Kenapa Dinamakan Operasi Plastik Padahal Tidak Pakai Plastik?


Kamu pasti pernah mendengar istilah operasi plastik, yang dilakukan saat ingin merubah bentuik tubuh atau wajah seseorang. Biasanya, operasi plastik ini dilakukan oleh seleb Korea agar lebih indah dipandang.

Yang unik dari operasi plastik ini adalah rupanya prosesnya sama sekali tak menggunakan plastik. Saat proses operasi ini diciptakan, bahan plastik sendiri bahkan belum ditemukan.

Prosedur operasi plastik tertua yang tercatat sejarah dilakukan pada abad 16. Gaspare Tagliacozzi, seorang tabib asal Italia mencoba memperbaiki cacat hidung salah satu pasiennya dengan transplantasi jaringan kulit dari lengan bagian dalam. Sementara istilah operasi plastik sendiri digunakan untuk pertama kalinya pada abad 19, tepatnya pada tahun 1837. Namun seperti yang sudah kita ketahui bersama, bedah kosmetik ini sama sekali tidak menggunakan bahan plastik. Dilansir Medscape, Rabu (29/3/2017), plastik baru ditemukan 18 tahun kemudian.

Gaspare Tagliacozzi (Plasticsurgery)

Lalu dari mana awal kata plastik dalam istilah operasi plastik? Dilansir Listverse, kata plastik dalam operasi plastik diadopsi dari bahasa Yunani, yaitu plastikos. Kata ini memiliki arti ‘membentuk’ atau ‘mencetak’, sesuai dengan tujuan operasi plastik pada saat itu, yaitu rekonstruksi bagian tubuh yang rusak atau mengalami kecacatan.

Pada pertengahan abad 19, jenis operasi plastik semakin beragam. Salah satunya adalah rhinoplasty atau operasi hidung. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknik anestesi dan sterilisasi yang penting untuk meminimalisir risiko dalam operasi plastik. Kendati demikian, pada masa itu operasi plastik belum diakui sebagai salah satu cabang ilmu kedokteran.

Operasi plastik (Liputan6)

Jadi, kini kamu sudah tahu dari mana awal mula istilah operasi plastik. Semoga bermanfaat. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak