5 Film Biopik Tokoh Nasional Indonesia yang Pernah Rilis

Hingga saat ini, sineas Indonesia pernah beberapa kali merilis film biopik yang menceritakan tentang tokoh-tokoh nasional. Berikut ini lima film di antaranya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Ketika Bung di Ende

Disutradarai oleh Viva Westi, film yang biaya produksinya didanai oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini memang tak diedarkan di bioskop biasa, melainkan disiarkan melalui stasiun televisi milik pemerintah, TVRI. Bercerita tentang kisah yang dialami Sukarno ketika diasingkan di Ende pada tahun 1934, di film ini ditunjukan bagaimana pergulatan batin Sukarno yang diasingkan bersama sang istri Inggit Garnasih, sang anak Ratna Djuami, dan ibu mertuanya Amsi. Dibintangi oleh Baim Wong sebagai Sukarno dan Paramita Rusady sebagai Inggit Garnasih, film ini juga menceritakan pengasingan Sukarno yang membuatnya banyak merenung, hingga konsep dasar negara yang pada 1945 dirumuskan sebagai Pancasila.

2. Sang Pencerah

Dibintangi oleh Lukman Sardi sebagai sosok pahlawan nasional Ahmad Dahlan, film yang disutradari oleh Hanung Bramantyo ini mengisahkan tentang perjuangan Ahmad Dahlan yang nggak banyak diketahui oleh publik. Selain mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah, di film ini juga diceritakan bagaimana Ahmad Dahlan muncul sebagai tokoh pembaharu Islam di Indonesia. Film ini juga berusaha menjadikan narasi sejarah sebagai pelajaran pada masa kini tentang toleransi, dan sikap saling menghormati antar keyakinan.

3. Guru Bangsa Tjokroaminoto

Dirilis pada tahun 2015 yang lalu, film yang dibintangi oleh Reza Rahadian yang berperan sebagai Tjokroaminoto ini banyak melibatkan aktor-aktor papan atas Indonesia, mulai dari Christine Hakim, Didi Petet, Alex Komang hingga Sujiwo Tedjo. Menceritakan kehidupan Tjokroaminoto yang terlahir dari kaum bangsawan Jawa dengan latar belakang keislaman yang kuat.

4. Jenderal Soedirman

Disutradarai oleh Viva Westi, film yang merupakan produksi dari studio Padma Pictures ini juga menggandeng pihak Markas Besar TNI Angkatan Darat RI dan Yayasan Kartika Eka Paksi untuk mendukung film ini. Dibintangi oleh Adipati Dolken sebagai Jenderal Soedirman, film ini menceritakan salah satu perjuangan paling dramatis dari Jenderal Soedirman ketika perang gerilya melawan tentara Belanda selama tujuh bulan  samapi tercapainya perjanjian damai Roem-Roeijen pada 14 April 1949.

5. Kartini

Film ini menceritakan kisah perjuangan Raden Ayu Kartini dalam memperjuangkan hak-haknya sebagai wanita atas pendidikan. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini dibintangi oleh sederet aktor dan aktris papan atas Indonesia. Mulai dari Dian Sastrowardoyo sebaga Kartini, Acha Septriasa, Ayushita, Reza Rahadian, hingga aktris senior Christine Hakim. (tom)

loading...

Jadi Berita Lain Dari Penulis

Comments

Loading...