Dont be Captious
Melamar Pekerjaan (blog-content.glassdoor.com)

Cara Ampuh untuk Kamu Fresh Graduate Biar Cepat Dapat Kerja

Hai freshgraduater, mungkinkah kamu termasuk lulusan baru yang sedang gamang saat ini? Sulit menemukan pekerjaan yang tepat atau bahkan belum ada perusahaan yang melirik? Tertekan karena angka angkatan kerja semakin meningkat setiap tahunnya? Nggak usah takut, jadiBerita sudah merangkum dari berbagai sumber, cara ampuh untuk fresh graduate biar cepat dapat kerja sehingga nggak ada alasan lagi buat kamu merasa gamang sebagai fresh graduate.

1. PERBAIKI CV KAMU

Perbaiki CV Kamu (squarespace.com)

Sudah pasti, Curriculum Vitae merupakan bocoran informasi mengenai data pribadi kamu dari kamu lahir sampai apa yang sudah kamu lakukan saat ini. Jadi, sebelum kamu bermenung diri menunggu panggilan yang tak kunjung datang. Sebaiknya, kamu mengecek ulang CV yang selama ini kamu gunakan.  Kamu bisa memposisikan diri sebagai HRD atau bagian personalia dari sebuah perusahaan. Cobalah nilai seberapa menarik CV yang kamu buat. Jika kurang menarik, berarti ada hal yang perlu kamu tambahkan dalam CV tersebut. Jangan lupa, masukkan pengalaman kamu sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

2. BERLATIHLAH WAWANCARA

Berlatihlah Wawancara (binakarir.com)

Mungkin, untuk sebagian orang wawancara merupakan hal yang tidak perlu dipusingkan. Akan tetapi, bagi fresh graduate yang baru pertama kali mendapat panggilan kerja, pastinya harap-harap cemas. Sebaiknya, sebelum kamu mengikuti sesi wawancara, kamu harus mengetahui seluk-beluk perusahaan yang kamu lamar. Berlatihlah di depan cermin cara berkenalan dan menyampaikan kelebihan kamu, tonjolkan kelebihan yang tidak orang lain miliki. Karena sesi wawancara merupakan sesi kamu untuk ‘menjual diri’ sehingga perusahan tertarik dan yakin menjadikan kamu bagian dari mereka.

3. MILIKI PENGALAMAN

Miliki Pengalaman (Kumpulan.net)

Tentunya, untuk menempatkan kamu di posisi yang kamu inginkan, perusahaan memerlukan kepercayaan bahwa kamu bisa. Lalu, bagaimana kamu menunjukkan bahwa kamu orang yang tepat untuk posisi tersebut? Dengan pengalaman. Sebagai fresh graduate tidak serta merta membuat kamu ‘sangat awam’. Kamu harus memiliki pengalaman, entah melalui ekstrakulikuler kampus, seminar, pelatihan, bahkan magang sekalipun. Jadi, perbanyak kegiatan positif kamu terkait posisi atau bidang yang kamu minati. Karena semakin banyak kamu memiliki pengalaman semakin kaya CV kamu. Dan tentunya semakin menarik.

4. BUATLAH LIST PERUSAHAAN INCARAN

Pastikan Mimpimu

Seperti saat kamu me-list daftar perguruan tinggi mana yang kamu inginkan. Kamu juga dapat me-list daftar perusahaan mana yang sesuai bidang dan minat kamu. Coba penuhi syarat-syarat yang ditentukan perusahaan tersebut. Lalu, lamarlah secara bertahap dari list yang sangat kamu inginkan.

5. BERSIFATLAH TERBUKA

Bersifatlah Terbuka (papasemar.com)

Sebagai fresh graduate tidak berarti kamu lemah. Kamu merupakan lulusan baru dari sebuah sekolah atau perguruan tinggi yang menandakan bahwa kamu layak. Namun, kamu tidak perlu menyombongkan diri. Bersifatlah terbuka. Karena sebagai lulusan baru kamu lebih memerlukan pengalaman yang menjadi harga mati untuk melamar sebuah posisi di perusahaan. Jadi, daripada kamu menunggu perusahaan besar ternama yang tak kunjung memberi kabar. Cobalah melamar di perusahaan sejenis yang sedang berkembang. Sehingga kesempatan kamu bergabung di perusahaan tersebut lebih besar. Dan kita, nggak pernah tahu, lewat mana Tuhan memberikan rezekinya. So, selamat mencoba, freshgraduater!
(rei)

Apa Komentarmu
Loading...