Glory yang dipercaya sebagai pelopor, Fight Fair, All or Nothing, dan The Wonder Years.

Hardcore

Minor Threat (Verbicidemagazine)

Musik hardcore adalah musik yang sedikit peminatnya, jadi bisa dibilang hardcore adalah musik kaum minoritas. Awal munculnya musik hardcore pada tahun 1970-an, dan berasal dari musik punk. Tiga band yang pertama kali memainkan musik beraliran hardcore adalah Bad Brain, Black Flag, dan Minor Threat. Minor Threat membedakan hardcore dan punk dengan menyerukan straight edge, yaitu gaya hidup yang jauh dari hidup negatif, seperti menjauhi asap rokok, narkoba, dan seks bebas.

Deathcore

Bring Me the Horizon (Metalinjection)

Deathcore merupakan penggabungan dua genre musik, yaitu metalcore dan death metal. Aliran musik ini menggabungkan ketukan drum metalcore dan deathmetal, vokal growl ala death metal dan scream ala metalcore. Ciri-ciri band deathcore yaitu lebih mengedepankan breakdown, yaitu teknik vokal dan growl scream secara bersamaan. Selain itu yang menonjol dari deathcore adalah teknik slamming. Slamming adalah teknik growling yang berkesan suara babi, sehingga sering disebut â??Piggy Soundâ?. Beberapa band yang mengusung aliran ini antara lain adalah The Red Chord, All Shall Perish, Suicide Silence, serta Bring Me the Horizon.

Metalcore

All That Remains (Blabbermouth)

Metalcore merupakan genre turunan dari Heavy Metal yang menggabungkan berbagai macam elemen seperti Extreme Metal dan Hardcore Punk. Nama Metalcore itu sendiri diambil dari gabungan dua nama genre tersebut. Istilah Metalcore ini mencuat ke permukaan pada pertengahan tahun 90-an. Beberapa band yang mengusung aliran ini antara lain adalah Killswitch Engage, Underoath, All That Remains, Trivium, As I Lay Dying, Bullet For My Valentine dan The Devil Wears Prada.

Grindcore

Napalm Death (Metal-archives)

Grindcore (sering di singkat menjadi grind) adalah sebuah aliran musik yang muncul pada awal hingga pertengahan tahun 1980-an. Musik ini adalah gabungan dari beberapa musik ekstrem, seperti death metal, musik industrial, musik bising, dan beberapa variasi hardcore punk. Ciri dari aliran musik ini adalah gitar dengan distorsi tebal, gitar dengan stem yang rendah, tempo yang cepat, vokal yang dinyanyikan dengan teriakan tinggi dan geraman rendah, serta memiliki durasi yang relatif pendek, tak lebih dari 2 menit. Beberapa band yang mengusung aliran ini antara lain adalah Napalm Death, Carcass, dan Anal Cunt. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
83
Love
OMG OMG
71
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
91
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak