Ini 5 Daerah di Indonesia yang Penduduknya Paling Panjang Umur


Bicara mengenai orang yang panjang umur, biasanya berada di luar negeri. Rupanya, di Indonesia juga ada daerah yang orang-orangnya punya masa hidup lebih lama dari yang lain. Jadi bukan hal yang aneh kalau di sana, banyak ditemui kakek-nenek yang masih bisa berdiri tegak layaknya orang yang masih muda. Daerah mana saja? Berikut kelima daerahnya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur (Photobucket)

Yang unik di daerah ini adalah angka harapan hidupnya juga makin bertambah tiap tahunnya. Dari yang semula hanya sekitar 70 tahunan, kini meningkat dengan jadi 73 tahun. Bisa dibilang kalau berbagai faktor mempengaruhi hal ini, mulai dari keadaan tempat tinggal yang nyaman hingga angka perceraian di sana yang juga sangat minim. Jadi bukan hal yang aneh kalau orang di sana bisa dibilang awet muda.

2. Jawa Tengah

Jawa Tengah (Tribunnews)

Menurut BPS, angka harapan hidup di Jawa Tengah ternyata sampai 72 tahun. Itupun akan terus bertambah seiring bertambahnya tahun. Bahkan diduga sampai tahun 2035 nanti, kurang lebih angka harapan hidup di sana bisa mencapai 75,3 tahun. Hal ini diduga berasal fasilitas kesehatan yang baik serta lingkungan yang sangat mendukung. Ini juga membuktikan bahwa semakin nyaman tempat tinggalnya, maka penduduknya juga makin panjang umur.

3. Kalimantan Utara

Kalimantan Utara (Qiblati)

Kota-kota di daerah ini rupanya harapan hidupnya sangat berbanding tipis dengan Kalimantan Timur, yaitu sekitar 73 tahunan. Hal ini bisa menjadi prestasi bagi daerah Kalimantan Timur, pasalnya bisa dibilang kalau daerah yang hampir berumur panjang berasal dari daerah tersebut. Apalagi ketika dibandingkan dengan daerah lain, di Indonesia yang rata-rata harapan hidupnya sekitar 60 an tahun.

4. DKI Jakarta

DKI Jakarta (Mc468)

Meski banyak yang bilang hidup di Jakarta itu keras, namun nyatanya angka harapan hidup di ibukota Indonesia ini cukup tinggi, yaitu hingga 72 tahun. Rupanya, tingginya angka harapan hidup ini disebabkan oleh lengkapnya fasilitas yang ada di Jakarta, seperti pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Dengan angka setinggi itu, menurut National Geographic, tahun 2035 angka harapan hidup di Jakarta ini akan meningkat hingga 74 tahun.

5. Yogyakarta

Yogyakarta (Kompasiana)

Menurut data yang dikemukakan oleh BPS, angka harapan hidup paling tinggi di Indonesia adalah kota Yogyakarta. Rata-rata harapan hidupnya adalah sekitar 74,2 tahun. Angka ini terus meningkat sejak tahun 2010 hingga sekarang.Ternyata hal ini dipengaruhi oleh tingkat kesehatan orang Yogyakarta yang masuk dalam kategori tinggi. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak