Menikmati Sejuknya Danau Gunung Tujuh Jambi, Danau Tertinggi di Asia Tenggara

Danau Gunung Tujuh di KabupatenKerinci termasuk dalam keunikan wisata yang dimiliki Provinsi Jambi. Lokasi danau terletak di Gunung Tujuh dengan luas sekitar 960 hektar, panjang 4,5 km, serta lebar 3 km. Danau Gunung Tujuh adalah danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara karena berada di ketinggian 1.996 meter di atas permukaan laut.

Danau Gunung Tujuh (Airyblog)

Danau Gunung Tujuh ini berlokasi di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Di sini, pengunjung bisa menikmati panorama yang hijau, dan air danau jernih. Berada di ketinggian, jelas udara di sini masih segar, asri dan alami. Lokasi ini rupanya juga masuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Danau Gunung Tujuh (Bocahrimba)

Dilihat dari sejarahnya, Danau Gunung Tujuh tercipta karena letusan gunung api yaitu Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci. Dari letusan itu, terbentuklah kawah yang cukup luas, dan kemudian kawah itu terisi air hujan sehingga menjadi danau. Danau Gunung Tujuh mengaliri beberapa sungai di Jambi, salah satu alirannya bermuara di Sungai Batanghari.

Danau ini dinamai Danau Gunung Tujuh karena dikelilingi oleh tujuh gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 m), Gunung Madura Besi (2.418 m), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 m), Gunung Selasih (2.230 m), Gunung Jar Panggang (2.469 m), dan Gunung Tujuh (2.735 m).

Danau Gunung Tujuh (Bocahrimba)

Untuk bisa mencapai danau ini, pengunjung diharuskan melakukan pendakian terlebih dulu. Jalur pendakian ini terdiri dari dua jalur. Jalur pertama, lebih landai namun jarak tempuhnya lebih jauh dan jalur kedua, memiliki tanjakan yang curam namun jaraknya lebih dekat. Keduanya nantinya bakal bertemu di tujuan akhir yang sama, yaitu tepi Danau Gunung Tujuh. Dari situ, para pendaki dapat langsung melihat danau tertinggi di Asia Tenggara itu.

Danau Gunung Tujuh (Tribunnews)

Selain sebagai tempat wisata, Danau Gunung Tujuh juga digunakan penduduk lokal sebagai sumber mata pencaharian. Beberapa masyarakat lokal berprofesi sebagai nelayan dan mencari ikan di danau tersebut. Kamu bahkan juga bisa menyewa sampan nelayan dan mendayung menjelajahi luasnya danau sambil merasakan udara dingin yang tak bisa kamu rasakan di kota. (tom)

Pembaca Lain Juga Suka Dari Penulis

Apa Komentarmu

Loading...