Mengenal VoB, Band Metal Asal Garut dengan Personel Berhijab


Kamu penggemar musik metal? Tentunya kamu tak asing dengan nama Metallica atau Avenged Sevenfold. Namun bagaimana dengan nama band VoB? Mungkin kamu belum pernah dengar, namun band VoB bisa dibilang unik. Pasalnya band yang beranggotakan 3 orang ini semuanya perempuan, masih muda, dan berhijab.

VoB sendiri merupakan singkatan dari Voice of Baceprot, dan berasal dari Garut. Baceprot dalam bahasa Sunda berarti berisik. Seperti disebutkan di atas, band ini beranggotakan 3 orang, yaitu Firda Kurnia (gitar dan vokal), Widi Rahmawati (bass dan vokal), serta Euis Siti Aisyah (drum). Meski secara keseluruhan mereka mengusung musik metal, namun mereka sendiri menyebut bahwa mereka beraliran Hip Metal Funky.

Lalu, bagaimana awal mereka bisa bertemu lalu membentuk band? Mewakili teman lainnya, Firda bercerita VoB mulai terbentuk sejak mereka masih berusia 14 tahun pada tahun 2014. Awal mula band ini berdiri setelah ketiganya mengikuti ekskul teater di sekolah. Mereka kemudian belajar membuat drama musikal. Setelah menampilkan drama musikal di sekolah, ketiga gadis cilik asal Garut ini mengaku menemukan passion mereka lebih ke musik bukan teater.

Mereka pun semakin menekuni dunia musik. Pada awalnya, band ini beranggotakan 7 orang, namun hanya 3 orang yang bertahan karena sisanya tak mendapat izin orangtua untuk membentuk band. Hal ini juga dirasakan oleh ketiga personel VoB.

“Awalnya tujuh orang tapi kita semua susah dapat izin orangtua. Kita di situ sama-sama berjuang buat dapat izin orangtua, akhirnya yang empat mundur. Orangtua nggak izinin karena kalau and itu masih jarang dilakuin sama cewek, orangtua juga khawatir, apalagi dunia musik itu dekat dengan pergaulan bebas,” cerita Firda seperti dikutip dari Detikcom, Rabu (12/4/2017).

View this post on Instagram

Hijabermetal

A post shared by VoB (Voice of Baceprot) (@voiceofbaceprot) on

Firda juga menjelaskan nama Baceprot dalam nama band mereka itu bukan berisik dalam arti negatif, namun lebih ke menyuarakan masalah yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Cara mereka menyuarakannya lewat lagu dan musik yang sesuai dengan genre band mereka.

Ketiga personel sangat peduli dengan dunia remaja saat ini yang begitu bebas. Mereka juga ingin mencurahkan perasaan para remaja terkait diskriminasi umur dalam mengejar passion masing-masing

VoB ternyata sudah cukup terkenal di Garut, dan sering mengisi berbagai event di kota tersebut. Mereka pun telah merilis beberapa single, seperti “Age Oriented” dan “The Enemy of Earth is You “. “Lagu Age Oriented itu tentang diskriminasi usia. Kita pernah mengalami yang namanya ditolak-tola event organizer karena masih kecil. Nah kami mencoba meluapkan kekecewan kita dengan lagu ini. Kalau The Enemy of Earth Is You menerangkan orang-orang yang suka merusak alam tapi mereka justru yang terlihat seperti memelihara alam,” jelas remaja yang kini berusia 16 tahun.

View this post on Instagram

Kehebatan Kartini terletak pada kekuatan pemikirannya akan perubahan,dia berani memberontak terhadap kejahatan pemikiran purba yang memasung kemerdekaan berkarya.Dia telah berhasil menginspirasi jutaan perempuan untuk berani membangun eksistensi. Semangat itu pula yang kini sedang coba diwujudkan oleh tiga perempuan pelajar ini,Firda(Vocal,guitar)Widi(bass)Sitti(drum) bermodal semangat dan keyakinan ketiganya mencoba mengeksplorasi potensi yang ada di dalam dirinya dengan membentuk band perempuan bernama VoB. Tanpa takut ketiga perempuan yang 'kekeuh' berhijab ini belajar membangun karya,bersanding sejajar tanpa harus menghilangkan identitas keperempuannnya. Selamat hari Kartini selamat mewujud karya untuk perbaikan moral anak bangsa. #superfriendsgarut #supermusicid #kartini #harikartini #music #karyaanakindonesia #hellprint #untukperempuan

A post shared by VoB (Voice of Baceprot) (@voiceofbaceprot) on

Masih baru, namun band ini terbukti handal dan telah meraih berbagai prestasi, misalnya enjadi Juara 1 Festival Pelajar BMI Vaganza Kab. Garut, Juara 2 and The Best Bassist Festival Pelajar Music For Friendship STH Garut, Juara 2 Sandez Music Fest dan Juara 1 Fossil Fest, dan beragam festival musik lainnya. Firdda mengaku VoB mulai dikenal setelah menjadi juara di Festival Pelajar BMI Vaganza Kab. Garut dan banyak tawaran menghampiri band mereka. Bukan tak mungkin mereka nantinya bakal bisa terkenal secara nasional, bahkan internasional.

Berikut ini adalah aksi mereka membawakan lagu “The Enemy of Earth is You”.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak