Ngatur Presiden Sampai Salah Sebut Nama Ikan, Ini Sederet Momen Kocak Kuis ala Jokowi Untuk Warga


Sejak masih menjadi Wali Kota Solo, Joko Widodo memang dikenal sebagai pemimpin merakyat dan doyan blusukan. Begitupun saat ia sudah menjadi Presiden Indonesia. Dalam beberapa kesempatan bertatap muka dengan warga, Jokowi, begitu ia disapa, selalu berupaya membuat suasana menjadi cair meskipun jabatannya sebagai Presiden. Caranya, mengajak masyarakat berinteraksi melalui kuis yang dia buat.

Jokowi akan memanggil beberapa orang yang hadir saat itu untuk naik ke atas panggung. Kemudian, dia memberikan pertanyaan tentang berbagai hal. Mereka yang berhasil menjawab akan diberikan hadiah sepeda.

Sebenarnya soal-soal yang diberikan oleh orang nomor satu di Indonesia ini terbilang mudah untuk dijawab. Namun, selalu ada saja warga yang tampak bingung atau menjawab sekenanya. Mungkin penyebabnya karena mereka grogi berhadapan langsung di sang presiden.

Menariknya, hal ini malah memunculkan momen jenaka, lho. Tak jarang jawaban polos warga yang kebanyakan anak-anak ini membuat Jokowi terbahak. Salah satunya saat seorang anak diminta menyebutkan nama jenis ikan. Sang anak salah sebut nama ikan yang seharusnya ikan tongkol. Hal ini membuat publik tertawa.

Nah, ternyata masih banyak, lho momen lucu Jokowi saat bagi-bagi hadiah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 momen kocak saat Jokowi bikin kuis berhadiah buat warga.

Ngatur-ngatur Presiden.

Momen lucu pertama saat Jokowi menghadiri acara Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Gedung Olahraga POPKI, Jl Jambore, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (23/02).

Jokowi memanggil secara acak delapan ibu-ibu penerima BPNT yang berasal dari Jabodetabek. Dikutip dari merdeka.com, seorang ibu bernama Nurianah maju ke depan. Namun, tiba-tiba Ibu Nurianah nyeletuk berharap hanya diberikan pertanyaan yang mudah dari Jokowi. Nur, sapaan ibu tersebut, meminta ditanyakan hanya nama-nama buah.

“Jangan sulit-sulit Pak. Nama buah aja Pak,” minta Ibu Nur.

“Kok ngatur-ngatur Presiden? Ya suka-suka yang nanya dong,” canda Jokowi yang kemudian memberikan pertanyaan dengan meminta disebutkan lima nama kuliner khas Indonesia. Ibu Nur tampak mudah menjawabnya.

“Gado-gado, soto, gudeg, sayur asam. Sayur sop, boleh kan, rendang. Udah katanya 5 pak?” katanya.

“Aduuh Bu Nur ini, yaudah ambil sepedanya,” timpal Jokowi sambil tersenyum.

Nama-nama Ikan dari Ambon bikin Jokowi bingung.

Momen jenaka kali ini terjadi saat Jokowi membagikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Desa Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku.

Mengutip dari Wartakota, saat itu Jokowi meminta seorang ibu yang menggendong anaknya, untuk menjawab tujuh jenis ikan.

Tawa warga pecah karena jawaban yang disampaikan si ibu tidak diketahui banyak oleh Jokowi.

“Ikan kawalingga!” jawab ibu yang menggendong anaknya bersemangat.

“Hah? benar ada? Ikan apa? Kawalingga? Ya udah, satu, lainnya apa?” tanya Jokowi lagi.

“Ikan momar!” jawab si ibu lagi.

“Apa? Ikan momar? Apa lagi itu? Bener ada? Duh, saya enggak tahu semuanya. Ini bahasa sini semua sih,” kata Jokowi disambut tawa warga.

“Tiga, ikan apa lagi,” tanya Jokowi.

“Ikan pareng-pareng!” tutur si ibu menjawab.

Kali ini, Jokowi yang geleng-geleng kepala dan tertawa. Sebab, ia tidak tahu sama sekali jenis ikan tersebut.

Nelayan sebut ikan Indosiar.

Masih pertanyaan soal ikan, momen kocak ini terjadi saat meresmikan Bandara Miangas, di Pulau Miangas, Kabupaten Tusaud, Sulawesi Utara, Rabu (19/10/2016). Seorang nelayan bernama Petrus maju ke atas panggung. Karena profesinya sebagai nelayan, Petrus diminta Jokowi menyebutkan 10 jenis ikan. Awalnya Petrus menyebut ikan yang sudah diketahui Jokowi seperti Tuna dan Kerapu. Lalu ia menyebut jenis ikan yang baru pertama kali didengar Jokowi.

“Ikan Indosiar Pak,” kata Petrus. Petrus mengacu pada jenis ikan terbang. Di wilayah Sulawesi Utara, ikan terbang memang kerap disebut ikan Indosiar oleh warga karena digunakan logo di televisi swasta Indosiar.

Jokowi pun langsung kaget mendengar Ikan Indosiar disebut. “Indosiar? Ikannya Indosiar itu ya? itu betul itu?” kata Jokowi sambil tertawa geli.

Ikan bete-bete dan ikan tuing-tuing.

https://youtu.be/L63Eij_6tuM

Nah, selain itu sebutan nama ikan yang salah juga terjadi saat Presiden meresmikan Pelabuhan Perikanan Untia, di Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/11/2016). Peresmian ini juga dihadiri puluhan nelayan. Dalam kesempatan itu, Jokowi kembali melakukan kebiasaannya untuk memberi kuis berhadiah kepada masyarakat.

Nelayan yang tak menyebutkan namanya ini diminta oleh Jokowi untuk menyebut sepuluh jenis ikan. Awalnya sang nelayan mampu menjawab beberapa jenis ikan, seperti Ikan Kakap, Ikan Baronang, dan lain-lain. Namun kemudian ia mulai tampak kebingungan menyebut jenis-jenis ikan, bahkan menyebut jenis ikan yang membuat Jokowi bingung.

“Ikan kerung-kerung, ikan bete-bete, ikan tuing-tuing,” kata sang nelayan.

Jokowi dan hadirin pun tertawa mendengar nama ikan yang disebutkan nelayan tersebut. Jokowi bahkan menanyakan kepada Menteri Susi Pudjiastuti jika ada nama ikan yang tak ia ketahui.

“Ikan tuing-tuing ini apa, bentuknya besar atau kecil? Betul Bu Susi yah ada ikan seperti itu,” tanya Jokowi yang membuat hadirin tertawa.

Santri ini sebut Megawati, Prabowo dan Ahok sebagai menteri.

https://youtu.be/u4dHbS9bKWk

Jawaban kocak satu ini terjadi saat Presiden Jokowi menghadiri perayaan Isra Miraj di Asrama Perguruan Islam (API) Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah Rabu 5 Mei 2016. Seperti biasa, Jokowi meminta santri menunjuk jari secara spontan.

â??Saya bawa lima sepeda, akan saya berikan kepada santri yang bisa jawab pertanyaan. Tunjuk jari saja spontan. Saya bingung tanya ke santri, kalau suruh ngaji ya pintar semua. Ya sudah, tanya umum saja,â? ucap Presiden Jokowi seperti dikutip dari Liputan6.

Tanya-jawab antara Jokowi dan para santri ditingkahi tawa. Kehebohan semakin bertambah saat giliran santri di bagian tengah yang ditunjuk maju untuk menyebutkan tiga anggota Kabinet Kerja.

“Menteri kabinet kerja ada 34, sebutkan 3 saja,” tanya Jokowi.

“Bismillahirrahmanirrahim… Nomor satu.. Ahok!” sebut dia. Kontan para hadirin tertawa, termasuk Jokowi.

“Coba ulangi, sebutkan 3 menteri kabinet kerja,” tanya Jokowi lagi.

“Nomor satu Bu Megawati. Nomor dua Ahok. Nomor tiga Prabowo!” kata si santri dengan suara lantang. Jokowi kembali tertawa.

“Ha..ha…Sudah, ambil sepedanya,” kata Jokowi.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak