Kisah Nefertiti, Wanita Mesir yang Katanya Lebih Cantik dari Cleopatra


Ketika membicarakan wanita cantik zaman Mesir kuno, kebanyakan orang akan teringat pada sosok Cleopatra. Namun, rupanya ada satu sosok lagi yang kecantikannya dikatakan melebihi Cleopatra. Dia adalah Nefertiti.

Nggak hanya cantik, Nefertiti sendiri juga bisa dianggap sebagai wanita paling berkuasa di masa Mesir kuno. Alasannya apalagi kalau bukan karena selain menjadi ratu, Nefertiti juga pernah memimpin Mesir alias jadi seorang Firaun. Di masanya, Mesir mengalami kemajuan yang cukup bagus terutama di bidang ekonomi dan sosial.

Nefertiti (Ancientexplorers)

Seperti disebutkan di atas, sosok Nefertiti dikatakan memiliki kecantikan yang melebihi Cleopatra. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, menurut beberapa cerita, fisik Nefertiti ini sempurna, belum lagi wajahnya yang dianggap orang-orang dulu seperti titisan dewi.

Cantiknya Nefertiti juga dilambangkan dari namanya sendiri. Ya, Nefertiti ini memiliki arti Wanita Cantik Aten. Aten sendiri adalah semacam nama Tuhan dari orang-orang Mesir zaman dulu. Diberi nama sedemikian tinggi, sudah pasti Nefertiti memang cantik. Nama Nefertiti sendiri diberikan oleh Akhenaten, seorang Firaun yang juga suaminya. Nama itu sendiri jadi bukti kekaguman Akhenaten akan kecantikan istrinya.

Nefertiti juga dianggap sosok yang sangat hebat. Begitu banyak hal yang dilakukannya, entah ketika semasa menjadi ratu dari Akhenaten, atau ketika ia menjabat Firaun sepeninggal suaminya. Ketika masih jadi Ratu, Nefertiti dan Akhenaten sukses membawa banyak perubahan. Mulai dari mengubah pandangan keagamaan orang-orang Mesir sampai mengganti ibukota. Ia memang hanya ratu ketika itu, tapi kuasanya sangat besar.

Akhenaten dan Nefertiti (YouTube)

Nefertiti dan Akhenaten bisa dibilang merupakan pasangan raja dan ratu terhebat Mesir. Di bawah keduanya, negerinya sungai Nil ini meraih kejayaannya. Sayangnya, meskipun jadi pasangan terbaik, Akhenaten katanya tak benar-benar puas akan Nefertiti. Alasannya tak lain karena Nefertiti tak sanggup memberikannya seorang putra.

Akhenaten yang merasa butuh penerus akhirnya mengawini adiknya sendiri dan akhirnya melahirkan Tutankhamun. Tutankhamun sejak kecil berada di pengawasan Nefertiti dan hebatnya tak sekalipun si ratu cantik ini dendam. Padahal secara nggak langsung Akhenaten jelas sudah menyelingkuhinya.

Akhenaten (Imgur)

Berbagai kisah telah menyebutkan akan eksistensi dari Nefertiti ini. Namun, yang aneh, muminya begitu sulit untuk ditemukan. Padahal sebagai tokoh besar dan bahkan pernah menjadi Firaun, seharusnya makam Nefertiti ada di bagian paling besar di antara makam para raja-raja. Namun, sayangnya Nefertiti tak pernah ditemukan di sana.

Mumi (National Geographic)

Selain itu, kematian Nefertiti juga bisa dibilang misterius. Ada dua teori terkait kematian Nefertiti. Pertama, anggapan Nefertiti meninggal karena terkena wabah. Dulu memang pernah terjadi semacam wabah mematikan di Mesir, dan mungkin saja ratu menjadi salah satu korbannya.

Teori berikutnya mengatakan Nefertiti meninggal lantaran sakit biasa. Jadi, setelah menjabat Firaun untuk beberapa waktu, kemudian Nefertiti pun mundur dari jabatannya dan hidup damai. Kemudian sepanjang masa tuanya ini Nefertiti pun meninggal. Soal waktu meninggalnya, masih belum diketahui juga kapan tepatnya sang ratu ini menghembuskan napas terakhirnya.

Nefertiti (Mercy2908)

Meski demikian, tak bisa dipungkiri jika selain Cleopatra, Mesir kuno juga memiliki satu sosok yang kecantikannya terbilang luar biasa, yaitu Nefertiti. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak