BAGIKAN

Albert Einstein dikenal sebagai ilmuwan yang memiliki IQ tinggi, dan terbilang jenius. Dari beberapa sumber, IQ Einstein menyentuh angka 165, yang dalam tabel versi Terman’s Stanford-Binet tergolong sebagai Sangat Superior. Rupanya, kejeniusan Einstein masih bisa dikalahkan oleh tokoh sejarah lainnya, yang memiliki IQ jauh lebih tinggi daripada Einstein. Siapa saja? Berikut ini 5 tokoh sejarah dengan IQ tinggi yang mengalahkan IQ Einstein, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. John Stuart Mill

John Stuart Mill (Econlife)

John Stuart Mill lahir tahun 1806 dan wafat tahun 1873. Dia dikenal sebagai pakar ekonomi, seorang filsuf empiris dan seorang pemikir aliran utilitiranisme. Ia adalah akademisi berkebangsaan Inggris. Ia juga dikenal sebagai seorang jurnalis terkemuka di era reformasi Eropa abad 19 yang banyak menulis tentang ekonomi politik. Dia dikenang sebagai seorang pemikir ulung dan dijuluki sebagai pembicara filosofi paling berpengaruh pada abad ke-19. Diketahui John memiliki IQ sebesar 200.

2. Emanuel Swedenborg

Emanuel Swedenborg (Wikipedia)

Emanuel Swedenborg lahir tahun 1688 dan wafat tahun 1772. Ia akademisi berkebangsaan Swedia dan dikenal sebagai seorang ilmuwan, seorang filsuf dan teolog Kristen yang sering menuliskan tafsir Kitab Injil. Ia dikenal sebagai seorang ilmuwan yang produktif sepanjang kariernya. Menginjak usia 60 tahun Swedenborg memasuki fase spiritual dalam hidupnya. Ia mengaku sering mendapat “mimpi” dan “penglihatan”. Dari mimpi tersebut ia membuat klaim bahwa ia ditunjuk oleh Tuhan agar menulis doktrin surgawi untuk mereformasi ajaran Kristen. Dia diketahui memiliki IQ sebesar 205.

3. Johann Wolfgang von Goethe

Johann Wolfgang von Goethe (Famousauthors)

Johann Wolfgang Von Goethe lahir pada tahun 1749 dan meninggal pada tahun 1832. Goethe adalah seorang dramawan, seorang penyair, ilmuwan, novelis, negarawan, kritikus dan seorang seniman berkebangsaan Jerman. Dia adalah sosok yang dijadikan sebagai figur literatur Jerman pada era modern. Ia satu-satunya tokoh Jerman yang reputasinya naik secara bersamaan baik di kancah nasional maupun internasional sebagai seorang filsuf sekaligus komposer. Dia diketahui memiliki IQ sebesar 210.

4. Leonardo Da Vinci

Leonardo Da Vinci (Mos)

Leonardo Da Vinci lahir pada tahun 1452 dan meninggal pada tahun 1519. Da Vinci dikenal sebagai seorang jenius universal berkebangsaan Italia. Ada perdebatan tingkat kecerdasan Da Vinci yang meragukan IQ Da Vinci tidak sampai angka 200, meskipun demikian karya-karyanya menunjukkan Da Vinci seperti memiliki dimensi alam berfikir yang luas. Dia adalah praktisi dalam banyak bidang ilmu yang visi-visinya sangat maju ke depan melebihi zamannya. Dia dikenal seorang pelukis, penulis, pemahat, arsitek, dan insinyur. Kejeniusannya sudah banyak dikenal masyarakat dunia, bahkan ia adalah seorang yang jenius diantara para jenius, karena ia lebih menonjol dibandingkan dengan mereka yang memiliki kejeniusan. Tak heran Da Vinci memiliki IQ sebesar 220.

5. William James Sidis

William James Sidis (Wikipedia)

William James Sidis lahir pada tahun 1898 dan meninggal pada tahun 1944. Dia sosok yang disebut-sebut sebagai pemilik IQ lebih dari 250 atau kisaran 250 hingga 300. Ini merupakan yang tertinggi yang pernah dicatat dalam sejarah. William Sidis adalah seorang berkebangsaan Yahudi Rusia yang berimigrasi ke Amerika Serikat. Skor IQ-nya bahkan mengalahkan Da Vinci. Sidis sudah mampu makan sendiri dengan menggunakan sendok pada usia 8 bulan. Dia sangat cepat belajar dan memiliki rasa ingin tahu sangat besar. Dalam usia 2 tahun dia sudah gemar membaca koran New York Times setiap pagi. Dan pada usia 6 tahun sudah membuat karya tulis dalam bidang anatomi dan astronomi. Hal ini membuat Universitas Harvard terkesan dan menawarinya untuk menjadi mahasiswa ketika usianya menginjak 11 tahun. Saat muda ia juga dikenal tertarik dengan ilmu bahasa, dan rumor menyebutkan ia menguasai setidaknya 40 macam bahasa di dunia bahkan ada yang menyebut sampai 200 macam bahasa. (tom)

Apa Komentarmu