Dont be Captious
Pensi tanpa proposal (sahabatnesia.com)

Ssst… Ini 5 Cara Alternatif Cari Dana Event yang Tak Perlu Pakai Proposal

Sekolah atau kampusmu sering mengadakan event? Ketika ada event di sekolah atau kampus, kamu pastinya ingin turut serta untuk ikut memeriahkannya dengan bergabung menjadi panitia. Nah, event ini tak akan berjalan tanpa adanya dana. Biasanya pihak sekolah atau kampus akan mengeluarkan sejumlah dana untuk keperluan event tersebut, tapi dana yang diberikan pasti tidak akan bisa untuk menutupi seluruh total biaya yang diperlukan. Untuk dapat melaksanakan event di sekolah atau kampus, biasanya panitia akan mencari sumber dana yang bisa didapat dari sponsor dan donasi. Tapi untuk mendapatkan dana dari kedua sumber tersebut, kamu harus membuat proposal resmi terlebih dahulu yang ditandatangani oleh pihak sekolah atau kampus. Selain dari sponsor dan donasi, ternyata kamu juga bisa loh mencari alternatif dana lain untuk event tanpa memerlukan proposal. Bagaimana caranya? Simak lima cara berikut ini ya JB’ers!

 

1. Bikin Bazar Saat Ada Acara

Mengadakan Bazar Sekolah (classic-sopranos.blogspot.co.id)

Pada hari nasional atau hari besar, biasanya pihak sekolah atau kampus akan menyelenggarakan acara untuk memeriahkan kegiatan tersebut. Contohnya saja pada saat Hari Kemerdekaan 17 Agustus, Hari Guru, Hari Pendidikan, dan lain sebagainya. Cari tahu tepatnya kapan dan berapa lama acara-acara  tersebut digelar dan mintalah izin kepada pihak sekolah atau kampus untuk mengadakan bazar saat acara tersebut sedang berlangsung. Kamu bisa membuat photobooth dengan background kekinian atau menjual perlengkapan untuk 17 Agustus. Dana yang didapat pasti jumlahnya lumayan untuk menambah dana event kamu.

 

2. Menjual Hasil Prakarya

Menjual Hasil Prakarya (majalahouch.com)

Selain menunggu hari nasional, kamu juga bisa memanfaatkan momen besar seperti hari Valentine atau hari wisuda untuk menjual hasil prakarya berupa bunga kertas yang kamu buat bersama dengan teman-teman. Selain bunga, ada cokelat, boneka flanel, gantungan kunci, hingga gambar siluet yang bisa kamu buat sendiri. Hasil prakarya ini tak hanya bisa kamu jual di sekolah atau kampus saja, tapi juga bisa kamu jual di sosial media agar lebih banyak peminatnya. Selain bisa menambah dana untuk event, kamu dan teman-temanmu juga bisa belajar menjadi wirausaha remaja. Siapa tahu nantinya hasil prakarya yang kamu laku dipesan meski dana event sudah terkumpul.

 

3. Membuat Garage Sale

Mengadakan Garage Sale untuk Dana Pensi (squarespace.com)

Tak ingin repot membuat prakarya? Adakan saja garage sale setiap akhir pekan. Kumpulkan pakaian serta barang-barang bekas tapi masih layak untuk digunakan seperti pakaian, aksesoris, sepatu, tas, buku, dan lain sebagainya. Tempat yang digunakan untuk garage sale sebaiknya kamu gilir setiap minggunya agar tidak memberatkanmu serta teman-teman panitia. Jika tak ada garasi, kamu bisa memanfaatkan halaman rumah. Sebelum mengadakan garage sale, sebaiknya beri informasi atau pemberitahuan terlebih dahulu melalui sosial media sebagai bentuk promosi. Kalau bisa, barang-barang bekas yang akan dijual kamu foto terlebih dahulu untuk lebih menarik minat calon pembeli.

 

4. Mengadakan Lomba

Lomba Tari Tradisional di Pensi (polka.id)

Apa saja agenda acara dalam eventmu kali ini? Sudah ada perlombaan apa di dalamnya? Tambahkan tiga hingga lima lomba dalam list acara event, seperti lomba band akustik, lomba tari tradisional, lomba baca puisi, hingga lomba melukis mural. Saat mengadakan lomba pastinya akan ada biaya pendaftaran yang bisa kamu sisihkan sebagian untuk tambahan dana event selain untuk hadiah pemenang. Buat promosi melalui sosial media atau share di group teman-teman yang berbeda sekolah atau kampus denganmu untuk menarik lebih banyak para peserta lomba. Semakin banyak peserta lomba yang ikut, maka eventmu juga akan semakin ramai bukan? Jangan lupa untuk memberikan bingkisan bagi yang sudah berpartisipasi dalam lomba meski mereka tidak menang agar mereka tidak kecewa karena sudah membayar uang pendaftaran. Untuk menghemat budget, kamu bisa membuat bingkisan ini sendiri dari hasil prakarya.

 

5. Ikutan Kompetisi

Mengikuti Kompetisi Gambar (www.karanganyarkab.go.id)

Cara alternatif terakhir adalah dengan mengikuti beragam kompetisi yang diadakan oleh sekolah atau kampus lain. Tak hanya sekolah atau kampus kamu saja khan yang sering mengadakan event. Selain ikut kompetisi antar sekolah atau kampus, kamu juga bisa mengikuti kompetisi yang sering diadakan oleh perusahaan tertentu seperti kompetisi design poster event, kompetisi foto kuliner atau wisata, dan lain sebagainya. Jika tak pede untuk ikut kompetisi sendiri, kamu bisa ajak teman panitia lain untuk bergabung.

Mengumpulkan dana event tidak bisa secara individu karena kamu tergabung dalam kepanitiaan sehingga ketika kamu ingin menjalankan salah satu cara alternatif di atas, jangan lupa untuk mendiskusikan terlebih dahulu dengan teman-teman kepanitiaan yang lain ya JB’ers. Semoga kelima cara alternatif di atas bisa menambah dana event kamu nanti. Selamat mencoba JB’ers!

(rei)

 

Apa Komentarmu
Loading...