Inilah Film-film Indonesia Berbahasa Daerah yang Tembus Festival Film Internasional


Para sineas Tanah Air semakin hari semakin berkembang dan maju dalam membuat karya. Banyak film anak bangsa yang kini mulai maju di kancah Internasional. Berbagai penghargaan pun diborong sineas Indonesia dari festival internasional. Bahkan beberapa di antaranya adalah film yang menggunakan bahasa daerah. Berikut adalah beberapa film berbahasa daerah yang sukses tembus festival film internasional, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Pertama ada film “Ziarah”. Film yang masih tayang di bioskop Indonesia ini bahkan tak menggandeng aktris dan aktor papan atas. Sebaliknya, sang sutradara, BW Purbanegara mengajak seorang warga lokal sebagai pemain utamanya. Film yang mengisahkan perjalanan Mbah Sri (Ponco Sutiyem) dalam mencari kuburan suaminya ini telah memenangkan empat penghargaan dalam dan luar negeri. Mbah Ponco juga masuk nominasi pemain terbaik meski notabene bukan dan belum pernah jadi artis.

Berikutnya ada film “Siti”. Film yang dibintangi Sekar Sari ini memenangkan sinematografi terbaik dan naskah film terbaik untuk kategori New Asia Talent Competition dalam Festival Film International Shanghai 2015. Film hitam-putih dan menggunakan Bahasa Jawa karena menceritakan sosok orang asli Jogja ini juga menang sebagai Best Performance dalam Singapore Film Festival ke-25.

Kemudian ada film “Prenjak”. Film ini sukses memenangkan Le Prix Découverte Leica Cine untuk film pendek terbaik Festival Film Cannes 2016. “Prenjak” bersaing dengan 10 film lainnya dari berbagai negara. Film garapan sutradara Wregas Bhanuteja ini mengisahkan Diah (Rosa Sinegar) yang menawarkan bagian intimnya dilihat seorang temannya dengan cara tak biasa. Percakapan dalam film berdurasi 12 menit ini pun dilakukan dalam Bahasa Jawa.

Lalu yang terakhir ada “Turah”. Film “Turah” merupakan sebuah drama berbahasa Tegal produksi Fourcolours Films yang disutradarai Wicaksono Wisnu Legowo. “Turah” sendiri mengangkat kehidupan sehari-hari yang dibintangi dari beberapa kalangan seperti aktor teater, wartawan, polisi, dan masyarakat Kampung Tirang sendiri. Film Turah menang dalam penghargaan Netpac Award dan tayang di 9th Bengaluru Internasional Film Festival 2017, India. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak