Don't be Captious

Selain Kanvas, Inilah 5 Media Unik yang Bisa Dipakai untuk Melukis

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Media lukis yang dipakai bisa berupa kanvas, kertas, hingga film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukis. Rupanya, selain media yang sudah disebutkan tadi, ada pula media unik yang bisa dijadikan media lukis. Berikut adalah 5 media uniknya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Daun

Lukisan daun (Brilio)

Lukisan di atas daun ini dibuat oleh orang Tiongkok. Mereka menggunakan teknik pemotongan dan penghapusan dari mesofil daun itu untuk menghasilkan karya seni, tanpa memotong atau menghapus setiap urat daun.

2. Asap

Lukisan asap (Zupi)

Sekilas kita melihat, lukisan ini terbuat dari coretan arang. Namun setelah mengamati lebih dekat dan seksama, barulah menyadari karya-karya ini sepenuhnya terbuat dari asap. Rob Tarbell menciptakan lukisan ini dengan menggunakan asap, dia menggunakan asap untuk menciptakan karya seni sejak tahun 2007.

3. Sidik jari

Lukisan sidik jari (Artprize)

Lukisan yang hanya menggunakan sidik jari ini diciptakan oleh seniman asal New york yaitu Judith Braun. Dia menggunakan lukisan dinding simetris raksasa sebagai media melukisnya dan hanya menggunakan ujung jarinya sebagai kuas.

4. Ampas kopi

Media lukis ampas kopi (Imagess)

Buat kalian yang suka minum kopi lalu ampas kopinya dibuang, lebih baik kalian jadikan sebuah seni. Dengan menggunakan ampas kopi, kalian dapat melukis berbagai gambar unik seperti gambar di atas. Siapa tahu dengan membuat lukisan tersebut, kalian dapat menjual hasil karya seni dan mendapatkan uang.

5. Pisang

Lukisan pisang (Inhabitat)

Seorang seniman asal Amerika Serikat, membuat sebuah lukisan yang sangat nyeleneh. Lukisan tersebut dibuat di atas buah pisang. Dia mendapatkan ide tersebut saat melihat beberapa gambar hasil karyanya, tiba-tiba istri membawa pisang sebagai cemilan. Setelah itu dia terlintas ide untuk membuat sebuah lukisan di mana kulit pisang sebagai media lukisannya. (tom)

Latest article