Don't be Captious

5 Desa Wisata Terindah di Dunia, Ada yang Dari Indonesia

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Suasana desa menjadi incaran bagi para wisatawan asal kota yang ingin menghirup udara segar bebas polusi. Selain udara yang segar, biasanya pemandangan pedesaan masih hijau dan indah dipandang. Rupanya, untuk bisa menikmati hal tersebut, tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena di Indonesia banyak tersedia. Bahkan salah satunya sempat masuk daftar desa terindah di dunia versi media wisata internasional Budget Travel tahun 2012. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 desa wisata terindah di dunia.

Hallstatt, Austria

Pemandangan desa Hallstatt (Theculturetrip)

Hallstatt dijuluki sebagai desa paling indah dengan pemandangan danau yang menyejukkan. Wilayah ini juga merupakan salah satu pemukiman tertua di Eropa. Hallstatt terletak di antara Kota Graz dan Salzburg. Suasana pegunungan dan danau yang asri dijamin bikin siapapun betah tinggal di sini.

Wengen, Swiss

Pemandangan desa Wengen (Photoshelter)

Desa Wengen yang terletak di Swiss ini merupakan salah satu desa terindah di Eropa. Desa Wengen mampu mendatangkan ribuan wisatawan setiap tahunnya, baik pada musim panas maupun pada musim dingin. Desa ini terletak di pegunungan Alpen yang tentu saja sangat cocok untuk berolahraga ski. Hal-hal lain yang membuat semakin menarik adalah, desa ini benar-benar bebas kendaraan bermotor roda empat.

Reine, Norwegia

Pemandangan desa Reine (Huffingtonpost)

Desa yang merupakan bagian dari kepulauan Lofoten di Norwegia utara ini adalah salah satu tempat terindah yang berada di utara Lingkaran Arktik. Walaupun daerah Lingkaran Arktik ini terkenal dengan cuacanya yang dingin, namun anehnya cuaca di desa Reine justru cenderung lebih hangat. Desa ini juga disuguhkan oleh keindahan pegunungan salju dan penampakan Aurora atau Cahaya Utara di malam hari. Menurut data, hanya ada 300 orang yang tinggal di desa ini.

Penglipuran, Indonesia

Penglipuran (Baruna Tirta Tour and Adventure)

Desa Penglipuran terletak di Kabupaten Bangli, Bali atau sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Denpasar. Desa ini masuk dalam tiga desa terbersih di dunia bersama dengan Desa Giethoorn di Belanda. Tata letak bangunan rumah tradisional Bali terlihat berjejer rapi dan presisi. Halaman rumah juga bersih tanpa satupun sampah yang berserakan. Selain itu suasana hijau juga sangat tampak, udaranya juga sejuk tanpa polusi, karena kendaraan dilarang masuk ke desa ini.

Nagari Pariangan, Sumatera Barat, Indonesia

Pemandangan di Nagari Pariangan (Twitter)

Masih dari Indonesia, inilah yang masuk ke dalam daftar desa terindah di dunia versi Budget Travel. Nagari Pariangan merupakan sebuah nagari tertua di Minangkabau yang berada tepat di lereng Gunung Marapi yang masih aktif. Mulai dari budaya, adat istiadat dan arsitektur bangunannya yang khas masih tetap ada dan bertahan sampai sekarang. Bangunan rumah gadang lengkap dengan dinding yang terbentuk dari anyaman rotan, serta berhiaskan ukiran kayu menjadi ciri khas kampung ini. Apalagi dengan adanya masjid terbesar di abad ke-19, menambah kekayaan budaya tradisi, adat istiadat, cagar budaya dan sejarah yang tak ternilai harganya. (tom)

Latest article