Bangga, Perenang Indonesia Raih Medali Emas dan Pecahkan Rekor di SEA Games 2017


Anak bangsa kembali berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Prestasi ini diraih oleh perenang bernama I Gede Siman Sudartawa dalam ajang SEA Games 2017. I Gede Siman Sudartawa tak hanya sukses meraih medali emas cabang olahraga renang SEA Games 2017 di nomor 50 meter gaya punggung. Dia juga memecahkan rekor.

Final cabang olahraga renang 50 meter gaya punggung digelar di National Aquatics Center, Bukit Jalil, Senin petang. Siman tampil sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 25,20 detik, disusul atlet Singapura Zheng Wen Quah dengan 25,39. Medali perunggu diraih Paul Le Nguyen dari Vietnam dengan 25,82 detik.

Ada kelegaan yang dirasakan I Gede Siman Sudartawa setelah mendapatkan medali emas. Penebusannya atas kegagalan dua tahun lalu berhasil. Emas ini jadi penebusannya atas kegagalan di SEA Games 2015. Yang lebih memuaskan, kemenangan kali ini juga didapatkan atas lawan yang menaklukkannya di Singapura lalu, Zheng Wen Quah. Kali ini, giliran Zheng yang mendapatkan perak.

“Iya seperti yang dua tahun lalu, aku pasang target sendiri emas. Jadi aku pengen balikin lagi emas yang dua tahun lalu nggak bisa aku raih. Sekarang aku mau buktiin, di SEA Games ini biar dapat emas di nomor 50 meter,” ujar Siman seperti dikutip dari Detikcom, Rabu (23/8/2017).

I Gede Siman Sudartawa (Detik)

“Akhirnya aku dapat emas, sangat bersyukur sekali. Terutama dengan dukungan orang tuaku yang sangat besar. Dari pelatih, dari team mate, dari seluruh masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Perenang 22 tahun ini menyebut dirinya banyak mengalami perubahan menuju ke SEA Games dari sisi teknik. Arahan dari pelatih Grant Stoelwinder terbukti berhasil mengantarkannya ke podium tertinggi.

“Ya di tiap kejuaraan dilihat lagi kekurangannya di mana, di benerin lagi pada saat latihan. Trus aku juga dapat pelatih baru dari Australia. Dia memperhatikan teknik aku sangat detail. Jadi banyak yang diubah dalam teknikku,” ujarnya.

Selain Siman, ada juga perenang lain yang berprestasi. Di nomor 400 meter gaya bebas putra, Aflah Fadlan Prawira merebut perak dengan catatan waktu 3 menit 54,15 detik. Meski hanya berbuah medali perak, catatan waktu itu sudah memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri, yaitu 3 menit 55,38 detik.

Dari nomor 100 meter gaya punggung putri, Nurul Fajar Fitrianti meraih medali perak dengan catatan waktu 1 menit 4,10 detik. Dia memecahkan rekor nasional sebelumnya yaitu 1 menit 4,37 detik atas nama Kania Ratih.

Perak lainnya datang dari nomor 50 meter gaya kupu-kupu putra atas nama Triady Fauzi Siddiq. Dia mencatat waktu 24,01 detik untuk memecahkan rekor nasional atas nama Glenn Victor, yaitu 24,08 detik.

Sementara itu, perunggu diraih dari nomor estafet 4×100 meter gaya bebas putri dengan catatan waktu 3 menit 50,56 detik. Catatan waktu itu memecahkan rekor nasional sebelumnya, yaitu 3 menit 52,15 detik.

Sukses terus untuk Indonesia, semoga bisa menambah medali emas lagi yang menunjukkan taringnya pada dunia. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak