Ini 5 Desa Unik yang Cuma Ada di Indonesia


Keunikan Indonesia dibandingkan dengan negara lain adalah adanya desa-desa unik yang sangat kental akan budaya. Berikut adalah 5 desa unik yang hanya di Indonesia, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran (Famous)

Desa Penglipuran terletak di Bangli, Bali. Konon katanya desa ini disebut-sebut sebagai desa paling bersih di Pulau Dewata, bahkan dunia. Desa wisata ini memang tak begitu besar, luas desa ini hanya 112 hektar dengan 9 hektarnya dipakai untuk pemukiman. Udara dan keadaan desa ini masih asri serta sangat kental dengan budaya Bali. Hal ini terlihat dari bangunan khas Bali di kanan dan kiri.

2. Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo (Famous)

Desa Wae Rebo berada di kecamatan Satarmase, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Yang menjadi daya tarik utama desa ini adalah rumahnya yang berbentuk kerucut. Untuk pemandangan di desa ini tak perlu diragukan lagi, hamparan gunung dan hijaunya alam bisa kita nikmati setiap harinya, karena letak desa ini yang berada di ketinggian.

3. Desa Trunyan

Desa Trunyan (Famous)

Sama seperti Desa Penglipuran, Desa Trunyan juga ada di Bangli, Bali. Desa ini dikatakan sebagai desa unik karena budaya dan adat istiadat tak lazim yang masih terjaga di desa ini. Pemandangan yang hijau di desa ini dilengkapi dengan banyaknya tengkorak manusia yang berserakan. Seram pasti, namun hal inilah yang membuat Desa Trunyan menjadi unik.

4. Desa Baduy

Desa Baduy (Famous)

Sesuai namanya, Desa Baduy dihuni oleh Suku Baduy. Di sana, kamu bisa melihat rumah-rumah mereka yang terbuat dari bambu dan tertata rapi. Sungai yang mengalir di pemukiman ini juga sungguh jernih, karena Suku Baduy sangat menghargai alam. Desa Baduy sendiri terbagi menjadi dua yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam. Bagi kamu yang ingin datang ke desa ini bisa langsung mengunjungi Desa Ciboleger yang menjadi pintu masuk menuju pemukiman Suku Baduy.

5. Desa Kete Kesu

Desa Kete Kesu (Famous)

Desa Kete Kesu yang terletak di Tana Toraja, Sulawesi Selatan ini mempunyai keunikan yang tak biasa. Masyarakat di desa wisata ini punya kepercayaan bahwa menguburkan jenazah manusia di tebing batu adalah hal baik. Di desa ini, ada dua cara pemakaman. Jenazah ada yang ditaruh di gunung batu dan gua alam, atau makam rumah yang disebut patane dalam bahasa Toraja. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak