Seberapa Kuat Gigitan Dinosaurus T-rex?

Seperti yang ditunjukkan dalam film-film seperti “Jurassic Park”, kamu mungkin sudah tahu bahwa Tyrannosaurus rex alias T-rex adalah dinosaurus yang berbahaya. Namun, tahukah kamu seberapa kuat gigitan dinosaurus ini?

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Report menunjukkan bahwa rahang T-rex mampu menggigit dengan tekanan 3500 kg atau sekitar dua mobil. Ditambah dengan giginya, para peneliti memperkirakan bahwa tekanan total dari gigitan T-rex mencapai 195.500 kg per inci.

Hasil tersebut didapatkan setelah Paul Gignac dan Gregory Erikson menciptakan model tiga dimensi (3D) yang dapat memprediksi kekuatan gigitan reptil. Pertama, mereka mencoba mengujikan model tersebut pada buaya. Setelah berhasil, model tersebut kemudian diaplikasikan pada replika tengkorak T-rex.

T-rex (BBC)

Menurut para peneliti, kekuatan gigitan T-rex yang dapat menghancurkan tulang ini bahkan tidak bisa disaingi oleh reptil modern.

â??Dengan tekanan rahang yang mencapai 3500 kilogram dan tekanan gigi yang mencapai 195.500 kilogram per inci, T-rex selalu meninggalkan lubang yang dalam atau bahkan dapat memotong tulang,â? kata Gignac seperti dikutip dari Tech Times, Rabu (24/5/2017).

Lebih mengerikannya lagi, gigi T-rex yang berbentuk kerucut bisa tumbuh hingga beberapa inci dan diganti setiap dua tahun sekali.

T-rex (Dinosaurfarm)

Gignac mengatakan, mereka sangat bergigi. Sebagai contoh, rahang atas mereka memiliki 30 gigi. Tiga di antaranya (masing-masing sisi) sangat besar dan digunakan untuk merobek daging mangsanya atau memakan bangkai untuk melukai tulang.

Dengan kekuatan gigitan yang begitu mematikan, tidak heran bila T-rex tidak merasa kerepotan meskipun bentuk tangannya kecil. â??Dinosaurus ini adalah pemburu kepala karena segalanya dilakukan dengan kepala. Hal ini sangat bermanfaat karena ketika berhadapan dengan mangsa yang berukuran sama dengannya, pembunuhan harus dilakukan secepat mungkin,â? kata paleontologis Francois Therrien.

Tak heran jika T-rex merupakan salah satu dinosaurus paling mematikan dikarenakan kekuatan giginya yang begitu besar. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Salut, Bocah SD Ini Mampu Raih Penghasilan Jutaan Per Bulan

Kuasa Tuhan! Deretan Bangunan Ini Tetap Utuh Meski Diterjang Bencana Dahsyat