‘Masa Mesias Mesias’, Kritik Sosial Ala Barasuara


Sudah 2 tahun sejak Barasuara mengeluarkan album perdana mereka yang berjudul “Taifun”. Tentu para penggemar sudah tidak sabar untuk menanti album kedua band yang digawangi Iga Massardi, TJ Kusuma, Gerald Situmorang, Marco Steffiano, Asteriska Widiantini, dan Puti Chitaraini ini.

Akhirnya, kabar baik terdengar. Barasuara berencana untuk merilis album kedua mereka pada tahun 2018. Dan, demi membuat materi-materi lagu untuk album barunya, grup asal Jakarta ini harus mencari inspirasi untuk lagu yang akan mereka ciptakan.

Inspirasi tersebut tak jarang datang dari peristiwa yang sedang terjadi. Seperti lagu berjudul “Masa Mesias Mesias” yang kerap dibawakan mereka di beberapa acara musik. Menurut Iga, sang vokalis lagu tersebut menjadi cerminan keadaan sosial yang tengah hangat belakangan.

Iga Massardi (Malesbanget)

“Lagu tersebut sebenarnya sindiran yang cukup keras terhadap kondisi sosial. Kayak bentrokan sesama manusia berdasarkan suku, ras, golongan, dan kepercayaan dan ternyata sampai hari ini itu enggak membaik malah memburuk,” ujar Iga saat ditemui usai acara yang berlangsung di Kaffeine, SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Detikcom, Rabu (7/6/2017).

Keadaan tersebut dinilai mereka amat miris. Barasuara yang terdiri dari enam personelnya menganggap lagu tersebut menyuarakan pesan introspeksi pada banyak orang. “Ketika semua orang mau jadi juru selamat berlomba-lomba padahal yang harus diselamatin diri mereka sendiri,” imbuh sang vokalis.

Tak hanya lagu tersebut, beberapa lagu lainnya juga menggambarkan beragam kondisi sosial yang terjadi salah satunya lagu yang diberi judul “Hagia”.

“Lagu ‘Masa Mesias Mesias’ itu sebuah sindiran, tapi lebih keras. Kalau ‘Hagia’ sifatnya kan, harapan. Nah, kalau ini sindiran keras terhadap apa yang terjadi saat ini,” ujar ayah satu anak itu.

Iga Massardi memegang bass (YouTube)

Meskipun lagu ini tentang kondisi sosial, ada cerita unik saat menggarap “Masa Mesias Mesias”. Kabarnya, Iga yang awalnya berperan sebagai vokalis dan gitaris kali ini memainkan bass. Ya, Iga bertukar posisi dengan Gerald Situmorang, bassist Barasuara. Hal ini juga terjadi saat mereka membawakan lagu ini secara live.

Tak percaya? Berikut ini video saat mereka membawakan “Masa Mesias Mesias”.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak