Tips Mudah Agar Kopermu Tak Mudah Dibobol Saat Mudik Naik Pesawat


Agar Koper Tidak Dibobol Saat Mudik (independenttraveler.com)

Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Indonesia memiliki tradisi mudik yang tak pernah absen setiap tahunnya. Mudik alias â??Mulih Dhisikâ? dalam bahasa Jawa artinya pulang ke kampung halaman. Masyarakat yang merantau ke kota-kota besar akan pulang ke kampung halamannya untuk berkumpul bersama sanak saudara untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Maraknya pembobolan koper di beberapa transportasi umum, terutama bandara kerap kali terjadi saat mudik. Anehnya, kondisi koper terlihat baik-baik saja alias masih terkunci rapat.

Modus pembobolan koper yang sedang marak saat ini adalah dengan menggunakan bolpoin. Jadi, tanpa merusak gembok, pembobol bisa membuka resleting koper dengan cara menusuk resleting koper yang mereka incar. Lalu setelah mereka mengambil isi koper, mereka tinggal menarik reseleting yang tergembok ke arah berlawanan. Untuk mengantisipasi hal ini, JadiBerita punya beberapa tipsnya buat kamu. Yuk, simak!

1. Jangan Membawa Barang Berharga

Jangan Membawa Barang Berharga di Koper (travelfashiongirl.com)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah jangan sekali-kalinya membawa barang berharga dalam koper. Biasanya pembobol koper sudah memperhatikan gerak-gerikmu mulai dari masuk bandara. Jika mereka melihatmu hanya membawa tas kecil berisi ponsel dan dompet saja, tak menutup kemungkinan jika sisa barang-barang berhargamu diletakkan dalam koper. Bawalah barang berhargamu seperti laptop, tab, hingga kamera dalam tas ransel sehingga bisa kamu bawa ke kabin pesawat.

2. Bersih dari Segala Jenis Sticker

Sticker pada Koper (alicdn.com)

Penempelan sticker pada koper memang bisa membuat kopermu terlihat keren, tapi hal tersebut justru bisa berbahaya bagimu. Pasalnya tempelan sticker bisa membat tampilan kopermu jadi pusat perhatian karena terlihat sangat mencolok. Apalagi jika sticker dari penerbangan sebelumnya masih tertempel. Mesin scanner bandara bisa salah membaca barcode tersebut sebagai penerbangan saat ini.

3. Menggunakan Resleting dan Gembok Berstandar TSA

Gembok Standar TSA (preparadopravaler.com.br)

Saat membeli koper, alangkah baiknya jika kamu mengecek resleting dan gembok yang digunakan. Pilih resleting yang kuat sehingga tak mudah dicongkel. Biasanya resleting yang susah dicongkel adalah resleting yang besar dan kuat. Sedangkan untuk gembok, gunakan gembok berstandar TSA (Transportation Security Administration) yang sudah diakui oleh sistem bandara.

4. Gunakan Sabuk Koper

Sabuk Koper (alicdn.com)

Sabuk koper alias koper belt selain bisa menambah modis tampilan kopermu juga bisa mengamankan koper karena sabuk koper tersebut kebanyakan memiliki kunci gembok yang aman. Jadi selain sudah dikunci dari resletingnya, kopermu juga dikunci dari sabuknya. Penggunaan double kunci seperti akan membuat para pembobol koper kesusahaan dan merasa ribet sehingga mereka akan mengurungkan niat untuk membobol kopermu lalu beralih pada koper orang lain.

5. Lapisi Koper dengan Wrap Bandara

Wrapping di Bandara (www.247pragueairport.com)

Jika kamu belum ada persiapan seperti tidak ada sabuk koper, hingga gembok yang berstandar TSA, kamu bisa melapisi kopermu dengan plastik wrap yang disediakan oleh bandara setempat. Plastik wrap yang digunakan oleh bandara adalah plastik yang cukup tebal dengan beberapa kali gulungan sehingga kopermu jadi lebih aman. Biaya untuk wrapping ini biasanya berkisar antara Rp 50.000-Rp 100.000 saja kok JBers. Kamu bisa melakukan wrapping di depan konter check in.

6. Lindungi Koper dengan Cover Pengaman

Cover Koper (www.naftaliinc.com)

Tak ingin repot menggunakan wrapping koper di bandara? Kamu bisa menggunakan cover pengaman untuk koper yang banyak dijual online. Selain bisa menambah keren tampilan koper, cover pengaman koper juga bisa melindungi kopermu dari pembobolan. Fungsi cover pengaman sebenarnya sama saja dengan wrap bandara, hanya saja harganya lebih mahal sekitar Rp 300.000-Rp 400.000. Tapi kamu bisa menggunakannya berkali-kali sehingga lebih ekonomis.

7. Memilih Koper Tanpa Resleting

Koper Tanpa Resleting (www.bubule.com)

Kamu jadi ragu dan takut menggunakan koper beresleting? Gunakan koper tanpa resleting saja yang jauh lebih aman. Meski koper tanpa resleting tidak bisa menjamin 100% kopermu tak akan dibobol, tapi setidaknya kemungkinan kopermu dibobol semakin berkurang. Dari segi harga, koper tanpa resleting memang jauh lebih mahal dibanding koper beresleting sehingga kamu harus mengeluarkan kocek yang lebih.

Semoga tips di atas bisa sangat berguna bagi kamu yang akan melakukan perjalanan mudik. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak