Keren, Bocah Asal Aceh Sulap Pohon Kedondong Jadi Energi Listrik


Meski zaman semakin berkembang, nyatanya beberapa wilayah Indonesia masih banyak yang belum terjamah listrik. Sehingga butuh terobosan-terobosan baru untuk menghasilkan energi listrik. Namun, tahukah kamu jika pohon kedondong bisa menghasilkan energi listrik?

Percaya atau tidak percaya, pohon kedondong memang bisa hasilkan listrik, lho. Adalah Naufal Rizki, pelajar kelas 2 MTSN Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh mampu menyulap pohon kedondong pagar jadi energi listrik tersebut. Uniknya, terobosan uniknya ini ditemukan berawal dari tugas sekolah. Bocah 15 ini mengaku sebelumnya hanya coba-coba.

“Awalnya saat saya mempelajari ilmu pengetahuan alam, saya membaca bahwa buah yang mengandung asam katanya bisa menghantarkan listrik, akhirnya saya lakukan uji coba pada buah kentang. Setelah itu saya berpikir lagi, kalau buahnya mengandung asam berarti pohonnya juga mengandung asam, akhirnya saya mulai melakukan eksperimen,” ucapnya seperti dilansir dari Sindonews.

Anak pertama dari dua bersaudara itu menjelaskan, ia pernah melakukan percobaan saat duduk di bangku Sekolah Dasar, ia memasukkan lempeng tembaga dan logam ke dalam kentang, ada arus listrik yang muncul. Eksperimen selanjutnya dilakukan pada pohon mangga dan pohon belimbing, tapi ternyata tidak layak. Akhirnya ia menemukan kedondong pagar yang kadar asam atau getahnya mampu menghantarkan listrik.

Didukung oleh sang ayah yang juga bekerja di bidang elektronik, hasil temuan energi dari pohon kayu ini memang sederhana, dengan rangkaian yang terdiri dari pipa tembaga, batangan besi, kapasitor dan dioda, arus listrik yang dihasilkan sangat tergantung kepada kadar keasaman pohon. Tiap lubang di pohon kedondong dapat menghasilkan arus listrik sebesar 1 Volt. Setiap pohon kedondong bisa dibuat 4 lubang dan menghasilkan 4 Volt. Maka listrik dari 4 pohon kedondong bisa menyalakan 1 lampu.

Penemuan Naufal ini telah diaplikasikan untuk menerangi puluhan rumah di Desa Tampur Paloh, Langsa, Aceh. Sebelumnya, Naufal sudah melakukan lebih dari 60 kali percobaan dan menelan biaya sekitar Rp14 juta. Dengan temuannya ini, satu rumah dapat dialiri listrik melalui sepuluh pohon kedondong pagar.

Berkat temuan luar biasa di usianya yang masih muda, ia menerima pujian langsung dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) akan memberi bantuan pendanaan guna mengembangkan penemuan Naufal menjadi energi listrik berskala besar.

Wah, sukses terus ya Naufal!


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak