Dengan 29 Gelar Akademik, Ini Deretan Manfaat yang Didapat Welin Kusuma


Ilmu yang dipelajari saat duduk di bangku sekolah, atau saat kuliah, tak akan terbuang percuma jika kita memang serius mempelajarinya. Hal ini juga terjadi pada pria peraih gelar terbanyak di Indonesia, Welin Kusuma.

Pria kelahiran Makassar ini mengatakan bahwa semua ilmu dan pelajaran yang telah dia dapat selama kuliah sangat membantunya dalam pekerjaan yang dia tekuni saat ini.

“Sampai saat ini saya memperoleh 29 gelar yang terdiri dari 11 gelar S1, 3 gelar S2 dan 15 gelar profesi. Pengetahuan dalam berbagai disiplin ilmu telah saya peroleh dalam proses mendapatkan gelar tersebut. Pengetahuan tersebut saya terapkan dalam seluruh aktivitas saya,” katanya saat diwawancara tim jadiBerita beberapa waktu lalu.

Welin Kusuma (Facebook)

Lebih jauh, semua gelar yang telah dia raih cukup membantunya dalam berbagai pekerjaan yang ditugaskan kepadanya. “Saat ini saya bekerja di perusahaan multinasional di Surabaya, dari awal bekerja sampai sekarang, saya telah ditugaskan di berbagai bidang antara lain bidang produksi yang membutuhkan pengetahuan di bidang teknik industri dan statistika, saya juga pernah menangani project sistem informasi yang menggunakan pengetahuan di bidang teknik informatika dan manajemen, selain itu saya bertugas membuat dan memonitor budget yang harus didukung oleh pengetahuan di bidang keuangan, akuntansi dan perpajakan,” ungkapnya.

Selain bidang yang telah disebutkan di atas, masih ada lagi pekerjaan lain yang dia geluti, yaitu sebagai konsultan pajak dari Direktorat Jenderal Pajak. Pernah kuliah di manajemen keuangan, tentunya pekerjaan ini bukan menjadi masalah baginya.

“Di luar pekerjaan pada perusahaan tersebut, saya merupakan konsultan pajak yang berlisensi tingkat C (perpajakan internasional) dari Direktorat Jenderal Pajak. Saya terlibat memberikan konsultasi perpajakan kepada klien saya antara lain laporan perpajakan dan amnesti pajak. Dengan pengalaman saya sebagai konsultan pajak, secara bertahap saya akan membangun konsultan terintegrasi dalam berbagai bidang,” kata Welin Kusuma.

Wawasan luas yang dimiliki Welin setelah mengikuti kuliah di berbagai jurusan juga memberikan manfaat lain, yaitu sering diundang ke memberikan motivasi kepada mahasiswa di kampus.

“Pengalaman saya menempuh pendidikan berbagai disiplin ilmu juga mendorong beberapa perguruan tinggi mengundang saya memberikan motivasi kepada mahasiswa di kampus, antara lain Universitas Bengkulu, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, Universitas Stikubank Semarang bahkan kampus tempat saya kuliah Universitas Terbuka setiap semester mengundang saya memberikan motivasi dan tips kuliah bagi mahasiswa baru,” katanya.

Bahkan, selain diundang secara langsung oleh universitas, Welin Kusuma juga memberikan konsultasi pendidikan secara online melalui media sosial. Tak hanya di Indonesia, Welin telah melebarkan sayapnya ke Asia Tenggara bahkan sampai Amerika, Eropa, dan Afrika.

Welin Kusuma (Facebook)

“Saya juga sangat terbuka untuk memberikan konsultasi pendidikan kepada siapapun baik secara langsung maupun online melalui sosial media yang menjangkau seluruh dunia mulai di Indonesia, Asia Tenggara seperti Thailand, Singapore, Malaysia, bahkan sampai Amerika, Eropa, dan Afrika. Saya banyak memberikan konsultasi pendidikan mengenai pilihan universitas, program studi, biaya pendidikan, tips-tips kuliah sambil bekerja dan memberikan motivasi kepada calon mahasiswa, mahasiswa aktif, bahkan mahasiswa yang terancam drop out,” jelasnya.

Lalu, apa rencana Welin Kusuma dengan semua gelar dan pengalaman yang dia miliki? “Ke depan, saya dan teman-teman dari Universitas Terbuka berencana membangun komunitas pembelajaran secara online dan tatap muka yang terbuka untuk umum,” jawabnya.

Berikut ini adalah daftar semua gelar akademik yang berhasil diraih Welin Kusuma hingga saat ini.

Gelar S1:
1. Sarjana Teknik/S.T.
2. Sarjana Ekonomi/S.E
3. Sarjana Sosial/S.Sos
4. Sarjana Hukum/S.H
5. Sarjana Komputer/S.Kom
6. Sarjana Sastra/S.S
7. Sarjana Administrasi Publik/S.AP
8. Sarjana Statistika/S.Stat
9. Sarjana Akuntansi/S.Akt
10. Sarjana Ilmu Komunikasi/S.I.Kom
11. Sarjana Ilmu Pemerintahan/S.IP

Gelar S2:
12. Magister Teknik/M.T.
13. Magister Sains Manajemen/M.SM.
14. Magister Kenotariatan/M.Kn.

Gelar profesi:
15. Registered Financial Planner Indonesia
16. Certified Professional in Brand Development
17. Certified Professional in Product Management
18. Certified Financial Planner
19. Affiliate Wealth Manager
20. Bersertifikat Konsultan Pajak
21. Qualified Wealth Planner
22. Certified Professional Human Resources
23. Indonesia Certified Professional Marketer
24. Associate Estate Planning Practitioner
25. Certified Behavioral Analyst
26. Certified Management Accountant
27. Certified Professional Management Accountant
28. Certified International Business Analyst
29. Certified Business Valuer

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak