Berlaga di America’s Got Talent, Demian Diklaim Pesulap Asal Malaysia


Tentu kita masih ingat dengan aksi pesulap Demian Aditya dalam ajang “America’s Got Talent” alias AGT, beberapa waktu lalu. Meski tak berhasil melaju ke tahap berikutnya, Demian tetap bisa membawa nama Indonesia ke kancah dunia.

Keberhasilan Demian dalam aksi pertamanya membuat netizen dari luar Indonesia, yaitu Malaysia, kemudian mengklaim Demian adalah pesulap kelahiran Malaysia, tepatnya di Sarawak.

Pernyataan ini dicuit oleh salah satu netizen Malaysia bernama Azlan Sulaiman dengan akun Twitter bernama @abangjujur. Cuitannya itu dipost pada tanggal 2 Juni lalu.

“Demian Aditya, anak kelahiran Sarawak (Malaysia) yang kini menetap di Jakarta melakukan aksi berani mati di AGT! #MalaysiaTrulyAsia,” cuit netizen Malaysia tersebut, sambil memberikan video aksi pertama Demian.

Tentu saja, hal ini membuat netizen Indonesia marah. Dapat dilihat di kolom komentar, netizen Indonesia berusaha mati-matian menjelaskan bahwa Demian asli Indonesia, bukan dari Malaysia. Hal serupa juga dibalas oleh netizen Malaysia, yang tetap gigih mengatakan bahwa Demian adalah orang Malaysia.

Hingga akhirnya ada satu netizen Indonesia yang membuktikan bahwa Demian adalah kelahiran Tegal, Indonesia. Dari situlah perdebatan mulai mereda.

Terkait pengklaiman Demian ini, baru-baru ini mantan mentalist Indonesia, Deddy Corbuzier, memberikan pendapatnya. Bukan membela netizen Indonesia, Deddy justru ingin menyerahkan Demian ke Malaysia. Hal ini dilakukannya untuk menyindir netizen Indonesia.

“Menurut saya, kasih saja Demian itu ke Malaysia! Kenapa kita enggak kasih? Kita itu sudah enggak butuh yang namanya Demian. Buang dia ke Malaysia!” ujar Deddy dalam video terbarunya di YouTube.

“Jadi kebetulan orang Malaysia ini juga sudah mengklaim Demian. Pada saat dia main dulu orang Malaysia banyak sekali komen mengklaim Demian bahwa Demian itu asalnya dari Malaysia. Kita kasih saja Demian ke Malaysia, toh kemarin mainnya gagal,” sindir Deddy.

Yang dikatakan Deddy memang ada benarnya. Deddy berpendapat netizen Indonesia tak berhak marah atas klaim dari Malaysia tersebut. Faktanya, banyak netizen Indonesia yang mengaku malu melihat kegagalan Demian di AGT.

“Saya punya faktanya kenapa Indonesia tidak butuh Demian lagi. Pada saat dia main gagal, ratusan bahkan 70 persen orang Indonesia mengatakan enggak butuh dia lagi. Kalau 70% mengatakan dia jelek, enggak ada gunanya, ‘gue tahu caranya’, dan keluar kata-kata yang kasar, artinya Indonesia tidak butuh lagi Demian. Kasih saja ke Malaysia!” tegas Deddy.

Deddy juga mengaku heran saat orang Indonesia marah jika warga Malaysia mengklaim Demian Aditya. Deddy juga meminta agar publik Indonesia lebih menghargai karya anak bangsa agar tak diklaim oleh negara lain.

“Dude, kita marah ketika diklaim oleh Malaysia, tapi kita tidak pernah menghargai apa yang diklaim sama mereka,” ujar Deddy. “Kita marah saat bendera kita terbalik, kita marah pada saat mereka curang. Kita wajar, patut untuk marah. Tapi ada hal yang harus kita pikirkan. Apakah kita sudah menghargai budaya dan karya anak bangsa kita sendiri?” lanjutnya.

Ucapan Deddy ini bisa jadi renungan buat kita, sudahkah kita menghargai apa yang telah dihasilkan oleh anak bangsa? Mari kita bertanya pada diri kita masing-masing. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak