FOTO: Menengok Potret Lintas Batas Negara Indonesia yang Kini Makin Cantik


The border of Indonesia-PNG at Sota, Merauke

Indonesia terdiri dari jajaran pulau dan berbatasan langsung dengan berbagai negara. Saat ini, Indonesia masih terus menerus melakukan perbaikan dan pembangunan di berbagai wilayah.

Tak hanya di Ibu Kota Jakarta, atau di kota-kota besar Indonesia lainnya. Wilayah perbatasan pun kini disulap jadi makin cantik dan megah. Bangunan ini berfungsi sebagai gerbang keluar masuknya masyarakat dari Indonesia ke negara tetangga, atau pun sebaliknya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 batas negara Indonesia atau yang disebut Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

PLBN Aruk.

Pos Perbatasan Aruk Dulu dan Kini
detikfinance

Pos Perbatasan Aruk  memisahkan Kalimantan Barat dan Malaysia. Dulu, bangunan ini berupa bangunan kuno yang usang dan warna yang kusam. Pemerintah sejak tahun 2015 telah melakukan perombakan besar-besaran dengan dana Rp 131,13 miliar.

Kini, bangunan ini disulap menjadi megah dengan konsep arsitektur yang diusung menjadi desain PLBN ini mengadopsi Rumah Panjang yang merupakan rumah tradisional suku dayak. Kesan bangunannya pun semakin modern dengan aksen atap yang menjulang tinggi dihiasi dengan ukiran tradisional dayak.

PLBN Motaain.

Twitter

Presiden Joko Widodo telah meresmikan PLBN Motaain, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berbatasan langsung dengan Timor Leste pada Desember 2016 lalu. Pembangunan PLBN Motaain menggantikan pos lama di atas lahan seluas 8,03 hektar yang dimulai sejak tahun 2015 dengan pendanaan sebesar Rp 82 miliar.

Dilansir dari Detik, arsitektur bangunan PLBN Motaain mengadopsi arsitektur rumah adat masyarakat Belu. Sementara ornamen sun shading pada atap bangunan pemeriksaan kendaraan pribadi mengadaptasi corak tenun setempat. Sejak diresmikan, kawasan ini kerap ramai oleh wisatawan.

PLBN Entikong.

Pos Lintas Batas Negara, di Entikong, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, yang memisahkan antara wilayah Indonesia dengan negara tetangga Malaysia kini penampilannya lebih cantik dan membanggakan bagi warga perbatasan.

Desain arsitekturnya begitu cantik. Burung garuda yang gagah tampak membentangkan sayapnya tepat di sebuah bangunan yang didominasi warna putih dan ukiran adat yang unik.

PLBN Skouw.

kompas.com

PLBN Skouw merupakan wilayah perbatasan Indonesia dengan Papua New Guinea. Terletak di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, bangunan ini sudah berubah 360 derajat dibandingkan dulu.

Diwartakan Kompas.com, desain PLBN Skouw di Papua mengadopsi desain bangunan rumah tangfa, rumah pesisir di daerah Skouw. Rumah tersebut memiliki atap dengan bentuk perisai dan memiliki dua ruang panjang untuk masyarakat berkumpul, sedangkan bagian tengah berfungsi sebagai sirkulasi. Terdapat tulisan besar “Border Post of Indonesia”, “Skouw Indonesia”, serta Gapura Raksasa berhiaskan ornamen tangfa menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Nanga Badau.

minangterkini.com

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Nanga Badau di Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang berbatasan dengan Malaysia. Bangunan ini semakin megah dan membanggakan bangsa Indonesia, tidak kalah dengan negara tetangga.

Pembangunan Gedung PLBN Badau ini mengusung budaya lokal Kalimantan dengan mengadaptasi bentuk bangunan khas Rumah Panjang, penggunaan ornamen lokal, serta penerapan prinsip-prinsip bangunan hijau (green building).


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak