Selain Kopi Luwak, 5 Kopi Asli Indonesia Ini Juga Sukses Mendunia


Negara kita kaya akan hasil alamnya. Salah satu adalah kopi. Kopi buatan Indonesia ini tak cuma terkenal di dalam negeri, tapi juga terkenal di luar negeri. Misalnya adalah kopi luwak, yang dikenal karena rasa dan harganya. Berikut adalah kopi asli Indonesia yang sukses mendunia selain kopi luwak, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Kopi Toraja

Kopi Toraja (Brilio)

Kopi yang sebagian besarnya berasal dari Toraja, Kalosi ini terkenal dengan rasa khasnya yang seperti rasa tanah dan hutan. Hal ini dikarenakan proses pembuatan kopinya setelah biji kopi dipetik. Banyak yang mengatakan bahwa jika kamu telah menyeruput kopi ini, rasa pahit pada kopi akan mendadak hilang. Kopi Toraja ini juga sangat digemari masyarakat Jepang dan Amerika Serikat.

2. Kopi Gayo

Kopi Gayo (Atjeh)

Seperti namanya, kopi ini berasal dari dataran tinggi Gayo di Aceh yang telah berkembang sejak tahun 1908. Kopi Gayo cukup terkenal di dunia karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas dan jika di cupping atau di test rasa dan aroma di daerah gayo hampir memiliki cita rasa kopi yang ada di seluruh dunia. Negara tujuan terbesar ekspor kopi ini adalah Amerika Serikat dan Uni Eropa.

3. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani (Boboid)

Kopi yang berasal dari Kintamani, Bali ini juga merupakan kopi organik yang masih menggunakan sistem pengairan tradisional. Kopi Kintamani memiliki kualitas kopi yang sangat baik karena ditanam di daerah yang sejuk dan dingin. Kopi Kintamani memiliki tekstur yang halus dan menciptakan rasa yang lembut di lidah. Penggemar kopi asal Bali ini sudah meluas hingga sampai ke daratan Jepang.

4. Kopi Wamena

Kopi Wamena (Tokopedia)

Kopi yang berasal dari Wamena ini bisa dibilang sebagai kopi organik yang memiliki kualitas terbaik. Hal ini disebabkan daratan Papua yang masih sangat subur sehingga menghasilkan kopi yang sangat baik. Beberapa pecinta kopi menyandangkan kopi ini sejajar dengan kopi Jamaica Blue Mountain, yang merupakan kopi Arabika premium asal Jamaica. Sejak tahun 2000, produksi kopi Wamena ini diekspor ke dataran Amerika, Singapura, Jepang, dan Australia.

5. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang (Brilio)

Kopi Sidikalang ditanam di daerah Bukit Barisan di bawah udara yang sejuk dan tanah yang kaya mineral sehingga tak heran jika menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik. Kopi Sidikalang masuk ke dalam jajaran salah satu kopi terbaik dunia dan banyak yang menyandingkannya dengan kopi kualitas Brasil. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak