5 Penginapan Murah di Solo yang Nggak Bikin Kantong Kempes

Hotel Murah di Solo (bstatic.com)

Solo termasuk dalam kota wisata yang sangat ramah dengan kantong para wisatawannya. Kota yang terletak di Jawa Tengah ini tampil dengan berbagai macam pilihan tempat wisata mulai dari Museum Batik Danar Hadi, Candi Cetho, Kampoeng Batik Laweyan, Keraton Surakarta Hadiningrat, hingga wisata alam seperti Grojogan Sewu, Air Terjun Jumog, dan masih banyak lagi. Solo juga memiliki  kuliner khas tradisional yang tidak dimiliki daerah lain. Contohnya saja nasi liwet solo, sate buntel, timlo, tahu kupat, serabi solo, selat solo, hingga tengklek. Tak heran jika kota ini benyak diincar wisatawan, termasuk para backpacker. Ketika melakukan traveling, tentunya penginapan menjadi salah satu hal yang memerlukan dana cukup banyak. Tapi kamu tak perlu khawatir lagi JBers karena JadiBerita akan memberikan lima list penginapan murah di Solo yang nggak bikin kantong kamu kempes, yaitu:

1. Hotel Puspita Baru

Hotel Puspita Baru (jalansolo.com)

Hotel murah pertama di Solo adalah Hotel Puspita Baru yang lokasinya dekat dengan Kampung Batik Laweyan, tepatnya berada di Jalan Dr Rajiman 404, Solo. Hotel ini memiliki interior bangunan khas rumah tempo doeloe dengan aksen bambu dan kayu yang mendominasi ruangan. Untuk dapat menginap di sini, harga per kamar yang ditawarkan mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 150.000 dengan fasilitas ekstra bed, kipas angin, TV, dan kamar mandi dalam. Hotel ini dilengkapi dengan musholla dan minimarket kecil yang menjual minuman serta makanan ringan.

2. Hotel Tiara Puspita

Hotel Tiara Puspita (jalansolo.com)

Hotel Tiara Puspita lokasinya tak terlalu jauh dari stasiun Purwosari Tiara, Pusat Belanja Solo Grand Mall, dan Kampoeng Batik Laweyan. Jika ditempuh dengan kendaraan, hanya sekitar 5-10 menit saja. Hotel yang menyediakan sekitar 27 kamar ini terletak di Jalan Dr Radjiman Nomor 404 C, Laweyan. Memang lokasinya masih satu jalan dengan Hotel Puspita Baru. Di sini harga menginap per malam yang ditawarkan mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 190.000 dengan fasilitas ekstra bed, kipas angin, TV cable, camilan ringan, dan juga wifi untuk kamu yang suka internetan.

3. Hotel Trihadi

Hotel Trinadi Solo (jalansolo.com)

Hotel Trihadi adalah hotel yang eletaknya sangat strategis, yakni dekat dengan Stasiun Balapan dan Terminal Tirtonadi yang merupakan terminal pusat kota Solo. Lebih tepatnya lokasi Hotel Trihadi berada di Jalan Monginsidi 97, Solo. Ada beberapa tipe kamar yang bisa kamu pesan, mulai dari tipe kamar seharga Rp 75.000 hingga Rp 150.000. Fasilitas yang ditawarkan tidak terlalu banyak memang karena hanya ada kipas angin, AC, dan TV. Tapi selain dekat dengan Stasiun Balapan, hotel ini juga dekat dengan tempat-tempat wisata seperti Taman Sriwedari, Museum Radya Pustaka, Pasar Solo, dan masih banyak lagi.

4. Hotel Kota

Hotel Kota di Solo (tripadvisor.com)

Hotel Kota terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomor 125, Laweyan. Lokasinya sangat dekat dari Solo Grand Mall dan Kampung Batik Laweyan. Hotel berlantai dua ini mematok harga kamar mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 130.000 tergantung tipe kamar yang kamu pilih. Gaya arsitekturnya dibilang sangat sederhana karena hotel ini termasuk sudah cukup lama didirikan. Tapi suasana yang diberikan cukup nyaman. Kamu bisa dengan mudah mengakses jalan raya dan menemukan sarana transportasi umum di depan hotel ini untuk dapat berkeliling kota Solo.

5. Hotel Puteri Sari

Hotel Putri Sari (putrisari.com)

Terakhir ada Hotel Puteri Sari yang terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomor 362. Hotel ini memiliki puluhan kamar dengan tiga tipe kamar, yakni tipe standar, VIP, dan VVIP yang dimulai dengan harga Rp 95.000 hingga Rp 225.000. Fasilitas yang ditawarkan mulai dari ekstra bed, sarapan, TV cable, dan pastinya wifi 24 jam yang bisa digunakan untuk tamu yang memesan tipe kamar apa saja. Hotel Puteri Sari dekat dengan Center Point Solo, Stadion Manahan, Solo Square, dan Solo Paragon Lifestyle Mall. Kamu juga tak akan kesulitan menemukan angkutan umum di sini.

Semoga kelima hotel di atas harganya sangat cocok dengan budget traveling kamu ke Solo ya JBers! (jow)

Written by Merna Arini

Buka jendela ilmu dengan membaca.

5 Trik Pintar Agar Barang Bawaanmu Tidak Kelebihan Bagasi

Cocok untuk Bulan Madu, Ini 5 Kota Paling Romantis di Indonesia