Martabak Manis Indonesia Masuk Jajanan Favorit Dunia


Beberapa waktu lalu tepatnya pada tanggal 31 Mei sampai 4 Juni baru saja diadakan event World Street Food Congress 2017 di SM Mall of Asia Concert Grounds, Filipina. Di acara ini, sekitar 40 jajanan kaki lima dari penjuru dunia dihidangkan. Mulai dari Amerika, Jerman, Meksiko, Malaysia, Singapura, Jepang, India, Taiwan, Thailand, Indonesia, Filipina, Vietnam, dan banyak lagi.

Rupanya, dalam acara itu, salah satu jajanan Indonesia, yaitu martabak manis, menjadi salah satu jajanan favorit dalam festival tersebut. Antrean pembeli mengular sejak gerai dibuka. Mereka rela antre sejam lebih demi mendapatkan martabak dengan toping cokelat, keju, red velvet, dan macha tersebut.

Jefry Junus, koordinator gerai Indonesia, mengatakan, Rabu lalu, gerai martabak terpaksa tutup lebih awal karena kehabisan bahan. “Sekitar pukul 20.00, kami terpaksa tutup lebih cepat tiga jam lebih dari jadwal seharusnya,” katanya seraya menyebut total ada 350 piring terjual, seperti dikutip dari Kompascom, Selasa (11/7/2017).

Tahun lalu, martabak manis juga menjuarai jambore kuliner dunia tersebut. Antrean di gerai martabak kala itu, Markobar, bahkan mencapai 1 km lebih. Markobar mencatat penjualan terlaris pada jambore World Street Festival Congress 2016.

Selain martabak manis asal Indonesia, berikut adalah 4 jajanan favorit lainnya dari festival makanan tersebut, seperti dilansir dari Our Awesome Planet.

1. Aloo Tikki, India

View this post on Instagram

Aloo Tikki from @wsfcongress2017

A post shared by Leonard Lim (@leonardsylim) on

Aloo Tikki adalah jajanan kaki lima favorit dunia yang berasal dari India. Terbuat dari kentang rebus, bawang, dan berbagai varian bumbu rempah yang kaya rasa. Aloo Tikki yang disajikan seperti kroket ini punya tekstur renyah di luar tapi lembut di dalam. Toppingnya menu satu ini adalah keju, wortel, acar, dan bumbu kari.

2. Salted Egg Pork, Singapura

Babi goreng dicampur dengan saus kuning telur yang gurih membuat menu jajanan kaki lima ini disukai para traveler dunia. Perpaduan rasa yang dihasilkan sangatlah sempurna. Di Singapura, salted egg pork biasanya disajikan dengan tambahan cabai dan kentang goreng sebagai pelengkap.

3. Nasi Lemak, Malaysia

Nasi Lemak (Shutterstock)

Nasi lemak khas Malaysia dan Singapura yang hampir mirip dengan nasi uduk Indonesia ini terkenal karena rasanya yang kaya. Jelas saja, nasi lemak dimasak menggunakan santan kelapa dan disajikan dengan berbagai macam pelengkap, mulai dari ayam goreng, kacang, sambal, telor, timun, sayuran, dan ikan goreng.

4. Banh Xeo, Vietnam

https://www.instagram.com/p/BWFK_hIFPz6/

Banh Xeo adalah pancake khas Vietnam. Menu satu ini terbuat dari tepung beras, tauge, udang, kunyit, dan potongan daun bawah. Pancake khas tersebut jadi terasa makin nikmat karena disajikan dengan lalapan dan saus. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak