5 Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Kamu Lulusan Sastra


Mungkin banyak yang menganggap bahwa mahasiswa lulusan sastra bakal sulit mencari kerja. Padahal kenyataannya tidaklah demikian, karena ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan orang lulusan sastra, entah itu Sastra Inggris, Jepang, Arab, atau jurusan lainnya. Nggak ada alasan lagi buat kamu untuk bingung mencari kerja setelah lulus. Berikut ini daftar pekerjaannya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Editor

Ilustrasi editor (Npr)

Karena sudah diajarkan untuk selalu teliti dan membuat kalimat demi kalimat menjadi satu alinea yang padu, kehadiranmu sudah dinantikan di kantor penerbit seluruh Indonesia untuk menjadi seorang editor. Kamu juga bisa menjadi editor di media baik cetak maupun daring. Umumnya gaji editor sekitar Rp 3 juta hingga Rp 8 juta per bulannya, tergantung di mana dia bekerja.

2. Copywriter

Ilustrasi copywriter (Jobsforeditors)

Dengan berkembangnya industri periklanan di era digital ini, peluang menjadi copywriter alias penulis naskah iklan semakin terbuka lebar.Dalam dunia kepenulisan, gaji copywriter termasuk yang tertinggi karena berhubungan dengan penjualan suatu produk. Semakin laris produknya, semakin tinggi nilai jualmu di hadapan klien. Ada yang bahkan bisa mencapai Rp 10 juta per bulannya.

3. Penerjemah

Ilustrasi penerjemah (Divergingpath)

Kamu yang mengambil jurusan sastra asing, profesi ini akan membuatmu lebih banyak bergaul dengan orang asing. Kamu bisa menjadi penerjemah untuk orang-orang penting, atau menerjemahkan buku dari bahasa asing ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Untuk gajinya, biasanya dilihat dari pengalamannya. Jika belum memiliki pengalaman, gajinya di kisaran Rp 3 juta hingga Rp 4 juta, sementara jika sudah berpengalaman bisa mendapatan lebih dari Rp 7 juta per bulannya.

4. Penulis skenario

Ilustrasi penulis skenario (Virala)

Kamu yang kuliah jurusan sastra biasanya sudah membaca ratusan buku dan terbiasa memandang karya sastra apapun dengan kritis. Hal ini bisa jadi dasar untuk menyusun cerita sebuah film. Kamu juga bisa tingkatkan mutu dan kualitas film-film Indonesia melalui naskah cerita yang kamu buat. Rata-rata gaji penulis skenario adalah Rp 3 juta per naskah. Jika kamu bisa menyelesaikan 5 naskah per bulan, maka gaji kamu Rp 15 juta per bulan.

5. Content Writer

Ilustrasi content writer (Contentfac)

Berkembangnya media konvensional ke arah kontemporer menumbuhkan perusahaan-perusahaan start-up media baru. Kamu bisa melamar menjadi penulis konten. Cocok buat kamu yang suka bikin-bikin artikel. Mengenai gaji, memang tak sebesar gaji di atas, namun lumayan buat kamu yang kebetulan belum ada kerjaan, dan masih single. Gajinya berada di kasaran Rp 3 juta hingga Rp 5 juta per bulannya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
15
Love
OMG OMG
122
OMG
Yaelah Yaelah
36
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
25
Keren Nih
Ngakak Ngakak
57
Ngakak