5 Cara Traveling Murah ala Anak Mahasiswa dengan Budget Minim

Traveling tak hanya menjadi hobi, tapi juga gaya hidup anak muda masa kini. Selain bisa berpetualang ke berbagai tempat untuk mengenal keindahan lokal, keragaman budaya serta kulinernya, traveling juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kamu seperti bisa menghilangkan rasa penat dan stres. Meski banyak diminati, tapi tak semua anak muda bisa melakukan traveling sesesukanya karena masalah budget yang menjadi penghalang utama. Kendala ini sekarang sudah bisa disikapi karena ternyata ada cara-cara traveling murah ala anak mahasiswa yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk dapat mengirit budget liburan. Yuk, langsung lihat cara-caranya!

1. Ikut Road Trip dan Open Trip

Open Trip atau Road Trip (www.bucketlist127.com)

Kamu pernah mendengar road trip dan open trip? Keduanya merupakan cara traveling murah yang banyak dilakukan olah anak muda. Road trip merupakan perjalanan yang dilakukan beberapa orang dengan menggunakan kendaraan pribadi. Orang-orang yang mengikuti road trip ini akan diberi tugas-tugas sendiri seperti bagian menyetir, mengurus konsumsi, dan lain sebagainya. Biaya untuk perjalanan road trip akan dibagi rata sehingga budget traveling jadi lebih murah. Tak jauh berbeda dengan road trip, open trip juga mengusung konsep sharing cost alias membagi rata biaya perjalanan traveling dengan sesama traveler yang akan melakukan perjalanan bersamamu. Biasanya open trip dilakukan sekitar 5-10 orang lebih.

2. Gabung di Komunitas Traveling

Ikut Komunitas Traveling (tripzilla.com)

Selain mengikuti road trip dan open trip, kamu juga bisa bergabung dalam komunitas traveling yang banyak diikuti oleh anak mahasiswa. Komunitas traveling ini terbagi menjadi dua, yakni komunitas lokal seperti Nebengers yang dikhususkan untuk orang Indonesia yang ingin traveling di dalam negeri dan komunitas asing seperti Couchsurfing untuk kamu yang ingin traveling ke luar negeri. Dengan bergabung di komunitas traveling, kamu bisa mengirit budget traveling, terutama biaya penginapan. Jadi, misalkan kamu traveling ke Jepang, anggota couchsurfing dari Jepang akan menyediakan penginapan gratis untukmu berupa homestay di rumah mereka. Begitupula sebaliknya, ketika mereka datang ke Indonesia, kamu juga harus membukakan pintu rumahmu untuk mereka.

3. Cari Tempat Wisata Gratis

Mendatangi Wisata Gratis (@muslim.berhijab)

Mendatangi tempat-tempat wisata kekinian yang jadi hits di sosial media memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi para traveler. Tapi jika kamu ingin mengirit budget traveling, sebaiknya kamu mendatangi tempat-tempat yang belum banyak dijamah wisatawan. Selain kamu bisa menciptakan tren wisata sendiri, wisata-wisata yang terpencil dan tidak diketahui banyak orang biasanya tidak dipungut biaya. Jenis wisata gratis yang bisa kamu datangi seperti pantai, hutan, bukit, tebing, danau, serta wisata-wisata alam lainnya. Tanyakan kepada warga lokal untuk mencaritahu info lokasi wisata tersembunyi di suatu daerah.

4. Naik Kendaraan Umum

Naik Transportasi Umum (www.mangiaviviviaggia.com)

Naik kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan memang sangat praktis dan membuat kamu tak mudah lelah, tapi jika dilihat dari segi budget pasti akan memakan biaya yang cukup lumayan. Lebih baik kamu menggunakan kendaraan umum untuk berpindah dari satu lokasi wisata ke lokasi wisata lainnya. Meski terdengar agak merepotkan, tapi kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda dibanding dengan naik kendaraan pribadi. Apalagi jika dilakukannya bersama dengan teman-teman.

5. Makan Kuliner Kaki Lima

Makan Kuliner Kaki Lima (picmix.it)

Selain transportasi dan penginapan, budget untuk makan juga cukup menguras isi kantong ketika traveling. Bagi anak mahasiswa, mencicip kuliner kaki lima menjadi salah satu solusi yang tepat. Kuliner kaki lima kebanyakan menyajikan menu makanan lokal yang citarasanya masih sangat autentik alias khas daerah tersebut. Selain harganya jauh lebih murah dibanding kamu makan di restoran atau rumah makan. Porsi yang disajikan juga lebih melimpah sehingga bisa mengenyangkan perut tanpa perlu takut kantong kempes. Tapi jangan lupa ya untuk selalu menanyakan harga ketika akan memesan, tak jarang ada pedagang kaki lima yang nakal dengan menaikkan harga makanan sesuka hati.

Sekarang JBers sudah tahu khan bagaimana cara traveling murah meriah ala anak mahasiswa. Semoga cara-cara di atas bisa membuat liburan kamu jadi lebih irit ya! (jow)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...