5 Tembok Paling Bersejarah di Dunia


Bukan hanya bangunan, tembok yang ada di dunia ini juga ada beberapa yang bersejarah, bahkan sejarahnya mendunia. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 tembok paling bersejarah di dunia.

1. Tembok Berlin, Jerman

Tembok Berlin (Huck Magazine)

Tembok Berlin adalah sebuah tembok pembatas terbuat dari beton yang dibangun oleh Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur. Tembok ini mulai dibangun pada tanggal 13 Agustus 1961. Blok Timur menyatakan bahwa tembok ini dibangun untuk melindungi para warganya dari elemen-elemen fasis yang dapat memicu gerakan-gerakan besar, sehingga mereka dapat membentuk pemerintahan komunis di Jerman Timur. Meski begitu, dalam prakteknya, ternyata tembok ini digunakan untuk mencegah semakin besar larinya penduduk Berlin Timur ke wilayah Berlin Barat, yang berada dalam wilayah Jerman Barat.

2. Tembok Kremlin, Moskow, Rusia

Tembok Kremlin (Sputnik News)

Tembok dari bata merah yang satu ini sudah berdiri selama 700 tahun. Panjang tembok ini mencapai 1,4 mil dan mengelilingi Lapangan Merah. Ada empat gerbang dari zaman abad pertengahan yang masih berdiri kokoh dengan 20 menara di sepanjang tembok ini. Di dalam tembok ini terdapat mausoleum tempat bersemayam jenazah para pemimpin tertinggi Rusia seperti Stalin dan Brezhnev.

3. Tembok Ratapan, Yerusalem

Tembok Ratapan (Merdeka)

Tembok Ratapan adalah tempat yang penting dan dianggap suci oleh orang Yahudi maupun Muslim. Tembok ini adalah sisa dinding Bait Suci di Yerusalem yang dibangun oleh Raja Sulaiman, putra Daud. Bait Suci itu hancur ketika Israel diserbu tentara Romawi pada tahun 70 Masehi. Panjang tembok ini aslinya sekitar 485 meter, dan sekarang sisanya hanyalah 60 meter. Orang Yahudi percaya bahwa tembok ini tidak ikut hancur sebab di situlah berdiam “Shekhinah” (kehadiran ilahi). Jadi, berdoa di situ sama artinya dengan berdoa kepada Tuhan. Tembok ini dulunya dikenal hanya sebagai Tembok Barat, tetapi kini disebut “Tembok Ratapan” karena di situ orang Yahudi berdoa dan meratapi dosa-dosa mereka dengan penuh penyesalan.

4. Tembok Hadrian, Inggris

Tembok Hadrian (History)

Tembok Hadrian atau Hadrianus adalah sebuah tembok pertahanan yang terbuat dari batu dan tanah. Tembok ini dibangun di Zaman Kekaisaran Romawi, dan melintasi Inggris Utara. Pembangunan tembok ini dimulai pada 122 M, saat pemerintahan Kaisar Hadrian. Tembok ini adalah tembok yang kedua yang membentang di Britania Raya, sementara tembok yang pertama membentang dari Sungai Clyde sampai Sungai Forth.

5. Tembok Besar Tiongkok

Tembok Besar Tiongkok (Pinterest)

Tembok yang terletak di Tiongkok ini merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia. Tembok Besar Tiongkok tidak panjang terus-menerus, tapi merupakan kumpulan tembok-tembok pendek yang mengikuti bentuk pegunungan Tiongkok Utara. Pada tanggal 18 April 2009, setelah investigasi secara akurat oleh pemerintah Republik Rakyat Tiongkok, diumumkan bahwa tembok raksasa yang dikonstruksikan pada periode Dinasti Ming panjangnya adalah 8.851 km. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak